Minimalisir Masalah Ketika Touring Dengan Sepeda Motor

  • Whatsapp
Minimalisir Masalah Ketika Touring
Minimalisir Masalah Ketika Touring

 

Bagi para pecinta sepeda motor, tak lengkap rasanya jika belum melakukan aktifitas touring. Berkendara menuju berbagai tempat sambil menunggangi si kuda besi memang sangat menyenangkan. Sama halnya dengan para pendaki gunung, Rasa bahagia ketika menginjakkan kaki di puncak juga dirasakan para rider saat sampai di lokasi tujuan. Mulai dari tempat wisata, kota demi kota, melintasi provinsi bahkan ada yang sampai menyebrangi pulau tentunya dibantu dengan kapal, sebab sepeda motor tak dirancang untuk melaju diatas permukaan air. Semua itu akan memberikan cerita, pengalaman, dan kepuasan tersendiri apalagi jarak yang ditempuh cukup jauh.

Read More

Namun, touring bukanlah kegiatan yang mudah, selain ketahanan fisik si pengendara kondisi sepeda motor juga perlu diperhatikan. Bisa berjalan saja belum cukup menyatakan jika sepeda motor cukup tahan dibawa ke berbagai tujuan jarak jauh. Hal inilah yang kerap kali dilupakan banyak orang, Tanpa memikirkan kendala yang mungkin saja bisa terjadi di tengah-tengah perjalanan. Maka dari itu jika sebelum melakukan aktifitas touring, perlu ada antisipasi untuk menghadapi hal-hal yang tidak diinginkan. Berikut ini adalah tips untuk kamu sebelum melakukan touring ke luar kota.

 

Perlengkapan Diri

Tak ada pelindung disepeda yang terpasang di sepeda motor untuk melindungi si pengendaranya, tetesan hujan, terik matahari, debu dan semacam akan terkena langsung. Ada baiknya kamu menggunakan setelan yang mampu melindungi diri tapi tetap nyaman digunakan.

Jaket tebal menjadi item yang wajib dipakai untuk melindungi tubuh, pilihlah jaket dengan kualitas bahan yang baik. Sarung tangan juga perlu digunakan, fungsinya adalah mengurangi kemungkinan slip ketika menarik gas maupun saat pengereman. Kemudian sepatu, bagi kamu yang mengendarai motor sport penggunaan jenis sepatu perlu diperhatikan karena sistem perpindahan gigi dan rem juga terdapat di kaki jadi jangan sampai kamu membuat kesalahan disini. Gunakan sepatu dengan bahan yang bagus dan kuat, menggunakan sepatu yang menutupi mata kaki atau boot sangat dianjurkan karena dapat melindungi kaki dari panasnya mesin, dan jangan lupa memakai helm pelindung kepala.

Perlengkapan yang melindungi tubuh kamu tersebut juga bermanfaat meredam benturan jika terjadi hal-hal yang tak diinginkan oleh pengendara manapun, apalagi kalau bukan kecelakaan.

 

Pahami Kondisi Sepeda Motor

Setelah siap secara mental maupun fisik, touring takkan terjadi tanpa sepeda motor yang prima. Artinya, kamu harus melakukan cek ulang terhadap kendaraan tersebut untuk mengetahui apakah sanggup untuk di kendarai dengan jarak tempuh yang cukup jauh atau tidak. Pastikan kelengkapannya dan periksa kualitas oli, pengapian, rem, lampu serta ban.

Melaju cepat di atas aspal tentunya membutuhkan ban dengan kualitas terbaik, apalagi jalur yang akan kamu lewati terdapat banyak tikungan tajamnya, selain itu juga melindungi slip ketika jalan tersebut licin bisa karena pasir ataupun basah. Rem pun demikian, jangan sampai tak bekerja karena dampaknya akan sangat fatal.

Oli dan pengapian perlu diperhatikan pula, jika kamu tak begitu mengerti soal ini maka cobalah datang ke bengkel untuk memastikan kondisi mesin sepeda motor kamu dalam kedaan yang prima. Sehingga tak perlu khawatir adanya kerusakan agar perjalananmu tak terhambat.

Dalam berkendara kamu juga membutuhkan lampu kendaraanmu dapat menyala dengan normal, selain menerangi perjalanan dimalam hari, lampu juga memberikan tanda ketika kamu sedangan mengerem ataupun akan berbelok kepada pengguna jalan lain.

 

Selalu Berkendara dengan Aman

Jika semua itu sudah kamu lakukan, hal terpenting berikutnya adalah sikap dalam berkendara. Selalu utamakan keselamatan dan kenyamanan berkendara baik kepada diri sendiri maupun  orang lain. Ketahui dan patuhi setiap rambu-rambu dan aturan berlalu lintas termasuk ketentuan berapa kecepatan melaju yang diperbolehkan. Ingat, aturan dibuat semata-mata demi keamanan dan kenyamanan, tertiblahlah saat berkendara.***(CM-03/Rio Khairuman)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *