IBX5A49C9BC313D6 Pizza Andaliman, Italian style Batak Taste - Cerita Medan

Pizza Andaliman, Italian Style Batak Taste

Pizza Andaliman
Pizza Andaliman – Foto : imgrum.net

Bicara soal Pizza, pasti yang ada dipikiran kamu adalah makanan lezat dari luar negeri, mahal, atau Italia sebagai negara asal dari PizzaPizza adalah sebuah roti bundar datar yang diatasnya ditaburi berbagai toping seperti keju, sayur-sayuran, daging, kacang, yang pada umumnya disajikan dengan tambahan saus tomat. Jika kamu berpikir yang kita bahas sekarang adalah Pizza Italia, kamu salah karena yang akan kita bahas saat ini adalah Pizza Andaliman. Pizza ini akan kamu temukan di Cafe yang baru buka tahun lalu dengan nama “Cafe & Resto Boruku Toba Art”.

Cafe & Resto Boruku Toba Art yang berada di Jalan Tarutung, Km 1, Sangkar Ni Huta, Balige, Toba Samosir, Sumatera Utara ini letaknya berada di pinggiran Danau Toba, sehingga pengunjung cafe ini dapat memanjakan mata dengan pemandangan yang sangat bagus. Makanan yang satu ini memang bukan sembarang Pizza. Sebastian Hutabarat selaku pemilik dari kafe ini yang dibantu oleh rekannya Thomas Heinle yang adalah lelaki asal Jerman berhasil memodifikasi makanan asal Italia ini menjadi sangat istimewa.

Jika kita hanya melihat bentuk dari Pizza ini, tidak ada yang aneh sebenarnya. Sama seperti Pizza pada umumnya, bentuknya bulat, ada irisan daging, tomat, jamur, sosis, sayuran di atasnya dan keju yang menjadi topingnya. Selain itu seperti Pizza pada umumnya, Pizza ini juga disajikan dengan tambahan saus tomat atau saus cabai. Tetapi rasa dari Pizza ini memang sangat berbeda dari Pizza yang biasanya, karena makanan ini diolah dengan rempah khas bumbu masak Batak yaitu Andaliman.

Tumbuhan yang termasuk jenis tumbuhan anggota marga Zanthoxylum (suku jeruk-jerukan, Rutaceae) ini sering dijuluki sebagai merica Batak, karena memiliki aroma jeruk yang lembut namun menggigit sehingga menimbulkan sensasi kelu atau mati rasa di lidah meskipun tidak sepedas cabai atau lada. Selain diolah dengan menggunakan Andaliman, PizzaAndaliman ini juga disajikan dengan tambahan tiga macam saus, ada mayones, saus cabai, dan saus andalan cafe ini yakni saus andaliman. Cara pembuatan dari Pizza ini juga tidak jauh berbeda dengan Pizza pada umumnya.

Usaha ini dimulai pada tanggal 13 Januari 2015, pada hari inilah Sebastian dan rekannya Thomas Heinle pertama sekali menjual Pizza Andaliman. Cafe ini bisa ditempuh dengan waktu 30 menit dari Bandara Silangit. Harga yang ditawarkan untuk Pizza Andaliman ini cukup ramah di kantong antara Rp.7.000-Rp.60.000 dengan variasi ukuran dan topping. Selain menyediakan Pizza Andaliman sebagai makanan andalan, Cafe & Resto Boruku Toba Art juga menyediakan hidangan lainnya seperti spaghetti, nanas scrumble, banana ball, dan brownies kukus. Untuk minumannya Cafe ini juga menyediakan wine mangga yang dicampur dengan es krim. Es krim yang digunakan adalah es krim tiga rasa yaitu vanilla, cokelat, dan stroberi.

Bagi anda penikmat kuliner, tidak ada salahnya mencoba kuliner yang satu ini. Jika berkunjung ke daerah Tobasa, jangan pernah melewatkan untuk berkunjung ke Cafe & Resto Boruku Toba Art karena letak dari Cafe ini sangat strategis, tepat di pinggir jalan lintas Tarutung.***(CM-Ist/Katri Hutabarat)

KOMENTAR

BACA JUGA