Kebiasaan Penjual Online yang Membuat Kecewa

  • Whatsapp
Kebiasaan Belanja Online yang Mengecewakan
Kebiasaan Belanja Online yang Mengecewakan

 

Modern ini banyak sekali orang-orang yang malas keluar dan memilih untuk berbelanja online, melalui fenomena tersebut pula lah penjual online pun semakin bertambah banyak. Mulai dari berjualan pakaian, accesories, alat-alat dapur, makanan ringan, peralatan olahraga dan banyak lagi lainnya. Berjualan online memang mengasyikkan apalagi jika menghadapi customer yang sangat baik dan tidak cerewet dalam menanyakan produk yang ingin dibeli. Tetapi memang beragam macam customers akan dihadapi oleh penjual online, dan penjual online harus siap akan hal itu. Tidak perlu capek-capek berpergian, ternyata fenomena belanja secara online memang disukai oleh banyak orang begitu pun dengan uang yang dikeluarkan dapat semakin hemat.

Read More

Namun, tanpa sadar terkadang para penjual online sering melakukan kebiasaan-kebiasaan tertentu yang membuat pembeli merasa tidak nyaman sehingga berujung pada kekecewaan seperti tidak jadi membeli dan sebagainya. Para penjual online pada dasarnya memang harus memperhatikan berbagai hal dalam menyikapi pembeli seperti kepercayaan dan kenyamanan yang sebaiknya harus menjadi prioritas setiap penjual online karena dua hal tersebut dapat menjadi dinamo bagi berlangsungnya sebuah bisnis online. Beberapa kebiasaan buruk harus dihindari oleh para penjual online karena bisa berakibat buruk dan membahayakan sebuah bisnis online. Berikut ulasannya:

 

  1. Mengabaikan Kualitas Produk

Kualitas sebuah produk menjadi suatu hal yang diinginkan oleh pembeli, sehingga menjadi seorang penjual online haruslah bertanggung jawab atas produk yang ditawarkannya. Membohogi pembeli tentang kualitas sebuah produk merupakan hal yang paling dibenci oleh para pembeli karena dengan melakukan hal demikian dapat merusak reputasi toko online-nya sendiri apalagi jika kerap kali dilakukan berulang-ulang meskipun secara halus. Pelayanan terbaik haruslah diberikan para penjual online terhadap pembelinya, dan kualitas produk adalah hal dimasukan ke dalam poin penting ini.

 

  1. Duplikasi

Seperti yang pernah dijadian pepatah bahwa rumuput tetangga selalu terlihat lebih hijau dari p[ada rumut milik kita. Hal itu membuktikan bahwa kita sering sekali merasa tidak puas terhadap apa yanga da di dalam diri kita. Begitu juga dengan penjual bisnis online yang terkadang emrasa produk penjual online lainnya serasa lebih baik dari produk kita. Dan hal tersebut selalu menjadi pemicu untuk menduplikasi atau mencontoh apa yang dilakukan oleh penjual online lain. Menduplikasi secara terang-terangan bukanlah solusi yang baik, apabila dilihat oleh calon pembeli hal tersebut bisa mengurangi kepercayaan terhadap bisnis online yang kamu jalankan. Penjual online sebaiknya dapat memberikan keunggulan lebih terhadap produk yang serupa dan terkesan pasaran sehingga produk yang kamu miliki bisa menjadi lebih unggul sehingga calon pembeli dapat memutuskan untuk membeli produk kepada kamu.Keunggulan tersebut dapat menjadi identitas dan kelebihan tersendiri untuk bisnis onlinemu.

 

  1. Tidak Perduli Akan Kekecewaan Pembeli

Sebagai penjual online terkadang kamu memang tidak bisa on selama 24 jam sehingga harus membuat calon pembeli menunggu beberapa waktu untuk menunggu jawaban atas pertanyaan yang mereka lemparkan. Banyaknya penjual online yang menjadikan bisnis online sebagai profesi sampingan terkadang membuatnya tidak bsia on selama 24 jam sehingga membuat calon pembeli kecewa. Dan bahkan terkadang setelah mengecewakan pembeli setelah menunggu, para penjual online lantas tak memperdulikan kekecewaanya tersebut. Hal ini membuat para calon pembeli bertambah kecewa.

Nah, konkawan sering menghadapi hal yang seperti in, hal mana sih yang paling sering?***(CM-02/Zakiyah Rizki Sihombing)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *