Kipas Angin Malam Hari Tidak Baik

  • Whatsapp
Bahaya Kipas Angin di Malam Hari
Bahaya Kipas Angin di Malam Hari

 

Bumi sekarang ini sudah terkena dampak pemanasan global. Akan tetapi, sesungguhnya dampak yang kini diterima oleh Bumi adalah akibat ulah manusia di bumi. Sebab segala sesuatu yang kita perbuat akan kita dapatkan akibatnya. Terutama yang tinggal di daerah perkotaan. Cuaca yang dirasakan di kota, sangat berbeda jauh dengan yang dirasakan di daerah pedesaan. Mereka yang dikota cenderung akan lebih memilih ruangan dengan menggunakan AC bagi mereka yang berkantong tebal. Tetapi bagi mereka yang tidak berkantong tebal, mereka cenderung lebih memilih kipas angin.

Read More

Kipas angin berguna untuk mendinginkan ruangan agar tidak panas. Untuk kehidupan kota seperti itu, maka kipas angin akan selalu dihidupkan setiap saat agar ruangan tetap sejuk. Terutama saat tidur malam hari. Siapa yang akan nyaman tidur jika kepanasan. Itu sebabnya tidak jarang orang akan tetap menjalankan kipas angin selama tidur malam. Akan tetapi, anda perlu mengetahui bahwa menggunakan kipas angin saat tidur malam akan mendatangkan bahaya beberapa penyakit bagi tubuh.

 

Bell Palsy

Angin malam sebenarnya kurang baik untuk kesehatan. Itu sebabnya malam hari lebih dianjurkan untuk istirahat. Demikian halnya dengan kipas angin pada saat tidur malam hari. Seperti fungsinya, kipas angin akan membuat ruangan dingin dan sejuk. Jika ditambah dengan angin malam hari, wajar bila berbahaya untuk kesehatan. Bell Palsy adalah penyakit yang terjadi pada bagian wajah dimana kondisi wajah menjadi kaku atau disebut dengan kelumpuhan. Wajah akan menjadi kaku dan sulit untuk digerakkan, misalnya bagian mulut akan sulit untuk tertawa bahkan untuk tersenyum. Pada kondisi ini, syaraf pada wajah menjadi membeku karena suhu dingin yang sering diterima ketika malam hari sebab kipas angin menyala sepanjang malam.

 

Kulit Kering

Kulit kering artinya tidak lembab. Biasanya hal ini disebabkan karena kekurangan air dan terkena sinar matahari langsung. Bukan hanya itu, bahkan suhu dingin pun bisa menyebabkan kulit menjadi kering. Karena kondisi suhu yang terlalu dingin akan menyebabkan kelembapan tidak stabil sehingga kulit mengalami kekeringan.

 

Otot Nyeri Dan Kaku

Pada sistem yang ada di dalam tubuh kita, terdapat lubrikasi. Fungsi lubrikasi ini adalah pelumas untuk menguatkan otot dan bagian persendian kita. Suhu dingin akan memperlambat produksi lubrikasi. Oleh sebab itu, jika terlalu sering menggunakan kipas angin pada malam hari, tubuh akan semakin sering berhadapan dengan suhu dingin. Maka lubrikasi akan sedikit sehingga otot dan sendi tidak akan menjadi kaku karena kurang nya lubrikasi.

 

Oksigen Sangat Minim

Perlu diketahui bahwa angin yang dihasilkan kipas angin adalah tidak sepenuhnya oksigen. Sebab kipas angin menangkap angin yang ada di ruangan tersebut dan memprosesnya. Maka angin yang ditangkap oleh kipas akan mengandung zat-zat sisa hasil pernapasan kita sebelumnya. Oleh sebab itu angin yang kita hirup dari kipas juga mengandung karbondioksida. Bukan hanya itu, angin juga akan cenderung mengandung kuman, bakteri, dan virus lainnya. Itu sebabnya tidak akan sehat apabila kita menghadapkan kipas angin kepada kita, kita akan kekurangan oksigen. Bahkan bisa menyebabkan infeksi saluran pernapasan menyebabkan penyakit seperti sesak napas dan jika berlanjut akan menyebabkan asma.

 

Mudah Terserang Penyakit

Dalam tubuh ada sistem metabolisme yang membantu menjaga aktivitas sel imun. Metabolisme yang baik akan nampak ketika tubuh mengeluarkan keringat sebagai sisa hasil metabolisme yang harus dibuang. Bahkan ketika tidur, aktivitas metabolisme akan tetap berjalan. Itu sebabnya tubuh yang keringat saat tidur adalah normal. Tetapi jika kita menggunakan kipas angin saat tidur, suhu akan menjadi dingin dan tubuh akan sulit mengeluarkan keringat. Hal ini yang menyebabkan proses metabolisme pada tubuh akan terhambat sehingga tubuh akan mudah terserang penyakit.

 

Mencegah lebih baik daripada mengobati. Maka untuk mencegah resiko tersebut ada baiknya mencegah sebelum terjadi. Ada beberapa saran untuk penggunaan kipas angin. Hal ini bertujuan meminimalisir terjadinya penyakit.

  1. Menggunakan kipas angin akan lebih baik jika digunakan pada ruangan yang sirkulasi udaranya baik dan tidak tertutup
  2. Ketika menggunakan kipas angin jangan sampai kipas langsung berhadapan dengan wajah.
  3. Untuk kipas ayng menggunakan timer, sebaiknya atur waktu kipas akan mati setelah 30 menit. Jika tidak, maka arahkan kipas ke langit-langit ruangan dan dengan power yang paling minimal. Hal ini bisa membantu menyejukkan ruangan tanpa harus mengenai tubuh secara langsung.

Demikianlah informasi tentang bahaya menggunakan kipas angin di malam hari. Semoga bermanfaat bagi kita semua.***(CM-Ist/Grace Elvioretha)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *