Resiko Memiliki Badan Gemuk

  • Whatsapp
Resiko Memiliki Badan Gemuk
Resiko Memiliki Badan Gemuk

 

Bagi anda yang memiliki tubuh gemuk, setidaknya harus waspada karena dapat menimbulkan beberapa penyakit. Jadi, sangat dianjurkan bagi kita untuk menurunkan berat badan secara teratur dengan melakukan olahraga yang rutin dan makan-makanan yang memiliki asupan kesehatan yang baik untuk tubuh. Hindari untuk menggunakan obat-obatan penurun berat badan terlalu sering, karena mengandung efek yang berbahaya untuk tubuh. Berat badan ideal memang sangat diidamkan bagi setiap orang, oleh karena itu penting bagi kita untuk menjaga berat badan dan juga kesehatan.

Read More

Selain resiko penyakit, badan terlalu gemuk juga memiliki resiko bagi kesehatan tubuh kita. Beriku penjelasannya.

 

  1. Resiko Terkena Kanker

Kanker merupakan penyakit yang sangat berbahaya bagi kesehatan tubuh. Dari sebuah riset penelitian mengatakan, orang yang mempunyai badan gemuk memiliki resiko terkena kanker lebih tinggi. Pada pria kegemukan dapat menyebabkan kanker seperti kanker kantung empedu, kanker ginjal, kanker pankreas, kanker tiroid, dll. Sedangkan pada wanita dapat menyebabkan kanker ginjal, kanker kantung empedu, kanker rahim, dll.

 

  1. Gangguan Pada Saat Tidur

Seseorang yang memilki badan gemuk akan sering sekali mengalami gangguan pada saat tidur yang disebut Sleep Anea. Yaitu, kondisi dimana seseorang berhenti bernapas beberapa kali saat tidur dan ini merupakan gangguan yang serius. Karena membuat kadar oksigen dalam tubuh akan turun drastis yang akan menyebabkan terhambatnya suplai oksigen ke jantung dan pembuluh darah serta meningkatkan resiko stroke dan diabetes.

 

  1. Menjadi Tidak Percaya Diri

Orang yang memiliki badan gemuk tidak sedikit menjadi banyak celaan oleh orang di sekitarnya. Karena biasanya berat badan dijadikan penilaian lebih terhadap seseorang. Dampak yang ditimbulkan akibat kegemukan pada seseorang dapat mengakibatkan gangguan psikolog dan sosialnya terganggu. Sehingga kebanyakan orang gemuk kehilangan rasa percaya dirinya dan lebih memilih untuk melangsingkan tubuhnya.

 

  1. Mengalami Gangguan Pada Lutut dan Pinggang

Seseorang yang memiliki berat badan sering sekali merasakan skait di bagian lutut dan pinggang. Selain itu, orang bertubuh gemuk memiliki resiko tinggi terjadinya osteoporosis. Akibat dari badan yang ditopang tulang terlalu berlebihan, sehingga menyulitkan badan untuk bergerak.

 

  1. Mengakibatkan Penyakit Kronis

Seseorang bertubuh gemuk cenderung rentan terhadap berbagai penyakit. Tumpukan lemak pada tubuh orang gemuk dapat menyebabkan penyakit seperti kolesterol tinggi, darah tinggi, penyakit hati, gangguan kandung empedu hingga artritis. Selain itu kinerja hormon insulin didalam tubuh juga akan terpengaruhi sehingga meningkatkan resiko terkena diabetes lebih tinggi dan memicu seragan jantung. Untuk wanita, kegemukan dapat mengakibatkan datang bulan yang tidak teratur dan gangguan organ reproduksi. Banyak yang berpendapat, orang yang memiliki tubuh gemuk resiko hidupnya singkat dibandingkan orang yang bertubuh ideal.

 

Demikian ulasan mengenai kegemukan. Lakukanlah olahraga yang teratur dan makanlah makanan sehat untuk menjaga berat badan anda. Ketahuilah, berat badan yang berlebihan dapat mendatangkan banyak penyakit untuk tubuh anda. Dengan berat badan normal, resiko untuk terkena penyakit akan menjadi menurun dan pola hidup anda menjadi sehat.***(CM-K1/Wina Harini)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *