Kebiasaan yang Membuat Kamu Dipecat

  • Whatsapp

 

Kebiasaan Yang Membuat Kamu Dipecat
Kebiasaan Yang Membuat Kamu Dipecat

 

Read More

Profesi merupakan suatu jabatan atau pekerjaan yang menuntut seseorang memiliki keahlian dan keterampilan. Seorang yang memiliki profesi juga harusnya memiliki sikap profesionalitas dalam bekerja yaitu benar-benar menguasai, sungguh-sungguh dalam bekerja dan melaksanakan pekerjaannya dengan sepenuh hati. Dikatakan sebagai profesional juga jika bisa membagi waktu dan situasi dengan tepat. Sikap ini penting bagi kamu yang akan memasuki dunia pekerjaan dan yang sudah ada didunia pekerjaan. Dengan memiliki sikap ini, atasan atau bos kamu akan senang memiliki anggota/karyawan/anak buah seperti kamu. Bisa saja suatu saat karena sikap profesionalitas kamu dalam bekerja, kamu mendapat posisi yang lebih tinggi lagi di kantormu.

Bagi kamu yang sedang mempersiapkan diri untuk memasuki dunia pekerjaan kamu harus mengetahui  dan menghindari beberapa hal ini supaya kamu tidak dianggap tidak profesional dalam bekerja.

  • Memiliki kebiasaan terlambat

Seseorang yang sering terlambat biasanya membuat orang lain resah dan kesal. Kebiasaan tersebut juga membuat seseorang memiliki kesan yang buruk dimata atasan dan teman sekantor. Pekerja seperti ini dianggap tidak menghargai waktu dan atasan. Alasan seperti macet biasanya digunakan sebagai alasan karena terlambat. Kamu tidak bisa terus-menerus menggunakan alasan ini ketika ditanyakan atasan. Karena kamu seharusnya bisa berangkat lebih awal setiap hari agar tidak terkena macet.

 

  • Berpenampilan tidak baik

Atasan sangat tidak suka dengan karyawan yang berpenampilan urakan dan mengenakan pakaian yang tidak sopan. Usahakanlah pakaian yang kamu gunakan sesuai dengan situasi dan kondisi, dan jangan sampai salah dalam berpakaian. Kebersihan kamu juga sangat diperhatikan oleh atasan. Bagi pria, pastikan kumis kamu tercukur rapi dan pakaian kerja kamu selalu bersih dan disetrika dengan rapi, gunakan sepatu, jangan sandal. Bagi karyawan wanita, gunakanlah pakaian yang sopan, tidak memakai pakaian ketat dan nyaman dipakai, hindari juga pemakaian makeup yang berlebihan. Usahakanlah penampilan kamu serapi mungkin agar enak dipandang mata orang sekelilingmu.

 

  • Sering tidak fokus

Ada saatnya kamu mungkin tidak fokus dalam mengerjakan pekerjaan kamu, tetapi jangan sampai sering tidak fokus. Ada banyak faktor yang membuat seseorang tidak fokus dalam bekerja, misalnya sedang tidak enak badan, mood sedang tidak baik, dan yang paling sering karena koneksi internet yang kencang yang membuat kamu lalai. Jangan sampai hal tersebut membuat kamu tidak fokus bekerja. Simpanlah hpmu saat bekerja, prioritaskan pekerjaan dan kurangi membuka social media saat bekerja. hal tersebut sering membuat pekerjaan kamu menjadi terbengkalai dan tidak selesai tepat waktu.

 

  • Lebih banyak bicara daripada mendengar

Banyak sebenarnya kebiasaan karyawan yang sangat tidak disukai oleh atasan, salah satunya adalah banyak bicara saat bekerja. Karyawan yang lebih banyak mendengar lebih dibutuhkan daripada yang banyak bicara. Mungkin kamu memiliki wawasan yang luas, tetapi tidak perlu mengumbar-ngumbarnya. Terlebih ketika dikantor, kamu perlu mendengarkan dengan cermat apa yang disampaikan atasan kamu, dengan demikian kamu sudah menunjukkan sikap yang menghargai dan professional dalam bekerja.

 

  • Tidak mampu memberi dan menerima kritik

Seorang yang professional adalah seorang yang mampu memberi dan menerima kritik dari orang lain. Tidak ada yang sempurna, kadang kita juga melakukan kesalahan. Hal yang wajar jika kita mendapat kritik dari oranglain dan jadikanlah kritik tersebut sebagai acuan untuk menjadi lebih baik lagi. Dan adakala nya juga kamu perlu memberi kritik kepada rekan kerja kamu yang memerlukan kritik dan saran dari kamu.

Kelima hal tersebut harus bisa kamu lakukan didalam dunia kerja. Menjadi professional itu penting. Dan jangan sampai karena kamu sering melakukan kelima hal tersebut, akhirnya kamu dipecat oleh bos kamu. Kamu mau?***(CM-Ist/Ekky Yusina)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *