Manfaat Air Hujan Bagi Kehidupan Manusia

  • Whatsapp

 

Manfaat Hujan Bagi Kehidupan
Manfaat Hujan Bagi Kehidupan

 

Read More

Tidak dapat dipungkiri lagi bahwa air menjadi salah satu sumber kehidupan yang sangat penting bagi makhluk hidup seperti manusia, hewan dan tumbuhan. Air menjadi salah satu potensi alam yang paling besar untuk kehidupan dan alam semesta. Dalam kehidupan air tidak dapat terpisahkan dengan manusia. Ada beberapa jenis sumber air dari alam yang tersedia untuk manusia, salah satunya adalah air hujan. Hujan adalah kondensasi (perubahan wujud benda ke wujud yang lebih padat) uap air di atmosfer menjadi butiran-butiran air yang cukup berat untuk jatuh dan biasanya tiba di daratan. Atau yang lebih sering kita lihat di langit terdapat awan-awan hitam yang bertumpuk, tumpukan awan tersebut akan menghasilkan butiran air yang disebut hujan.

Apakah air hujan itu aman? Pada dasarnya air hujan mengandung zat dan gas yang berbeda-beda sesuai dengan lokasi jatuhnya air hujan. Kandungan zat yang paling mudah ditemukan adalah karbon dioksida, asam, dan garam. Meskipun memiliki banyak kandunhgan zat didalamnya, tetap saja air hujan memiliki manfaat untuk kelangsungan hidup semua makhluk hidup. Berikut adalah uraian tentang manfaat air hujan bagi kehidupan manusia.

  1. Air Hujan Untuk Meningkatkan Ekonomi Masyarakat

Pengaruh air hujan terhadap perekonomian masyarakat yang dimaksud disini adalah pengaruhnya dalam sektor pertanian, perikanan, dan pengolahan sumber daya hutan. Dalam bidang pertanian, curah hujan sangat berpengaruh pada tumbuh-tumbuhan, misalnya spada padi, tanaman sayuran, dan buah-buahan.

Kekeringan panjang dapat menyebabkan hasil panen yang tidak maksimal, tidak jarang juga ditemui yang namanya gagal panen karena tidak turun hujan. Untuk proses fotosintesis, tumbuhan sangat membutuhkan air hujan. Dalam bidang perikanan, air hujan menyumbang hampir 80% pasokan air untuk media kehidupan ikan. Karena ikan hanya bisa hidup dengan media air baik air laut maupun air tawar.

Sebagai salah satu sumber pangan yang penting bagi manusia, pertumbuhan ikan telah dibantu oleh air hujan. Dalam bidang kehutanan, Pohon yang berperan sebagai penyedia udara bersih bagi manusia membutuhkan air hujan. Selain pohon, semua jenis makhluk hidup yang terdapat di hutan akan berjalan seimbang dengan kebutuhan air yang cukup. Hal ini yang menyebabkan air hujan sangat penting untuk kehidupan hutan.

 

  1. Air Hujan Bisa Bermanfaat Untuk Kecantikan.

Selain bermanfaat untuk meningkatkan perekonomian, air hujan juga ternyata bermanfaat untuk kecantikan. Salah satunya untuk kesehatan rambut. Air hujan yang sudah lama turun, memiliki berbagai kandungan zat yang sanagt baik untuk memelihara kesehatan rambut. Air hujan memiliki kadar garam dan ph netral yang sangat baik. Selain itu, air hujan juga mengandung berbagai jenis  mineral. Zat-zat tersebutlah yang membuat air hujan bisa digunakan untuk emmelihara rambut, seperti mempertahankan akar rambut sehingga bisa mencegah masalah rambut rontok.

 

  1. Air Hujan Dapat Memperbaiki Kualitas Udara

Banyaknya pembakaran hutan di beberapa kota di Indonesia menyebabkan tercemarnya udara. Kualitas udara memburuk disebabkan kepulan asap yang tidak kunjung hilang. Hujan adalah salah satu solusi yang dapat meyelesaikan masalah polusi udara tersebut. Karena hujan bermanfaat untuk memperbaiki kualitas udara. Pada umumnya memang, air hujan yang turun pertama kali biasanya banyak mengandung kotoran dari berbagai polusi udara.

Oleh karena itu, hujan yang seperti ini sering  menyebabkan penyakit pada manusia yang biasanya berpengaruh pada pernapasan dan stamina tubuh. Namun, air hujan yang sudah sering turun dapat membantu manusia medapatkan udara yang lebih baik, karena air hujan akan membantu membersihkan kandungan polutan dalam udara. Hal inilah yang menyebabkan kita bisa menghirup udara segar setelah air hujan turun.

 

Air hujan memang memiliki manfaat yang besar bagi kehidupan manusia, tetapi dibalik semua hal positif tersebut, pasti terdapat juga dampak negatifnya. Semua manfaat tersebut haruslah dimanfaatkan dengan bijak oleh manusia. Selain itu, berhati-hatilah saat ingin mengkonsumsi air hujan. ***(CM-M01/Katri Hutabarat)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *