Mulailah Berbahagia Dari Diri Sendiri

  • Whatsapp

Bahagia

 

Read More

Memiliki pekerjaan yang bagus dan mapan, adalah impian setiap orang. Tak jarang orang berusaha untuk mewujudkannya, hingga menggunakan seluruh tenaga, pikiran dan kemampuanmu yang dimilikinya. Memiliki waktu yang sibuk membuatmu melupakan prioritas utamamu untuk berbahagia. Coba ingat, seberapa sering kamu memarahi diri sendiri? Memaksakan dirimu melebihi batas kemampuanmu? Berhentilah mulai sekarang. Sebaliknya bersikap lembutlah pada dirimu sendiri dan mulailah membahagiakan dirimu. Membahagiakan diri sendiri bukan berarti berubah menjadi orang yang egois tanpa peduli kebahagiaan orang lain. Namun, kebahagiaan bisa kamu dapatkan dengan melakukan hal-hal sederhana berikut ini.

 

  1. Jadilah Diri Sendiri

Kebahagiaan terbesar adalah menjadi dirimu sendiri yang apa adanya. Berusaha menjadi orang lain adalah kesia-siaan besar. Percaya kamu bisa bahagia dan menjalani hari-harimu dengan senyuman lebih efektif kamu lakukan daripada berusaha untuk menjadi orang lain. Setiap orang memiliki bakat dan kemampuan masing-masing. Temukan bakatmu dan mulailah mengembangkannya. Jangan sia-siakan energimu untuk berusaha menjadi sosok lain yang tidak sesuai dengan kepribadianmu. Sebaliknya, jadikan dirimu menjadi contoh dan panutan bagi orang lain dengan kemampuan yang kamu miliki. Karena itulah kebahagiaanmu yang sebenarnya.

 

  1. Percaya Pada Diri Sendiri dan Dengarkan Kata Hatimu

Mulut bisa berkata bohong, tapi hati tidak. Mulailah berkata jujur dan terbuka pada dirimu sendiri, dan mulailah menciptakan kebahagiaanmu sendiri tanpa bergantung pada orang lain. Meskipun banyak hal yang tidak sesuai dengan yang kamu harapkan, ingatlah kamu berhak untuk bahagia. Ada banyak hal yang bisa kamu lakukan bersama diri sendiri dan kemampuan yang kamu miliki. Hanya kamu perlu memercayainya dan mendengarkan kata hatimu. Biarkan hatimu menuntunmu untuk menuju kebahagiaanmu.

 

  1. Keluar dari Zona Amanmu dan Jangan Ragu Mencoba Hal-Hal Baru

Perasaan bahagia adalah perasaan yang terbentuk dari pikiranmu sendiri. Jika kamu berkata aku akan gagal jika aku melakukan itu, maka kamu telah gagal bahkan sebelum kamu mencobanya. Tetap mempertahankan pemikiran yang demikian tentu akan memberikan dampak buruk bagi dirimu sendiri, bahkan bisa menyebabkan stress. Jadi jika kamu ingin membahagiakan dirimu sendiri, mulailah mengubah pola pikiranmu dan keluar dari posisi teramanmu selama ini. Sebaliknya, lakukan hal-hal baru yang selama ini tidak pernah kamu lakukan. Jangan ragu mencoba, karena kamu tidak akan tahu kemampuanmu jika kamu tidak mau mencobanya. Karena kebahagian itu akan kamu dapatkan seiring usaha yang kamu lakukan untuk menjadi lebih baik.

 

  1. Menerima Ketidaksempurnaanmu dan Tetap Bersyukur

Ucapan terima kasih adalah obat yang paling mujarab untuk memotivasi dirimu. Rasa tidak bahagia sering muncul dari ketidakpuasan atas apa yang sudah kamu miliki. Tak jarang juga kamu menjadikan kesuksesan seseorang menjadi tolak ukur kebahagiaanmu. Selalu mengutuk diri sendiri atas apa yang kamu capai. Terus-menerus menuntut kesempurnaan bisa membuatmu melupakan hal-hal baik yang kamu lalui. Maka dari itu kamu harus belajar menerima hal-hal disekitarmu yang tidak sempurna dan bersyukur atas apa yang kamu miliki saat ini. Agar kamu tumbuh menjadi pribadi yang lebih baik. Perasaan bahagia bisa terbentuk jika kamu sendiri menerima keterbatasanmu dan tetap bersyukur. Karena hidupmu berharga dengan keterbatasan yang kamu miliki itu.

 

  1. Bermimpi Setinggi-Tingginya dan Percaya Semua Akan Berakhir Baik

Bermimpi setinggi-tingginya tidak buruk asalkan kamu mau mewujudkannya. Pergunakan waktumu untuk bermimpi dan mulai mencoba mewujudkannya. Banyak orang memiliki mimpi yang fantastis dan sangat tinggi. Namun, mereka tidak benar-benar meluangkan waktu untuk mencapainya. Sehingga pikiran mereka menjadi terbebani atas mimpi yang tak tercapai. Tentu hal ini akan menghambat kebahagiaan untuk datang menghampiri. Belajar dari kesalahan orang lain, berikan waktu kesempatan untukmu mewujudkan impianmu. Selain itu, pikiranmu harus yakin dan percaya bahwa semua akan berakhir baik. Hilangkan pikiran-pikiran negatif. Sebaliknya, mulai lah berfikir positif dan yakin bahwa semua akan berakhir sesuai dengan apa yang kamu harapkan dan katakan “Jika ini tidak baik berarti ini bukan akhir”.

Kebahagiaan tidak datang tiba-tiba. Sebaliknya, kebahagiaan itu datang tergantung seberapa besar kamu mengusahakannya. Defenisikan kebahagiaanmu dan carilah ia. Teruslah melangkah dan yakinkan dirimu sendiri bahwa kamu siap menghadapi tantangan yang muncul dihadapanmu. Ingat bahwa dirimu berharga dan pantas untuk berbahagia. (CM-Ist/Reka Marsaulina Panggabean)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *