Menjadi Citizen Journalism dengan Media Twitter

  • Whatsapp
Media Sosial
Media Sosial

 

Setiap orang bisa menjadi jurnalis untuk mengabarkan peristiwa yang dihadapinya, hal itu disebut dengan citizen journalism atau jurnalisme warga. Terkadang kita memang akan dihadapkan dengan peristiwa-peristiwa tertentu, dimana saat itu tidak ada satu pun wartawan karenanya kita lah yang harus bertindak untuk mengabarkannya. Menyebarluaskan informasi tersebut dapat dilakukan dengan berbagai hal, bisa melalui kontak nomor telepon atau bahkan dengan media sosial. Penggunaan media sosial dalam hal ini yang paling mudah adalah Twitter. Kenapa harus twitter? Yuk simak mengapa Twitter bisa menjadi media citizen journalism yang tepat untuk kamu gunakan.

Read More

  1. Kepemilikan secara personal

Twitter yang harus kamu gunakan sebaiknya adalah milik pribadi bukan milik perusahaan maupun komunitas tertentu agar kamu bisa dengan bebas membuat profil di beranda. Jika profil tersebut bagus maka kemungkinan besar akan banyak followersmu dan hal itu tentunya bisa mendukung aktivitas citizen journalism yang ingin kamu lakukan nanti.

  1. Kecepatan

Twitter memiliki tingkat kecepatan yang tinggi dengan media sosial lainnya sehingga dapat membantu followersmu untuk mendapatkan informasi secara cepat pula dan menjadi breaking news.

  1. Efisien

Twitter hanya memiliki 140 karakter, hal tersebut menuntut kamu untuk memposting informasi dengan cara yang ringkas dan jelas sehingga dapat bernilai efesien dan tidak bertele-tele. Karenanya jika kamu mempunyai followers yang cepat tanggap maka ia akan memberikan efek positif bagi postinganmu dengan cara me-retweet dan lainnya.

  1. Sederhana

Kebanyakan citizen journalism tidak mengetahui bahwa twitter merupakan aplikasi yang sangat sederhana dalam penggunannya, karena itu untuk menjadi citizen journalism kamu ahrus tahu bagaimana cara menggunakannya dengan se-simple mungkin.

  1. Mudah diakses

Twitter tidak hanya bisa dibuka di komputer tetapi juga di ponsel, hal itu memudahkan kamu pengguna Twitter untuk bisa memposting segala informasinya dengan cepat meski sedang tidak ada komputer. Jika terdapat informasi yang sangat penting dan harus segera diposting maka kamu bisa melakukannya dengan segera.

  1. Banyak dikunjungi

Sebenarnya Twitter memang sudah tidak se-popular media sosial lainnya seperti Instagram dan Path. Tetapi nyatanya masih banyak yang belum bisa move on dengan Twitter, buktinya saja Twitter bisa menarik lebih dari 1,2 juta pengguna aktif dalam setiap bulannya, dan pengguna tersebut merupakan pengguna tingkat addict (pecandu) yang dalam sehari bisa mengakses Twitter berkali-kali.

  1. Berjejaring sesuai profesi

Kamu yang berprofesi sebagai citizen journalism, akan dengan mudah bisa mendapatkan orang-orang yang akan tertarik dengan postinganmu. Kamu bisa mengikuti situs-situs berita online maupun orang-orang yang tertarik dengan isu-isu kejadian. Kesaamaan akan kesukaan tentu akan bisa sangat mudah kamu temukan di Twitter sehingga dapat membentuk semacam jaringan di dunia maya.

  1. Fungsi kontrol secara mandiri

Kontrol pada Twitter tergantung pada si pemakain Twitter itu sendiri, sehingga bila ingin menghapus postingan maka akan sangat mudah dilakukan. Begitupun jika kamu ingin menghapus followers yang tidak kamu sukai ataupun yang tidak memberikan efek apa-apa terhadap postinganmu.

  1. Aplikasi yang asyik

Semakin hari aplikasi Twitter semakin menarik, sayangnya banyak penggunanya yang berpindah haluan. Namun, bagi kamu yang masih menggunakan Twitter sebagai media citizen journalism sepertinya kamu harus tahu bahwa Twitter bisa mengetahui lokasi geografis penggunanya seperti TwitterLocal, juga terdapat aplikasi untuk mengupdate status maupun berita seperti TweetDeck dan lainnya.

  1. Gratis

Selain mudah digunakan, Twitter juga disediakan dengan gratis sehingga kamu bisa memakainya dengan bebas. Sudah siapkah kamu menjadi seorang citizen journalism? Yuk gunakan Twitter sebagai media penyebar informasi yang lebih mudah. ***(CM-02/Zakiyah Rizki Sihombing)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *