Kebiasaan Unik Urang Sunda

  • Whatsapp
Urang Sunda - Foto : renaldy96.deviantart.com
Urang Sunda – Foto : renaldy96.deviantart.com

 

Indonesia dikenal sebagai ragam suku budayanya yang bervariasi dan unik. Salah satu suku yang cukup menarik tersebut adalah suku yang paling terkenal di Jawa Barat yaitu Suku Sunda, terdiri dari berbagai daerah seperti Cianjur, Ciamis, Tasikmalaya, Bogor, Sukabumi, Garut, Sumedang dan Bandung. Nah, ada beberapa ciri unik dari orang Sunda atau biasa disebut dengan urang Sunda yang belum diketahui oleh orang-orang di luar Jawa Barat terutama konkawan Cerita Medan, berikut ulasannya:

Read More

1.Ramah dan Murah Senyum

Nah, kebiasaan ini selalu disukai oleh orang-orang bersuku lain karena pada dasarnya urang Sunda memang sangat mudah melemparkan senyumnya kepada orang lain meskipun orang tersebut adalah orang yang baru dikenalnya. Jawa Barat sebagai tempat berkumpulnya urang Sunda selalu menjadi tempat yang nyaman bagi para pendatang, ya dikarenakan senyum dan keramahan yang dimiliki oleh urang Sunda membuat para pendatang semakin betah berlama-lama di daerah tersebut.

  1. Humoris

Banyak sekali urang Sunda yang dikatakan humoris dan membuat orang terpingkal-pingal melalui ucapakan yang dilontarkannya. Tak heran jika banyak urang Sunda yang menjadi pelawak seperti Kang Sule. Salah satu pelawak asli Bandung seperti Kang Sule ini memang sangat humoris bahkan melihat wajahnya saja kita bisa langsung tertawa, begitulah urang Sunda dikenal humoris dikarenakan juga seorang periang.

  1. Memiliki Nama Khas

Urang Sunda memang memiliki  nama-nama yang khas karena memang sudah membudidaya sejak jaman dahulu kala. Lihat saja nama-nama berikut adalah nama-nama yang sering digunakan oleh urang Sunda:  Aang, Asep, Ai, Cecep, Eneng, Esih, Euis, Imas, Iteung, Lilis, Mulyana, Tati, Ujang, Yanti, Yuyu, dll. Sehingga nama tersebut menjadi nama khas ciri urang sunda. Selain itu juga ciri khas nama-nama sunda yakni namanya sering diulang-ulang seperti : Ajat Sudrajat, Wawan Gunawan, Didi Mulyadi, Yayah Komariah, Tati Mulyati, Nani Sumarni, dan masih banyak lagi.

  1. Cantik dan Sopan

Memang tidak semua urang Sunda cantik tetapi kebanyakan dari mereka adalah orang cantik, memiliki kulit putih, sawo matang dan terlihat itu urang Sunda juga terlihat sopan dilihat dari pembawaannya yang kalem dan lemah lembut.

5.Menyukai Lalapan dan Sambel

Tanpa kedua bahan makanan ini, urang Sunda tidak akan merasa makannya nikmat. Dua hal ini adalah pendamping khas bagi urang Sunda.

  1. Sulit Membedakan Pengucapan F dan V

Urang Sunda selalu menukar huruf misalnya transfer jadi transper, fitnah jadi pitnah, Tv jadi Tipi dan banyak lagi lainnya, dan hal ini menjadi keunikan tersendiri bagi urang Sunda saat sedang berbicara.

  1. Boros dan Susah Menabung

Kebanyakan dari urang Sunda memang susah menabung. Saat memiliki banyak uang, urang Sunda akan memakain uangnya untuk berbelanja. Hal itulah yang membuktikan bahwa urang Sunda terkesan boros. Meskipun boros, mereka tidak akan melupakan saudara-saudaranya seperti orang-orang yang ada di rumahnya. Tetapi perlu kamu ketahui bahwa tidak semua urang Sunda memiliki kebiasaan ini, ada yang memang dermawan dikarenakan lingkungan tempatnya tinggal.

  1. Tidak Suka Merantau

Banyak orang yang suka merantau dikarenakan ingin mendapatkan pengalaman baru, tetapi berbeda dengan urang Sunda yang tidak suka memasuki daerah lain karena mereka berpikir untuk apa keluar dari daerah sementara daerah mereka yang justru diminati oleh para perantau.

Nah, menurut konkawan apakah fakta tersebut benar adanya terjadi pada orangorang Sunda yang ada di sekitar kalian? ***(CM-02/Zakiyah Rizki Sihombing)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *