Keuntungan Melahirkan Normal

  • Whatsapp
Keuntungan Melahirkan Normal
Keuntungan Melahirkan Normal

 

Bagi seorang ibu, proses melahirkan merupakan perjuangan antara hidup dan mati. Bagaimana tidak, saat seorang ibu akan melahirkan anaknya dia akan merasakan sakit 57 Del yang setara dengan patahnya 20 tulang dalam tubuh kita secara bersamaan. Sedangkan manusia hanya mampu menahan rasa sakit hingga 45 Del saja. Ia harus menahan sakit yang sangat setelah mengandung selama 280 hari atau 9 bulan lamanya.

Read More

Meskipun sangat menyakitkan banyak calon ibu yang tetap ingin dan berharap akan melahirkan secara normal. Dikarenakan banyak yang beranggapan melahirkan secara normal lebih banyak manfaat bagi ibu dan anaknya kelak. Berikut beberapa manfaat yang bisa dirasakan oleh ibu dan bayinya sepanjang masa.

 

Kesehatan dan Kebugaran Ibu Pulih Lebih Cepat

Saat persalinan, calon ibu yang melahirkan dengan normal akan jauh lebih merasakan kesakitan daripada calon ibu yang melahirkan dengan cara operasi. Tetapi setelah proses persalinan, ibu yang melahirkan secara normal akan lebih cepat pulih meskipun baru saja merasakan sakit yang sangat, tetapi biasanya dengan menyaksikan kelahiran bayinya kedunia, seorang ibu akan melupakan sakitnya karena bahagia. Biasanya ibu yang melahirkan secara normal sudah bisa bebas bergerak berjalan kekamar mandi minimal 6 jam setelah melahirkan. Berdasarkan penelitian, seorang ibu yang menggunakan obat saat melahirkan akan lebih sulit bergerak. Menurut pengalaman dari banyak ibu, proses pemulihan setelah melahirkan secara normal jauh lebih cepat. Kondisi Rahim akan lebih cepat kembali kebentuk semula dan mental seorang ibu akan lebih cepat pulih karena merasakan perasaan puas dan perasaan sempurna telah menjadi seorang ibu.

 

Bisa Langsung Mengurus Bayi Kamu

Karena nggak menjalani operasi besar dan jahitan yang banyak seperti yang dialami oleh ibu yang melahirkan melalui jalan operasi, perempuan yang melahirkan normal lebih cepat bisa bergerak bebas. Sehari setelah melahirkan, ibu yang melahirkan normal sudah bisa berjalan dan bergerak bebas tanpa perlu merasakan sakit akibat jahitan dari operasi yang belum kering. Keuntungannya adalah kamu jadi bisa lebih cepat mengurusi bayimu sendiri dan menjalin bonding yang lebih kuat dengan newborn baby.

 

Memiliki Ikatan Batin Lebih Kuat

Perjuangan yang dilakukan seorang ibu selama proses persalinan ternyata turut dirasakan oleh calon bayi. Bukan hanya ibu yang berjuang, bayi didalam kandungan pun ikut berjuang untuk melihat dunia baru. Hal itulah yang membuat orang-orang percaya bahwa seorang ibu yang melahirkan secara normal memiliki kontak batin yang lebih kuat dengan anak. Juga telah dibuktikan melalui tes MRI, fakta bahwa sensitivitas yang mengatur emosi dan motivasi didaerah otak seorang ibu yang melahirkan secara normal lebih tinggi dibandingkan dengan yang tidak. Hal inilah yang membuat seorang ibu yang melahirkan dengan normal lebih responsif terhadap tangisan bayi.

 

Mudah Menyusui Bayi

Seorang bayi yang dilahirkan secara normal akan jauh lebih tertarik untuk melakukan Inisiasi Menyusui Dini. Ikatan batin yang kuat diantara ibu dan anak inilah yang membuat ibu lebih mudah menyusui bayinya pertama kali karena mudah diajak bekerja sama. Menyusui bayi pertama kali ternyata tidak semudah yang dibayangkan, hal itu membutuhkan kesabaran serta kerja sama yang baik antara ibu dan bayinya.

 

Bayi Lebih Sehat

Selain bermanfaat untuk ibu, persalinan normal juga memiliki banyak sekali manfaat untuk bayi. Banyak penelitian yang menjelaskan mengenai hal ini, salah satunya adalah bayi akan memiliki paru-paru yang lebih kuat karena saat lahir melewati vagina, ada proses pengangkutan oksigen ke jaringan-jaringan tubuh bayi. Itulah yang menyebabkan bayi yang dilahirkan melalui proses normal memiliki risiko gangguan yang lebih rendah. Ada juga yang bilang, bayi yang lahir secara normal akan memiliki daya juang yang lebih tinggi karena sudah pernah berjuang untuk lahir dari rahim ibunya.

Dengan melahirkan secara normal juga ternyata membantu bayi lebih cepat menyesuaikan diri dengan dunia luar dan proses keluarnya calon bayi lebih menyenangkan bagi bayi. Oleh sebab itu, para calon ibu sudah bisa mulai memikirkan hal ini dan tidak usah takut untuk melahirkan secara normal.***(CM-Ist/Eki Yusina Simanjuntak)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *