Orong-orong, Jajanan Khas Dari Medan

  • Whatsapp
Orong-orong
Orong-orong

 

Orong-orong merupakan makanan ringan yang berbentuk cemilan, atau bisa dibilang bukan sebagai makanan menu utama. Makanan ringan orong-orong maksudnya, makanan yang bisa dijadikan pengganjal lapar seseorang untuk sementara waktu. Orong-orong merupakan salah satu makanan ringan khas Medan yang dibuat dari campuran udang kecepe, tepung, dan dicampur dengan bahan-bahan lainnya sehingga menjadi gurih dan nikmat untuk dimakan sebagai cemilan ataupun di campur dengan makanan pokok lainnya.

Read More

 

Biasanya orong-orong banyak di campur dengan makanan seperti, sate, bakso, dll. Tapi ada juga sebagian orang yang memakannya begitu saja tanpa dicampur dengan makanan lainnya. Mempunyai kenikmatan sendiri memakannya bagi kalian pecinta cemilan orong-orong ini. Kemasan yang dijual dan disediakan bermacam jenisnya. Kita bisa membeli ukuran kecil, sedang sampai besar sekalipun. Orong-orong juga sekarang bisa kita beli di berbagai toko yang ada di Kota Medan. Atau juga outlet-outlet yang bertuliskan oleh-oleh khas Medan. Atau bagi kamu yang malas keluar rumah, ada beberapa outlet tertentu yang memiliki sistem delivery loh, jadi kita tinggal pesan.

 

Tapi harus berhati-hati dengan makanan cemilan, karena kita tidak diharuskan untuk memakannya setiap hari atau sesering mungkin. Memang benar tidak semua cemilan itu berbahaya, tapi setidaknya ada beberapa cemilan yang mengandung bahaya jika dikonsumsi dalam waktu yang rutin. Orang-orong juga salah satunya. Bagi kamu yang sudah merasa lapar berat, mending langsung cari makanan utama saja, karena cemilan juga terkadang tidak bisa menjamin kamu bisa nahan lapar atau tidak.

 

Mungkin sebagian belum tahu kalau orong-orong merupakan makanan khas Medan. Karena bisa dikatakan hampir disetiap kota ada saja yang menjual cemilan yang satu ini. Orong-orong yang kita tahu hanya memiliki 1 rasa saja, tapi siapa sangka ada juga outlet yang menjual orong-orong dalam rasa pedas, tapi hanya beberapa outlet saja yang bisa kita jumpai. Pembuatannya sama dengan orong-orong biasa, mungkin dikarenakan pedas dan rata-rata sebagian orang suka dengan pedas, orong-orong ini juga lebih cepat lakunya dibandingkan orong-orong yang hanya 1 rasa lain.

 

Buat kamu yang ingin membuat cemilan orong-orong sendiri di rumah juga bisa. Siapa tahu kamu sedang malas untuk pergi, dan pensaran dengan cara pembuatannya. Kamu bisa cek sendiri cara pembuatannya melalui internet. Mungkin buat kita yang baru pertama kali agak susah untuk membuatnya, tapi lama kelamaan bisa terbiasa. Buat kamu-kamu juga yang belum pernah ngerasai atau makan cemilan orong-orong, coba deh dirasai dan dibeli, biasa harga yang dijual juga relative murah tidak terlalu mahal. Tergantung dengan berat ataupun ukuran orong-orong yang kita mau. Biasa kalo ukuran besar harganya bekisar antara Rp. 20.000-an ke atas. Relatif murahkan? Nah, Beri tahu juga ke orang-orang atau teman kamu kalau orong-orong itu merupakan cemilan khas medan yang harus di coba. Agar orang-orang dalam dan luar sana juga tahu. Kalau tidak kita siapa lagi yang menyuarakan makanan khas Medan yang kita punya.***(CM-K1/Wina Harini)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *