Manfaat Menjadi Penari Tradisional

  • Whatsapp
Tari Tradisional
Tari Tradisional

 

Penari bukan profesi yang tabu lagi dikalangan para seniman Indonesia. Bisa dibayangkan berapa banyak penari-penari yang ada di Indonesia. Khususnya di Medan, para penari tari tradisional juga banyak kita jumpai ketika mengisi acara-acara tertentu. Banyak komentar positif maupun negatif yang didapat sebagai penari. Sebagian orang beranggapan jika penari itu berbau seksi, dll. Tapi banyak yang tidak mengetahui bahwa seorang penari juga mempunyai etika dan attitude yang harus dilaksanakan dan dipatuhi. Setiap orang pasti memeliki pendapat sendiri mengenai penari, begitu juga seorang penari mempunyai anggapan tersendiri untuk profesinya.

Read More

Menjadi seorang penari bukan hal yang mudah seperti dugaan masyarakat umumnya. Banyak proses-proses yang harus kita lewati sebelum menjadi seorang penari. Terkadang orang terlalu sepele dan sebelah mata melihat kehadiran penari, bagi mereka penari hanya kerjaan biasa dan gampangan saja, tidak ada yang dapat dibanggakan, tidak ada yang bisa dihasilkan. Wajarlah orang-orang menilai seperti itu, karena mereka tidak pernah merasakan sebagai seorang penari. Tapi yang harus kita ketahui, menjadi seorang penari adalah suatu kebanggan tersendiri buat kita. Setidaknya seorang penari khususnya penari tradisional sangat dihargai oleh para masyarakat yang mengerti akan seni.

Perwujudan dan pengeksploran seni yang kita sampaikan melalui tari tradisional membuat Negara-negara lain mengetahui akan budaya Indonesia. Banyak sekali tarian yang ada di Indonesia. Seperti, tari jawa, batak, bali, dairi, karo, padang, nias, ambon, dll. Berbagai macam budaya yang ada di Indonesia di satukan melalui seni tari. Tentu hal ini menjadi kebanggaan tersendiri buat seorang penari.
Tidak mudah untuk melakukan suatu gerakan dalam tarian tradisional. Setidaknya kita harus memiliki basic tari dahulu. Basic inilah yang nantinya akan dikembangkan ke dalam proses-proses yang bisa membawa kita mempelajari tekhnik menari dengan baik dan benar. Butuh waktu untuk menuju keberhasilan, dan butuh waktu juga untuk menjadi seorang penari yang profesional. Cantik saja tidak menjamin seorang penari itu bisa bagus gerakannya, tapi tekhnik dan penghapalan cepat menjadi nilai bagi kalian yang ingin menjadi seorang penari hebat. Ragam dan jenis gerakan yang ada pada tari tradisional membuat seseorang akan menjadi berkembang dan terus belajar untuk mencapai hasil yang maksimal.

Kebanggan menjadi seorang penari itu suatu anugerah yang luar biasa. Karena tidak semua orang bisa menjadi penari. Tidak semua orang bisa merasakan kecintaan dan hobi yang tidak mengenal pamrih ini. Melalui tari, kita mengekspresikan kecintaan kita terhadap budaya-budaya di Indonesia. Melalui seni tari kita sampaikan kepada Negara dunia lainnya, kalau kita memiliki berbagai macam tarian dari sabang smapai marauke.

Melalui sebuah tarian, kita bisa mengenal apa artinya semangat, kerja keras, proses hidup, pertemanan, kekeluargaan, dan kebahagiaan. Menari bukan hanya melenggang dengan gerakan 1×8 atau hanya memakai baju tari saja, tetapi menari itu merupakan rasa dan penjiwaan. Jadi bagi yang sudha menjadi penari seharusnya kita bangga mempunyai anugerah yang luar biasa ini. Jangan pernah malu kepada orang-orang yang menggangap penari itu kampungan atau lainnya. Tapi banggalah karena tidak semua orang bisa menjadi penari dan tidak semua orang di anugerahi bakat yang tidak hanya membuat bangga diri kita sendiri melainkan Negara juga bangga dengan anugerah ini.***(CM-K1/Wina Harini)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *