Kenali Gejala Sakit Kepala Lebih Dini

  • Whatsapp
Sakit Kepala
Sakit Kepala

 

Setiap orang pasti pernah mengalami gelaja pusing pada kepala. Tidak banyak orang yang mengerti alasan mengapa seseorang mengalami gejala pusing pada kepala. Biasanya memang gejala pusing pada kepala sering disebabkan karena tubuh kurang sehat dan juga terlalu lelah. Namun perlu diketahui bahwa ada beberapa penyakit yang menyebabkan kepala seseorang menjadi sakit ataupun pusing. Tentu saja, beberapa penyakit yang akan dibahas ini patut di waspadai karena bisa membahayakan tubuh seseorang. Inilah beberapa penyakit yang sering menyebabkan kepala menjadi pusing ataupun sakit :

Read More

  1. Depresi

Sebagian orang mungkin sadar, terlalu keras berpikir dapat membuat kepala menjadi mumet dan juga sakit. Terlalu keras dalam berpikir juga mampu menimpulkan rasa dereasi pada diri. biasanya depresi dipicu karena putus asa, sedih, lemas, gangguan tidur, tidak mampu menyelesaikan masalah dan lain sebagainya. Perlu diketahui, bahwa depresi memicu pada gangguan psikologis pada seseorang. Jika seseorang mengalami lemas berkepanjangan tetapi tidak melakukan aktifitas apapun, disarankan untuk memeriksa kesehatan ke dokter yang lebih ahli. Bisa jadi, hal tersebut di sebabkan oleh otak yang terlalu keras berpikir sehingga membuat tubuh lebih mudah lemas.

 

  1. Diabetes

Mungkin sedikit mencengangkan ketika mengetahui gejala pusing pada kepala disebabkan oleh penyakit diabetes. Diabetes disebabkan akibat meningkatnya kadar gula dalam darah yang ditandai dengan gejala-gejala kecil seperti lemas, mudah haus, lapar, dan sering buang air kecil. jika hal ini sudah mengarah pada diri seseorang, patut menjaga pola hidup seperti mulai mengkonsumsi makanan yang sehat agar tubuh tetap stabil dan terhindar dari penyakit diabetes.

 

  1. Anemia

Kebanyakan orang ketika terkena gelaja pusing pada kepala selalu mengarah pada gelaja anemia atau kurang darah. Ternyata hal tersebut adalah sebuah fakta yang patut di ‘iya’kan jika seseorang mengalami pusing pada kepala. Biasanya anemia lebih cepat menyerang pada ibu hamil ataupun wanita yang sedang mengalami menstruasi karena banyak mengalami pengeluarkan banyak darah yang lebih mudah terkena anemia difiensi besi. Anemia mudah dikenali dengan cara mudah lemas dan juga tidak bertenaga.

 

  1. Sakit kepala skunder

Pernah mendengar satu penyakit yang bernama meningitis? Penyakit ini berhasil merenggut nyawa komedian tanah air bernama Olga Syahputra. Ternyata penyakit ini disebabkan oleh sakit kepala sekunder yang disebabkan oleh masalah structural di kepala ataupun leher. Sakit kepala sekunder memang jarang terjadi namun ada beberapa penyakit yang mampu menjadi penyebab sakit kepala sekunder yaitu penyumbatan pembuluh darah diotak, radang pada otak, meningitis, serangan panik, aneurisma otak, gagar otak dan juga keracunan karbon monoksida. Sakit kepala sekunder dapat ditandai dengan sakit kepala yang tidak kunjung hilang setelah mengkonsumsi obat, sakit kepala parah yang disertai gejala-gejala lain seperti leher kaku, merasa kebas, pingsan, sulit berbicara, sulit melihat dan sulit berjalan, sakit kepala yang berlebihan sehingga mengganggu aktifitas sehari-hari, serta sakit kepala yang menyebabkan badan menjadi terasa tidak enak atau tidak sehat.

 

  1. Migrain

Hal ini pasti sering dialami oleh kebanyakan orang karena penyakit sakit kepala ini salah satu penyakit yang rentan menyerang daya than tubuh seseorang. Bisanya sakit kepala migraine ditandai dengan sakit kepala yang disertai dengan rasa mual dan juga pengelihatan yang kabur. Migrain disebabkan oleg gangguan aktivitas pada otak dan pembuluh darah otak. Hal ini dapat dipicu oleh makanan, hormone, minuman beralkohol, stress, bebauan dan juga suara.

Sakit kepala adalah penyakit yang paling mudah menyerang daya tahan tubuh seseorang, untuk itu demi menghindari daya tahan tubuh yang menurun, ada baiknya untuk tetap menjaga asupan makanan yang bergizi serta istirahat yang cukup. Menjaga pola hidup yang sehat adalah kunci dari terhindarnya diri dari berbagai virus yang akan menyerang daya tahan tubuh.***(CM-01/Dela Aria Dahaka)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *