Mengobati Depresi dengan Meditasi

  • Whatsapp
Meditasi
Meditasi

 

Terlalu banyak pekerjaan dan terlalu banyak beban pikiran dapat membuat orang merasa depresi atau tertekan. Ada banyak cara untuk menghilangkan rasa depresi salah satunya dengan meditasi. Kedengarannya memang sedikit konyol karena sebagian orang  mengira kalau meditasi hanya dapat dilakukan oleh orang tertentu dengan waktu luang yang banyak. Meditasi adalah latihan memfokuskan pikiran untuk membantu pelakunya memiliki kesadaran penuh dan merasa tenang. Biasanya meditasi dilakukan dengan cara duduk dengan tenang serta mengatur pernafasan. Terbukti tidak sedikit orang yang sadar dengan manfaat  kesehatan setelah rutin melakukan kegiatan ini.

Read More

Dengan melakukan meditasi, jantung dibuat untuk menstabilkan detak jantung sehingga membuat detak jantung menjadi stabil dan juga menjadi turun teratur. Ketika seseorang sedang melakukan meditasi, otak menjadi rileks karena otak berpindah dari gelombang alfa yang berguna untuk mengistirahatkan otak menuju gelombang teta. Selain itu, meditasi juga berguna untuk mengatur aliran serta tekanan darah menjadi normal. Beberapa orang percaya, bahwa meditasi juga mampu menghilangkan emosi negative dan menggantik menjadi positive seperti membuat orang merasa bahagia. Meditasi juga melatih perhatian, ingatan dan juga kesadaran.

Tidak hanya depresi, meditasi juga sering dilakukan oleh orang-orang yang kecanduan obat-obatan dan minuman keras, emosional, melatih focus, serta mengurangi tekanan darah yang tinggi. Hal ini dilakukan karena meditasi salah satu cara untuk menyeimbangkan kejiwaan dan mengurasi emosional dalam tubuh.

Didalam meditasi sendiri pun memiliki beberapa jenis seperti yoga, meditasi transedental, Thai Chi, dan Qi Gong. Sementara teknik dan cara pengerjaannya pun berbeda. Meditasi memiliki 2 teknik yang dapat dilakukan seperti Meditasi Konsentrasi dan Meditasi Kesadaran. Meditasi Konsetrasi berfocus pada suara, bayangan, tarikan nafas atau kata-kata yang diucapkan atau dinyanyikan. Sedangkan Meditasi Kesadaran adalah meditasi dengan tujuan agar pelaku meditasi sadar akan perasasaan pikiran suara, atau bayangan yang melintas pada pikiran.

Sebenarnya meditasi dapat dilakukan dimana saja dan kapan saja terutama ketika sedang bekerja. Dengan cara duduk dikursi dengan postur tubuh tegak dan punggung lurus serta tidak menyandar pada kursi. Setelah itu tungkai kakai direnggangkan dan telapak kedua kaki menapak bumi. Lalu, lutut kaki kanan dan kiri dilemaskan dan membentuk sudut 90 derajat jika dilihat dari samping. Letakkan kedua telapak tangan pada paha kanan dan kiri. Tarik nafas secara perlahan dan mulailah memikirkan segala hal yang positif. Lakukan 1 sampai 8 kali tarikan nafas secara teratur. Lebih baik jika dilakukan dengan menutup kedua mata dan mulai merasakan tarikan nafas dengan perlahan.

Ternyata meditasi juga mampu mengobati beberapa macam penyakit seperti diabetes, fibromyalgia, asma, kanker, jantung, gangguan tidur dan juga arthritis rematik. Untuk meditai bagi pemula, ada beberapa cara yang dapat dilakukan hanya dengan 10 menit dan dapat di prakterkkan. Ikuti caranya :

  1. Tarik nafas perlahan dengan berulang kali
  2. Focuskan perhatian dan perasaan pada tarikan nafas
  3. Sadari apa yang dirasakan di bagian tubuh saat menrik nafas
  4. Kombinasikan pikiran dengan menyebutkan kata seperti doa dan ucapan syukur
  5. Iringi dengan musik tenang

Jika sudah merasa baik setelah melakukan meditasi, pastikan diri terhindar dari pikiran negative dan melakukan meditasi secara berulang dan juga rutin misalnya seminggu tiga kali atau bahkan seminggu sekali. Ada banyak cara untuk membuat diri menjadi lebih tenang yang terpenting adalah bagaimana kita mampu mengontrol diri kita dengan situasi sekitar baik negative ataupun positif.***(CM-01/Dela Aria Dahaka)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *