Menjadi Mahasiswa Mandiri di Perantauan

  • Whatsapp

 

Mahasiswa
Mahasiswa

 

Read More

Menjadi seorang mahasiswa tak harus melulu berurusan dan kampus dan lingkungannya. Dalam artian bahwa kamu tak hanya harus memikirkan dunia akademis saja tetapi juga bagaimana caranya bertahan hidup melalui skill yang dimiliki dalam diri masing-masing, terutama bagi para mahasiswa yang merupakan mahasiswa perantau dan menjadi anak kos di kota orang. Berbicara tentang bertahan hidup berarti membahas pula tentang keinginan, kemauan dan kemampuan. Tetapi dari segala macam usaha yang dilakukan untuk bertahan hidup, bisnis selalu menjadi solusi yang terbaik, karenanya skill berdagang dan me-lobi sangat diperlukan dalam hal ini, meskipun banyak pekerjaan lainnya yang bisa kamu lakukan. Nah, kali ini terdapat beberapa referensi mengenai bisnis apa yang bisa kamu lakukan selagi menjadi seorang mahasiswa yang memiliki waktu flexible dengan modal yang terjangkau. Berikut uraiannya:

 

  1. Jual Pulsa

Bisnis ini memang sudah terbilang mainstream di kalangan mahasiswa, juga sangat mudah meskipun hanya mendapatkan untung yang sangat kecil. Menariknya, bisnis ini tidak memerlukan banyak waktu karena terbilang mudah yaitu hanya bermodalkan sebuah handphone saja dengan saldo dengan kisaran 50-100 ribu bahkan kamu sudah bisa menjalankannya. Bagi kamu yang menjual pulsa, tanpa dipromosikan teman-temanmu pasti akan dengan cepat mengetahuinya karena setiap mahasiswa akan membutuhkan puluhan ribu pulsa dalam setiap bulannya, tetapi kamu juga bisa mempromosikannya lagi agar jaringan dan pelangganmu menjadi lebih luas yaiti dengan memberitahunya dari teman ke teman atau melakukan promosi melalui sosial media. Namun, untuk menjalankan usaha ini kamu harus memiliki sikap yang tegas agar tidak menjadi korban hutang teman-temanmu, bisa jadi kamu yang rugi jika kamu segan untuk menagihnya.

 

  1. Menjadi Driver Go-Jek

Posisi ini sangat tepat untuk kamu mahasiswa yang memiliki kendaraan layak pakai. Menjadi Go-Jek online bisa menjadi alternatif untuk menghasilkan uang karena banyak sekali orang yang membutuhkan tumpangan. Dalam hal ini kamu harus lihat menggunakan smartphone agar bisa dengan mudah mendapatkan pelanggan, kalau kamu rajin pasti jutaan rupiah bisa kamu kantongin setiap bulannya. Tetapi jangan sampai menggangu waktu kuliahmu ya karena pekerjaan ini cukup memakan waktu, pandai-pandailah menyesuaikannya dengan waktu kuliah.

 

  1. Online Shop

Nah, cara ini cukup banyak dilakukan oleh para mahasiswa. Kamu bisa menjual berbagai macam hal, mulai dari baju, rok, celana, hijab, tas, charger, bunga dan banyak lagi lainnya. Waktunya cukup fleksibel karena kamu hanya memasarkannya secara online tanpa harus membuka toko. Yang penting rajin-rajin lah menggunakan sosial media dan kreatif dalam memasarkan produk sehingga dengan hanya melihat fotomu maka orang-orang akan tertarik untuk melakukan order.

 

  1. Guru Privat

Jika masa sekolahmu dulu kamu habiskan untuk belajar, tentu kamu akan dengan mudah memahami pelajarannya. Mata pelajaran apa yang paling kamu kuasai, maka itulah jasa yang kamu tawarkan. Menjadi seorang guru privat sebenarnya sangat mudah asal kamu memahami apa yang harus kamu ajarkan, yang penting kamu memiliki keinginan yang kuat. Ada beberapa hal yang perlu kamu siapkan dalam hal ini yaitu materi, transportasi dan kecakapan dalam menjelaskan pelajaran dengan baik sehingga bisa membuat murid privatmu betah dan suka berlama-lama belajar dneganmu karena semakin lama kamu dimintai jasa menjadi guru private maka semakin banyak pula rupiah yang akan kamu dapatkan, lumayan kan untuk menambah uang jajan.

Nah, konkawan Cerita Medan lebih suka dengan pekerjaan yang mana? Di antara empat pekerjaan tersebut pasti ada yang cocok buat kamu. Ayo jangan mahasiswa yang mandiri sehingga tak perlu merepotkan orang tua secara terus menerus lagi.***(CM-02/Zakiyah Rizki Sihombing)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *