Makna Dari Berbagai Warna

  • Whatsapp

 

Arti Warna
Arti Warna

 

Read More

Dunia selalu kaya akan warna, warna yang disebutkan dalam hal ini tentu lebih dari sekedar warna pelangi mejikuhibiniu seperti psikolgi warna yang memberika pelajari tentang mengidentifikasi persepsi manusia terhadap warna-warni benda yang terdapat di alam. Segalanya selalu berkaitan dengan warna, seperti msialnya suasana hari seseorang yang bisa terpengaruh dengan adanya warna yang tertangkap oleh indera penglihatannya, ya warna memang selalu berbicara apa adanya.

Pada dasarnya, warna memiliki kolerasi dengan karakter seseorang, seperti misalnya partai politik yang menggunakan simbol-simbol warna untuk menunjukkan identifikasi dan eksistensi di benak para pengikutnya. Orang-orang menyebutnya dengan istilah psikologi warna, hal itu difungsikan untuk mengartikulasi persepsi manusia terhadap wana yang terlihat olehnya. Warna memiliki arti masing-masing dan terdapat kesan masing-masing pula bagi orang-orang yang melihatnya dan hal itu membuat orang mempersepsikan secara unik warna yang ada di sekitarnya.

Albert H. Munsell mengatakan bahwa  Warna merupakan elemen penting dalam semua lingkup disiplin seni rupa, bahkan secara umumwarna   merupakan   bagian   penting   dari   segala   aspek   kehidupan   manusia. Beberapa persepsi psikologi yang muncul tentang pengertian warna diartikan sebagai berikut:

  1. Arti Warna Merah

Merah dilambangkan sebagai warna api, mentari pagi maupun warna darah. Warna merah sendiri diartikan seperti bentuk memberi kehangatan, kebahagiaan, keberanian, semangat, kegairahan, tanda peringatan, kekuatan dan banyak lagi lainnya. Tetapi ada pula yang mengartikan merah sebagai tanda kemarahan.

  1. Arti Warna Pink

Warna ini biasanya disukai oleh perempuan,sementara laki-laki sangat jarang menyukai warna ini. Biasanya warna pink diartikan sebagai waran yang melambangkan cinta, eksentik, romantisme dan lainnya. Warna ini pun biasanya disebut dengan warna yang feminim.

  1. Arti Warna Orange

Orange merupakan warna kombinasi antara merah dengan kuning, biasanya melambangkan keceriaan, kehangatan, optimisme, persahabatan. Warna ini identik dengan buah jeruk dan menjadi daya tarik sendiri karena warnanya yang jreng dan mampu merangsang pandangan mata.

  1. Arti Warna Kuning

Kuning biasanya dipersepsikan sebagai kesan dalam sebuah kegembiraan, terang, ceria, ketegasan dan bersinar. Kuning diyakini dapat menstimulus pandangan mata seperti warna jingga.

  1. Arti Warna Biru

Biru biasanya identik dengan warna langit dan laut, warna ini memberikan kesan luas pada ruangan, dingin, damai, kesejukan. Warna ini juga diyakini untuk menenangkan fikiran.

  1. Arti Warna Hijau

Hijau merupakan salah satu warna yang indah dipandang mata, warna yang dikeluarkannya memberikan repsentatif warna alam, kesegaran, dedaunan, relaksasi, sejuk, alami, dan harmoni. Hijau juga dianggap sebagai warna yang bersifat menenangkan.

  1. Arti Warna Ungu

Ungu merupakan warna yang berasal dari perpaduan warna merah dan biru. Biasanya warna ini dianggap sebagai warna kekausaan, bangsawan, keagungan, aristokrat, kelembutan bahkan keindahan.

  1. Arti Warna Hitam

Hitam biasanya adalah warna favorit laki-laki, tetapi tak jarang perempuan juga sangat menyukai warna ini. Hitam mengandung persepsi elegan, misteri, dramatis, kegelapan, independen, dan kesunyian. Begitu pun hitam diartikan sebagai warna yang tegas, kuat dan solid.

  1. Arti Warna Coklat

Coklat diartikan sebagai warna yang sederhana, kaya, hangat dan terkesa tua. Biasanya warna ini disukai oleh kalangan-kalangan orang dengan penampilan sederhana.

  1. Arti Warna Abu-abu

Abu merupakan salah satu dari banyak warna yang cukup gelap sehingga cocok dipadukan dengan warna-warna lain. Kesan yang ditimbulkan dari warna ini adalah ketenangan, elegan, dan keteduhan. Sifatnya sangat kontras dan juga banyak disukai oleh orang-orang.

  1. Arti Warna Cream

Klasik adalah satu hal yang tercermin dari warna cream karena warnanya yang terkesan memberikan kelembutan.

Sebenarnya masih banyak sekali warna yang terdapat di dunia ini, tetapi 10 hal tersebut adalah warna yang sering digunakan dalam keseharian. .***(CM-02/Zakiyah Rizki Sihombing)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *