Manfaat Berorganisasi Saat Kuliah

  • Whatsapp

Organisasi

Organisasi

Read More

 

Menjadi mahasiswa tak harus begitu-begitu saja, pada dasarnya tugas  utama kita adalah belajar, belajar dan terus belajar. Tetapi apakah menjadi mahasiswa harus disibukkan dengan dunia belajar semata? Sepertinya tidak, karena di samping kesibukan tersebut sebaiknya seorang mahasiswa haruslah turut berorganisasi. Mungkin sebagian orang akan bertanya-tanya apa sih pentingnya berorganisasi, dan apa pengaruhnya? Ya, orang yang aktif bergabung di dunia organisasi akan mendapatkan nilaI lebih karena bukan hanya mengejar nilai akademis saja tetapi juga nilai non akademis. Tahukah kamu bahwa dengan berorganisasi maka soft skill-mu akan terasah, apalagi kamu memang tergabung di dalam organisasi-organisasi khusus sesuai dengan hobi dan bakat yang kamu miliki.

Jika ada yang berpendapat bahwa kamu kuliah untuk mengejar ilmu sehingga kemudian bisa diterima di perusahaan yang kamu inginkan, maka itu benar. Namun, kamu juga harus tahu bahwa dalam memasuki dunia kerja bukan hanya nilai akademismu saja yang dilihat tetapi juga soft skill yang kamu miliki. Dengan turut aktif berorganisasi maka kamu akan mendapatkan banyak sekali pelajaran yang berharga yang kemudian dapat diaplikasikan di dunia kerja. Seperti halnya organisasi akan membiasakan kamu bekerja dalam tim, belajar jiwa kepemimpinan, memperluas wawasan dalam berpikir, manajemen waktu, bersosialisasi dan banyak lagi lainnya.

Kenyataannya, memang terkadang sulit bagi seseorang yang tidak ahli membagi waktu antara kuliah dan organisasi. Dari sinilah, kedisiplinan seseorang dimulai, bagaimana caranya membagi waktunya, melihat kepentingan sebuah aktivitas, dan melatih diri mengatur waktunya sendiri. Intinya pandai-pandailah membagi waktu dan pandai melihat prioritas yang harus dikerjakan.

Sebelum memutuskan untuk terjun ke dunia organisasi kita harus paham dulu, sebenarnya apa yang kita dapatkan kelak. Bagaimana pengaruhnya terhadap kegiatan penting lainnya. Organisasi yang dimaksudkan bukanlah organisasi yang sekedar popularitas apalagi formalitas. Tetapi organisasi yang benar-benar mampu melatih kemampuan serta kepribadian kita menjadi lebih baik sehingga banyak yang melirik. Banyak orang meyakini selain untuk mengajarkan kita bekerja dalam tim ternyata dapat memperluas relasi. Sebab di dalam berorganisasi kita akan menemukan orang-orang dari berbagai penjuru, bukan tidak mungkin kita akan mendapat link info penting dan pekerjaan dari mereka, kan? Membangun relasi dari organisasi diperlukan sejak dini, hal ini cukup membantu dalam hal apapun. Tidak percaya? Sepertinya kamu harus mencoba.

“Kalau aku sih pandai-pandai menyelaraskan waktu kuliah sama organisasi aja, jadi bisa kebagi waktunya. Manfaatnya aku bisa nambah wawasan, nambah teman dan nambah pengalaman juga. Selain itu apa yang aku pelajari di kuliah bisa aku aplikasikan juga di organisasi,” ungkap Dewi Ramayani, salah satu mahasiswi Kedokteran Universitas Islam Sumatera Utara di Medan.

Tidak heran. Mahasiswa yang berprestasi adalah mahasiswa yang berorganisasi. Mahasiswa yang berorganisasi sudah pasti adalah mahasiswa yang berprestasi. Persaingan dunia yang kian ketat membuat kita harus kuat. Bukan hanya duduk, diam tapi harus berbuat.

“Kuliah kan nggak seharian, jadi setelah kuliah aku bisa aktif di organisasi, yang penting pandai prioritaskannya aja. Kalau manfaat sih di organisasi aku jadi bisa mengaplikasikan teori yang aku pelajari di kampus dan aku juga jadi punya banyak teman dari fakultas lain,” ungkap Irwan Soleh Siregar, salah satu mahasiswa Universitas Sumatera Utara di Medan.

Nah, konkawan yang di Medan biasanya mengikuti organisasi apa saja, yuk beroganisasi untuk jadi yang berprestasi.***(CM-02/Zakiyah Rizki Sihombing)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *