Kiat Mengatasi Kegelisahan

  • Whatsapp

Kiat Mengatasi Kegelisahan

 

Read More

Ada begitu banyak hal yang terkadang bila dipikirkan hanya menimbulkan kegelisahan. Memikirkan atau membayangkan peristiwa buruk yang belum terjadi dapat menimbulkan kegelisahan. Hampir semua orang pernah mengalami situasi yang kadang bisa membuat cemas atau gelisah. Ada yang bisa mengatasinya dengan mudah, ada pula yang justru tenggelam dalam kegelisahan yang berlebihan sehingga bisa memicu depresi.

Bila sedang mengalami kegelisahan, cobalah istirahat sejenak. Jangan biarkan kegelisahan menghantui kamu terus menerus. Berhentilah dari segala kegiatan atau perbuatan yang menyibukkan jiwa.

 

Berikut Cara Untuk Mengatasi Kegelisahan

 

Bicarakan Dengan Teman

Bicara dengan seseorang yang kamu percayai dan ceritakan semua rasa takut yang menghantuimu. Mintalah dan nasihat dari temanmu. Kadang yang kamu perlukan hanya kata-kata yang meyakinkan dan menenangkan, itu sangat membantu agar hatimu menjadi tenang.

 

Lakukan Aktifitas Fisik

Jangan berdiam diri apalagi melamun. Cobalah untuk mengalihkan fikiranmu dengan berjalan-jalan,merapikan kamar atau rumah, atau melakukan olahraga ringan.

 

Minum Segelas Teh Manis Hangat

Rasa manis dari gula atau madu bisa membantu. Rasa manis mempunyai efek menenangkan yang bersifat sementara pada zat kimia otak kita.Beberapa teh herbal juga bisa memberikan khasiat yang sama.

 

Bayangkan Sesuatu Yang Positif

Bayangkan sesuatu yang kebalikan dari rasa cemasmu. Jika kamu cemas akan terjadi hal buruk karena sesuatu, maka bayangkan hal-hal baik yang akan terjadi karena sesuatu itu.

 

Dengarkan Musik Rileksasi Atau Musik Tenang

Berbaring terlentang dan biarkan alunan musik secara perlahan membantu gelombang otak kamu beralih ke gelombang alpha yang menenangkan.

 

Bernafas Dalam Kantong Kertas

Ketika cemas atau resah gelisah,nafas biasanya jadi cepat dan lebih pendek. Menggembungkan dan mengempiskan kantong kertas bisa membantu kamu benafas lebih pelan dan dalam, yang kemudian akan membuat kamu merasa lebih rileks.

 

Katakan Hal Yang Membuat Cemas Berulang-Ulang Sampai Bosan

Cobalah untuk mengatakan hal yang membuat kamu khawatir berulang-ulang sampai kamu merasa bosan mendengar dan mengucapkannya. Otak akan merespon hal tersebut sehingga perlahan-lahan kecemasan kamu akan hilang.

 

Alihkan Pikiran Pada Hal Menyenangkan

Kadang kamu terlalu berlebihan dalam menanggapi perasaan tidak enak. Semakin kamu memikirkannya, justru hal buruk itu bisa hadir dari pikiran kamu sendiri. Abaikan perasaan tersebut. Alihkanlah pikiran dari hal yang membuat cemas.

 

Anggap Masalah Sebagai Badai Yang Pasti Berlalu

Berikan sugesti positif dalam pikiranmu bahwa semua masalah yang sedang kamu hadapi pasti berlalu. Nikmati saja setiap masalah yang kamu hadapi tersebut, dan anggap diri kamu sedang terlibat dalam pertunjukan itu, seperti drama queen.

 

Kuasai Rasa Khawatirmu

Jangan biarkan perasaan-perasaan buruk menguasai dan mengambil alih hidupmu. Pikirkan bahwa apapun masalah yang kamu hadapi akan selesai dan berlalu. Ini akan membantu kamu menanggulangi kecemasan tersebut.

 

Meditasi

Ini adalah metode biasa, namun sangat ampuh untuk mengatasi kecemasan. Tarik napas dalam-dalam, lalu hembuskan. Buang semua kepanikan dan gunakan logika untuk mengatasi kekhawatiran tersebut. Panik bisa membuat kamu berpikir terlalu jauh, jadi tenangkan diri terlebih dulu agar solusi dari masalah bisa didapatkan.

 

Berdo’a

Terkadang, berdoa adalah Cara paling effektif untuk menenangkan hati. Mintalah pertolongan kepada Tuhan agar terhindar dari hal buruk yang membuatmu cemas.

 

Semoga artikel yang disajikan setidaknya dapat menjadi bacaan yang bermanfaat untuk kamu pembaca setia Ceritamedan.com di mana pun berada.***(CM-Ist/Hindah Sumaiyah)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *