Ketahui Kepribadianmu Sekarang Juga

  • Whatsapp
Kepribadian
Kepribadian

 

Di dunia ini tidak ada manusia yang sama, tetapi di dunia ini akan ada manusia yang memiliki beberapa kesamaan tertentu. Sekali pun anak kembar pasti memiliki perbedaan tertentu, karenanya setiap manusia memiliki kepribadian masing-masing. Ada yang suka bergaul, ada yang suka berdiam di kamar, ada yang suka menyendiri dan banyak lagu lainnya. Ahli filsafat dari Yunani bernama Hippocrates pernah mengemukakan suatu teori kepribadian yang dijabarkan melalui empat mavam cairan tubuh seperti:

  1. Sifat kering terdapat di dalam chole/ empedu kuning
  2. Sifat basah terdapat di dalam melanchole (empedu hitam)
  3. Sifat dingin terdapat dalam phlegma (lendir)
  4. Sifat panas terdapat di dalam sanguins (Darah)

Empat cairan tersebut ada di dalam diri manusia tetapi untuk melihat keperibadian seseorang dilihat dari cairan mana yang lebih dominan sehingga dapat membentuk suatu kepribadian tertentu. Berikut adalah gambaran singkat mengenai penggolongan manusi berdasarkan cairannya:

1.Sanguinis

Tipe ini disebut dengan sanguinis karena di dalam tubuhnya cairan yang paling dominan adalah cairan sangunis, bagi kamu yang memiliki tipe ini maka kamu adalah seseorang yang memiliki kepribadian khas seperti ramah, lincah, periang, mudah tersenyum dan tidak mudah putus asa. Seorang sanguins selalu mengangap sesuatunya penting sehingga ia selalu menepati janjinya. Tipe ini juga dikenal sebagai tipe yang sangat banyak bicara dan memiliki kemampuan komunikasi yang baik. Ia juga cepat berubah, sesaat bisa terlihat bahagia namun beberapa saat kemudian bisa saja ia terlihat sudah menangis, sangins umumnya berpikir pendek, sulit berkonsentrasi dan tidak teratur. Ia akan benci terhadap hiduonya jika hidupnya tidak menyenangkan hal itu dikarenakan sanguins takut untuk tidak populer.

  1. Melankolis

Melanchole adalah cairan yang dominan terdapat di dalam tubuh tipe ini, biasanya ia adalah tipe yang mudah kecewa, pesimis, penakut, kaku dan memiliki usaha yang relatif kecil. Segala sesuatunya sangat penting dan di segala tempat pula ia akan menemukan alasan untuk merasa khawatir pun sibukberpikir dan berprasangka akan pergaulannya dengan orang lain, terkadang hal tersebut lantas membuatnya kurang bahagia.

Ia juga seorang pemikir, pemilik rasa empati yang tinggi, teratur, sensitif dan romantis sehingga ia bisa menjadi pendengar yang baik. Berbeda dengan sanguins, tipe melankolis tidak ingin selalu menonjolkan dirinya meskipun ia selalu ingin terlihat sempurna.

Negtifnya, melankolis sangatlah sensitif, suka menyendiri dan terkadang susah move on yang akhirnya membuatnya tidak percaya diri dan hanya membuka diri kepada orang-orang yang dipercayainya saja.

  1. Plegmatis

Phlegma adalah cairan yang lebih dominan terdaoat di dalam tubuh seorang plegmatis karenya ia tidak suka terburu-buru, tenang, teguh pendirian, setia, dantai, sabar dan dingin. Ia selalu bertindak berdasarkan keyakinan yang ada di dalam dirinya bukan berdasarkan nalusi sehingga ia bisa maju jika terdapat kegigihan di dalam dirinya terutama untuk mencapai sasaran yang dikehendaki. Tidak menyukai konflik adalah cirinya, ia lebih memilih untuk netral. Jiwa tenang dan rendah hati yang dimilikinya membuatnya disukai oleh banyak orang apalagi jika dia mempunyai selera humor yang tinggi, membuatnya semakin disenangi dan menyenangkan sekali jika bergaul dengannya. Sayangnya ia sangat sulit mengambil keputusan, kurang bersemangat dan juga egis.

  1. Koleris

Chole adalah cairan yang lebih dominan di dalam diri seorang koleris. Hidupnya penuh semangat, keras, optimis, mudah marah, oendendam, penguasa, serius, semangat juang tinggi. Sifat tersebut membuat gairahnya mudah untuk dibangkitkan, ia juga suka memberikan perintang namun tidak ingin diganggu dari pelasanaan perintah yang diberikannya. Dan yang menariknya ia tidak suka kepada orang yang hanya berdiam diri ketika dirinya asyik bekerja, karena setiap kehidupan adalah tantangan dan peluang baginya sehingga membuatnya pantang menyerah sehingga memperoleh kesuksesan.

Meskipun terkesan sedikit kasar tetapi ia bisa berkomunikasi dengan baik dan terbuka dengan orang lain, membuatnya disukai orang lain. Konkawan Cerita Medan, kalian punya kepribadian yang mana? ***(CM-02/Zakiyah Rizki Sihombing)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *