Lakukan 4 Hal Ini Agar Kamu Lebih Cerdas

  • Whatsapp
Agar Kamu Lebih Cerdas
Agar Kamu Lebih Cerdas

 

Pada dasarnya setiap manusia diciptakan dengan kadar kecerdasan yang sama, dan semua orang tentu menginginkan lebih cerdas dari ketika ia dilahirkan sehingga kecerdasan seseorang pada akhirnya akan terihat dari sejauh mana ia berusaha untuk menjadi cerdas. Bisa dikarenakan belajar keras, bekerja keras baik itu dari lembaga pendidikan, lingkungan maupun pengalaman. Nah, berbicara mengenai kecerdasan, sebenarnya ada beberapa hal yang bisa ditempuh, hal-hal tersebut adalah kegiatan-kegiatan yang sebenarnya sangat sederhana tetapi selama ini kita tidak menyadari mengapa dengan melakukan hal tersebut dapat membuat kita menjadi lebih cerdas.

Read More

Kecerdasan pada hakikatnya bersifat fleksibel dan tidak dibatasi oleh IQ dari diri masing-masing, seseorang yang cerdas adalah seseorang yang bisa memproses informasi secara efektif, dapat memecahkan masalah dengan logis serta dapat membuat ide yang super kreatif. Jika kamu bukanlah siapa-siapa maka wajiblah bagimu untuk menjadi orang yang cerdas, karena dengan kecerdasan yang kamu miliki maka kamu akan diakui dan dapat menjadi orang yang bersinar di lingkunganmu. Oleh karena itu kamu harus mengetahui kegiatan apa saja yang dapat membuatmu lebih cerdas dari baisanya, berikut ulasannya:

  1. Bermain Game

Kamu pasti pernah mengalami dimarah-marahi oleh guru dan orangtuamu hanya karena kamu asyik main game terus-terusan. Keasyikanmu main game sebenarnya menandakan bahwa kamu orang yang penuh tantang karena di dalam game terdapat banyak hal yang dapat membuatmu semakin cerdas. Pada hakikatnya bermain game dapat meningkatakn performa otak, tak hanya itu berbagai game yang telah diciptakan pun memiliki manfaat tersendiri seperti perencanaan strategi, motorik, daya ingat hingga kemampuan otak yang mudah bekerja. Kamu selalu ketagihan bermain game? Hal itu dikarenakan kamu adalah orang yang selalu ingin mencoba, jangan khawatir. Tetapi ingat jangan menghabiskan terlalu banyak waktumu untuk bermain game saja karena dapat menghambat kegiatan yang lain.

 

  1. Olahraga

Olahraga tidak hanya membuat kamu sehat tetapi bisa membantu kamu lebih cerdas. Kenapa? Logikanya ketika kamu sehat dan terhindar dari penyakit maka aliran darah yang kaya oksigen akan mengalir ke otakmu dikarenakan kamu aktif bergerak. Hal itu dapat membantumu memproses informasi baru dengan lebih cepat serta meningkatkan kemampuan otak dalam menyimpan memori dengan lebih efektif. Olahraga dengan rutin memang membantu kamu dalam mencerdaskan otak tetapi jika kamu tidak mampu melakukannya dengan intensitas yang lebih sering kamu dapat menggantikannya dengan bergerak aktif sepanjang hari.

 

  1. Membaca Novel Fiksi

Membaca novel dapat mengenalkanmu akan suatu hal-hal baru berupa konflik dan keadaan yang terjadi di sekitar dan hal itu membentuk pola pikirmu. Selain itu novel fiksi juga dapat memicu kreatifitas dan meningkatkan kemampuan kamu dalam hal memvisualisasikan sebuah permasalahan yang terdapat di alur cerita dalam novel fiksi.

Menariknya, membaca novel fiksi juga dapat membuat kamu lebih empati terhadap individu yang ada di sekililingmu. Hal ini akan sangat membantu kamu dapat bekerja kelak, terutama bagi kamu yang ingin bekerja menjadi manager serta dalam hal memperbaiki hubungan dengan kolega.

 

  1. Tidur Siang

Kamu sering kali tidur siang tetapi kamu tidak tahu apa sebenarnya manfaat tidur siang selain dari ingin beristirahat. Tidur siang yang singkat sekitar 15-20 menit ternyata dapat membuat kamu lebih segar setelah bangun dan hal itu membuat otakmu menjadi lebih reseptif untuk menerima informasi baru saat bangun.

Nah, konkawan dapat mengaplikasikan empat hal tersebut untuk membuat kamu lebih cerdas dari biasanya. Yuk aplikasikan segera mungkin. ***(CM-02/Zakiyah Rizki Sihombing)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *