Pengibaran Bendera : “Saya Ajak Anak Saya Agar Kelak Menjadi Pengibar Bendera”

  • Whatsapp
Pengibaran Bendera di Lapangan Merdeka
Pengibaran Bendera di Lapangan Merdeka

 

Sebagai warga negara Indonesia, menyambut hari kemerdekaan repulik Indonesia sudah semestinya disambut dengan antusiasme yang sangat tinggi. Bendera merah putih dikibarkan di Lapangan Merdeka Medan yang dihadiri oleh aparat negara, pegawai pemerintahan, dan murid sekolah sebagai peserta upacara, Rabu(17/8). Tidak hanya itu, antusiasme hari kemerdekaan nyatanya juga disambut hangat oleh masyarakat setempat. Terbukti, di pagi hari kemerdekaan, lapangan merdeka cukup dipadati oleh orang-orang yang ingin menyaksikan langsung proses pengibaran merah putih. Selain itu, para veteran pejuang pun sengaja dibuatkan tempat khusus demi upacara pengibaran bendera.

Read More

Upacara peringatan Hari Kemerdekaan Indonesia ke -17 dikomando oleh Letnan Kolonel Infantri Didik Efendi dengan jabatan Komandan Batalyon Raider 100/Prajurit Setia. Komandan upacara pengibaran bendera tersebut juga termasuk alumni Akademi Militer pada tahun 1999. Dalam acara upacara kemerdekaan republik terdapat beberapa kelompok utama pasukan pengibar bendera Provinsi Sumatera Utara yaitu Letnan Dua Infantri Irwan Yudha Pratama sebagai komandan pasukan asal satuan batalyon Raider 100/prajurit setia, Gabriel Maruli Siregar sebagai komandan pengibar bendera  yang merupakan asal sekolah SMA Swasta Unggul Dell Balige.

Sementara pembawa Baki yaitu Ririn Fatma Tampubolon Asal Sekolah SMA N 5 Pematang siantar dan Sofia N. Simanjuntak dengan asal sekolah SMA N 2 Balige. Bendera merah putih dikibarkan dengan pengibar bendera Syafri Kesuma Wardhana asal sekolah SMA N 2 Medan, Cristian SIdabutar Asal Sekolah SMA Plus Efarina Simalungun dan juga Norgansya Silalahi dengan Asal Sekolah SMA Methodist Pematang Siantar. Tentu saja ini menjadi kebanggaan generasi muda serta orang tua dengan diberikannya kesempatan dalam pengibaran bendera merah putih pada acara HUT RI ke-71.

Hebatnya lagi, upacara kemerdekaan ini juga di hadiri Gubernur Sumatera Utara Ir. H. Tengku Erry Muhadi, M.Si selaku Inspektur upacara. Saat bendera mulai di naikkan di tiang bendera, tidak hanya peserta upacara melainkan masyarakat yang menonton acara pengibaran bendera juga memberikan penghormatan dengan bendera merah putih. Rasa nasionalis yang tinggi dan rasa haru seketika terbentuk pada prosesi upacara. Tidak hanya orang dewasa, anak-anak pun datang menyaksikan bendera merah putih di kibarkan dengan bangganya.

Setelah bendera merah putih berhasil dikibarkan pada puncak tiang, seluruh peserta menyanyikan lagu Andhika Bayangkari sebagai salah satu rangkai acara upacra. Acara yang dilakukan mulai pukul 10.00 WIB juga di mempertunjukan rempak gendang yang dimainkan oleh gabungan TNI/Polri setelah komandan upacara membubarkan pasukannya. Tidak hanya menaikkan bendera merah putih, sore harinya juga diadakan upacara penurunan bendera pada pukul 17.00 WIB. Sama seperti pagi harinya, upacara penurunan bendera merah putih pun masih dipenuhi oleh masyarakat sekitar.

“Kalau upacara biasa kan sering kita lihat disenin pagi, tapi kalau upacara kemerdekaan cuma setahun sekali dan acaranya pasti nggak biasa. Saya juga sengaja mengajak anak saya supaya menjadikan contoh kepada meraka kalau besar mereka biasa menjadi salah satu yang ikut upacara bendera seperti ini,” harap Yuni, warga Kota Medan yang sengaja datang pagi-pagi ke Lapangan Merdeka Medan bersama kedua anaknya yang masih berumur 10 dan 14 tahun demi menyaksikan langsung upacara pengibaran bendera merah putih.

Dalam memperingati hari kemerdekaan republik ke-71 semua masyarakat tanah air menumpahkan harapan terbesarnya untuk negara. Yang terpenting adalah, rasa nasionalis dan cinta tanah air tidak berhenti satu hari saja tetapi tetap ada selama 364 hari kedepan. Selamat Hari Kemerdekaan Republik Indonesia Ke-71 Negara tercinta. Semoga harapan bangsamu tidak hanya sekedar harapan. Merdeka!***(CM-01/Dela Aria Dahaka)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *