Mengantuk Saat Bekerja? Ini Solusinya

  • Whatsapp
Mengantuk Saat Bekerja
Mengantuk Saat Bekerja

 

Setiap orang pasti pernah mengalami kelelahan pada tubuh akibat terlalu banyak pekerjaan. Biasanya kelelahan mengakibatkan rasa kantuk pada tubuh. Rasa kantuk adalah sebuah penyakit yang menular. Sebagian orang pasti pernah denger statment itu bahkan pernag mengalaminya secara langsung. Hal tersebut tidak sepenuhnya merupakan pernyataan yang salah dan juga tidak sepenuhnya benar. Mengantuk itu bukanlah suatu penyakit, melainkan respon tubuh karena penurunan oksigen di otak. Dan mengantuk disebut menular karena kalau temen kita ngantuk, pasti bawaannya kita juga akan ikut ngantuk. Rasa kantuk yang menular sebenarnya bukan sepenuhnya menular tetapi hal tersebut merupakan salah satu respon tubuh.

Read More

Melakukan pekerjaan sangat membutuhkan konsentrasi yang seimbang terlebih lagi utnuk belajar, bekerja. Lebih berbahaya lagi jika tidak mampu mengontrol rasa kantuk saat berkendara tentu saja hal tersebut akan menimbulkan kecelakaan bagi sang pengendara dan sangat membahayakan bagi banyak orang. Sebelum kita tahu bagaimana cara mengatasi ngantuk, nggak ada salahnya kalau kita juga mencari tahu hal – hal apa saja yang dapat menyebabkan kantuk ini. Berikut adalah beberapa hal yang dapat menyebabkan kantuk:

Kurang olahraga

Olahraga yang cukup akan membuat badan menjadi segar dan juga membuat peredaran darah menjadi lancar. Tubuh yang lemas, tidak berenergi bisa juga disebabkan karena kurangnya olahraga, namun melakukan olahraga terlalu berat pun juga akan menjadikan tubuh kelelahan yang akan memicu rasa kantuk yang belebihan.

 

Makan berlebihan

Terlalu banyak asupan karbohidrat juga bisa menyebabkan kantuk, setiap kali sobat makan kekenyangan sudah dipastikan sobat akan merasa ngantuk. Ini sering terjadi dengan siapapun jika terlalu banyak makan apalagi makan makanan yang mengandung karbohidrat yang cukup tinggi.

 

Konsentrasi dan Kegiatan yang Monoton

Berkonsentrasi dan juga melakukan kegiatan yang monoton akan membuat otak merasa jenuh, sealin itu konsentrasi yang berlebih jjuga bisa membuat kadar oksigen dalam darah ikut turun. Rasa bosan juga membuat tubuh menjadi ngantuk apalagi melakukan kegiatan dengan monoton.

 

Anemia

Penyakit yang satu ini juga dapat mempengaruhi rasa ngantuk. anemia merupakan suatu penyakit dimana zat besi kurang dari normal sehingga oksigen yang diankut oleh sel darah merah tidak cukup untuk menyuplai otak, hal ini juga bisa memicu timbulnya rasa ngantuk.

Untuk mengatasi rasa ngantuk memang harus melakukan istirahat yang cukup dan menjaga pola makan yang seimbang. Sehingga tubuh mampu berkonsentrasi lebih dengan aktivitas disekitarnya serta memberikan respon yang spontan atas akibat buruk yang akan menimpah dirinya. Khususnya pengendara ada baiknya untuk melakukan istirahat yang cukup sebelum berpergian apalagi berpergian dengan jarak yang jauh.

Khususnys untuk pekerja, memanfaatkan waktu senggang untuk beristirahat serta mengatur waktu istirahat dan juga waktu bekerja. Apabila waktu berantakan tentu akan mengganggu aktifitas pekerjaan yang berlangsung dan kehilangan konsentrasi. Meminum suplemen atau vitamin nyatanya juga mampu mengurangi rasa kantuk saat bekerja. Tidak hanya itu, olahraga ringan pun juga mampu mengurangi rasa kantuk saat berkerja, untuk itu ada baiknya memanfaatkan akhir pekan untuk sekedar melakukan olahraga ringan.

Yang lebih simplenya lagi, cara mengurangi rasa kantuk saat bekerja dengan cara mengajak ngobrol rekan sekantor. Apabila obrolan terasa hangat juga akan membuat rasa kantuk hilang. Ataupun berjalan sekeliling kantor juga mampu menghilangkan rasa kantuk dengan sangat cepat.***(CM-01/Dela Aria Dahaka)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *