Mencari Ide Cerita dengan 3 Cara

  • Whatsapp

 

Menulis
Menulis

 

Read More

Menjadi seorang penulis memang bukanlah hal yang mudah, apalagi jika tidak dilakukan dengan  sepenuh hati. Beragam hambatan pasti akan ditemui, mulai dari konsep tulisan, genre yang ingin dituangkan, pembuka, penutup hingga ide cerita yang menarik. Bahkan penulis yang sudah menghasikan banyak karya saja sering sekali merasa kekurangan ide cerita saat ingin menulis. Ada seorang penulis yang menemukan ide dahulu baru menulis, namun ada pula yang menulis dahulu baru menemukan ide. Sebenarnya banyak kondisi yang membuat kamu akhirnya akan menulis baik itu mencari ide dahulu atau menulis dahulu, karena ide bisa datang kapan dan dimana saja.

Nah, karena itu ketika kamu sudah memahami bahwa segalanya bisa dijadikan ide cerita di dalam sebuah tulisan maka sudah layak lah kamu mulai lebih kritis dalam menghadapi suatu keadaan dan kondisi yang ada di sekitarmu. Untuk memaksimalkan pencarian ide cerita yuk cari ide dan inspirasi menulis dari berbagai hal seperti berikut:

  1. Pengalaman pribadi

Se-tidak menarik apa pun hidupmu pasti ada beberapa hal menarik yang bisa kamu jadikan sumber ide sebuah tulisan. Baik itu kisah sedih, amarah, rindu, bahagia bahkan kisah klasik sekalipun. Karena se-keren apapun kisahnya kalau tidak mampu menuliskannya maka akan sama saja. Jadi, pengalaman mu bisa kamu sulap menjadi sbeuah tulisan yang keren asal kamu mampu merangkainya menjadi lebih baik.

Ide cerita yang berasal dari pengalaman pribadinya biasanya akan gampang dituliskan bahkan akan sangat lancar karena kamu sendiri sudah sangat memahaminya dengan baik. Kamu tidak perlu menceritakannya secara detail karena kamu bisa menarik hal-hal pentingnya saja tanpa harus menuliskan sesuatu yang tidak pantas untuk dituliskan, bahkan kamu juga bisa membuat ending yang sedikit berbeda untuk membuat suatu akhir cerita menjadi lebih baik karena penulis boleh menuliskan apa saja yang ia inginkan.

 

  1. Pengalaman orang lain

Nah, ide cerita yang memakai ide orang lain berbanding terbalik dengan menuliskan pengalaman pribadi. Tetapi percaya lah hal ini juga bisa dengan mudah kamu lakukan, misalnya ketika teman-temanmu curhat, kamu bisa menjadikan kisahnya sebagai ide cerita tanpa harus menuliskan hal-hal yang tidak perlu dan juga meminta izin terlebih dahulu oleh temanmu. Bahkan pengalaman beberapa orang bisa kamu gabungkan menjadi satu kesatuan ide cerita yang menarik.

 

  1. Kejadian sehari-hari

Kalau kamu adalah orang yang peka maka kamu akan sangat mudah untuk menganalisis suatu kasus yang kemudian bisa kamu jadikan sebuah ide cerita. Di lingkunganmu sebenarnya banyak sekali kejadian yang bisa kamu jadikan ide tergantung bagaimana kamu mengemasnya menjadi lebih baik.

 

  1. Mimpi

Percaya atau tidak bahwa mimpi bisa menjadi ide cerita paling baik untuk mempublikasikan sebuah tulisan meskipun kebanyakan orang bilang mimpi adalah bunga tidur. Yang perlu kamu lakukan adalah menangkap sebuah mimpi dan menuangkannya dalam sebuah tulisan sebelumnya mimpi itu terlupakan olehmu dan hilang seketika. Bahkan seorang penulis novel superlaris yaitu Twilight mendapatkan ide menulisnya dari sembuah mimpi yang kemudian diolahnya menjadi sebuah novel yang cukup laris, karena itu lah kamu dilarang untuk melupakan mimpi-mimpimu.

Ketiga hal tersebut mungkin bisa menjadi referensi bagi konkawan Cerita Medan yang ingin mencari ide cerita ketika hendak menjadi seorang penulis. Oleh karenanya manfaatkan segala keadaan dan kondisi dan langsung tuliskan ketika kamu mendapatkannya sebelum lupa. Yuk menulis. ***(CM-02/Zakiyah Rizki Sihombing)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *