Ini Yang Harus Dilakukan Saat akan Menghadapi Sidang Skripsi

  • Whatsapp
Sidang Skripsi
Sidang Skripsi

 

Menjadi sarjana adalah hal yang bisa dikatakan tidak mudah. Berbagai tahap yang harus dilewati oleh mahasiswa demi mendapatkan gelar sarjana, dimulai dari revisi berkepanjangan yang tiada henti, dosen yang terkadang susah dijumpai hingga sempitnya waktu penelitian untuk mencapai deadline target mendaftar sidang. Lika-liku inilah yang nantinya akan dihadapi calon sarjana. Belum cukup sampai disitu saja, skripsi yang telah selesai pun harus dipertanggungjawabkan lagi didepan dosen pembimbing dan juga dosen penguji melalui sidang skripsi.

Read More

Hal ini kadang yang membuat calon sarjana bahkan tidak makan berhari-hari hanya untuk mempersiapkan diri maksimal saat akan menghadapi sidang skripsi. Perasaan nerveous, gelisah dan uring-uringan kerap menghantui calon sarjana dikala mendekati deadline sidang skripsi.

Sebenarnya yang paling ditakutkan adalah saat tidak bisa menjawab pertanyaan dosen penguji atau bahkan tidak bisa mempertanggungjawabkan materi skripsi. Sebenarnya, ada berbagai cara yang bisa dilakukan untuk menghilangkan segala kegelisahan yang menyelimuti diri saat akan menghadapi sidang skripsi, yang membuat kamu bisa dengan mudah melewati setiap tahap dan tahap saat siding skripsi.  Berikut adalah hal yang perlu dilakukan oleh calon sarjana.

  1. Kuasai Materi Skripsi

Walaupun 100% skripsi yang telah kamu kerjakan adalah murni buatan kamu, tapi tidak menutup kemungkinan kamu mengingat semua setiap detil bab yang telah dikerjakan. Untuk itulah diperlukan lagi meresume atau mengulang kembali penguasaan materi skripsi. Dimluai dari latar belakang, rumusan masalah, hingga tujuan masalah yang memang ada di skripsi kamu. Tidak lupa hasil penelitian skripsi juga menjadi hal penting yang perlu dikuasai serta teori-teori yang kamu angkat pada Bab 2 skripsi.

 

  1. Latihan presentasi

Nah, ini juga perlu diperhatikan bagi siapapun yang akan menghadaoai siding skripsi. Persentase merupakan poin penting yang harus dikuasai. Karena tampilan power point yang ditampilkan saat presentase hanya menampilkan poin-poin saja, sedangkan kamu harus menguasai semua materi yang ada di skripsi. Maka dari itu, kamu harus latihan presentase untuk mempelancar penjelasan kamu saat akan siding nantinya. Usahakan menguasai setiap-tiap poin yang ada di power point, karena itu menjadi poin tersendiri bagi para dosen penguji nantinya.

 

  1. Tidak tegang, santai tapi serius

Nah, jika kamu sudah mampu menguasai materi skripsi dengan baik serta menguasai setiap poin-poin dari presentase yang akan kamu tampilkan, hal yang perlu kamu lakukan berikutnya adalah tidak perlu terlalu tengan, tetap santai tapi serius. Kamu bisa melakukannnya dengan mudah. Dengan menarik nafas perlahan kemudian mengeluarkannnya perlahan dari mulut. Ini dipercaya bisa mengurangi ketegangan kamu saat akan menghadapi sidang skripsi kelak. Tetap santai tapi bukan berarti santai, tapi kamu juga serius agar sidang skripsi kamu berjalan dengan lancar.

 

  1. Fokus

Setelah ketegangan yang telah usai, maka fokuslah terhadap apa yang ditanyakan oleh dosen penguji. Kamu telah menguasai materi yang akan diujikan maka kamu pasti akan mudah menjawab sehgala pertanyaan yang telah ditanyakan oleh dosen penguji. Untuk itulah fokus sangat diperlukan dalam hal ini.

 

  1. Jangan lupa sarapan

Nah ini juga penting. Jika kamu akan sidang dipagi hari salah satu yang paling penting untuk dilakukan adalah sarapan pagi. Ini bisa menambah energy kamu dan juga bisa menambah konsentrasi kamu saat akan sidang.  Maka sebelum menghadapi sidang dikampus usahakan kamu telah sarapan dari rumah.

 

  1. Minta doa restu dari orangtua

Doa orangtua kan menajdi berkah tersendiri bagi kamu yang akan menghadapi sidang nantinya. Mintalah doa restu orangtua saat kan menghadapi sidang, agar nantinya kamu tenang dan lancar dalam menghadapi sidang.

 

Sekarang kamu tidak perlu khawatir lagi saat  akan menghadapi sidang, banyak cara yang dapat dilakukan untuk menaklukkan sidang skripsi. So, selamat mencoba.***(CM-D2/Weny Maya Sari)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *