IBX5A49C9BC313D6 IMMEDIA Ajak Ibu Rumah Tangga Sadar Akan Pentingnya Tayangan TV yang Baik - Cerita Medan

IMMEDIA Ajak Ibu Rumah Tangga Sadar Akan Pentingnya Tayangan TV yang Baik

INDONESIA MELEK MEDIA
INDONESIA MELEK MEDIA

 

INDONESIA MELEK MEDIA (IMMEDIA) yang merupakan salah satu komunitas yang bergerak dalam penyebaran pesan-pesan literasi media, sebagai upaya meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya memiliki kemampuan literasi yang baik dalam menggunakan produk media massa mengadakan kegiatan penyuluhan literasi media pada kelompok masyarakat YP2M (Yayasan Untuk Perempuan Perkotaan) di Kecamatan Medan Johor, Medan, Sumatera Utara.

Dengan mengusung tema “Bagaimana Cara Memilih Tayangan TV yang Baik” peserta diajak untuk mengidentifikasi tayangan-tayangan TV yang tersedia lalu mengklasifikasikannya ke dalam katagori tayangan TV yang layak menjadi tontonan keluarga.

“Ibu-Ibu terlihat sangat antusias, kami disambut dengan hangat di rumah salah satu peserta. Mereka ingin ada kegiatan lanjutan terkait literasi media,” Tutur Rizki Ramadhani Nst, S.Ikom selaku ketua Immedia.

Dimulai dengan diskusi ringan antara fasilitator dan peserta lalu dilanjutkan dengan menonton tayangan TV yang tidak layak tonton (tayangan TV yang paling banyak dilaporkan ke KPI) yang kemudian disambung dengan menyampaikan materi-materi penyuluhan berupa dampak menonton tayangan TV yang tidak layak, dan langkah-langkah memilih tayangan TV mana saja yang layak ditonton oleh semua keluarga melalui katagori-katagori tertentu. Kegiatan selanjutnya adalah sesi tanya jawab. Dalam kesempatan kali ini para peserta  diperbolehkan menanyakan pertanyaan-pertanyaan di dalam maupun diluar materi.

“Karena banyak Ibu-Ibu yang mengeluhkan anaknya kecanduan internet, akhirnya kita juga tadi sempat membahas tentang literasi digital,” ungkap Soleh Putra Sinaga, S.Ikom selaku fasilitator aksi.

Peserta berharap agar kegiatan seperti ini terus dilanjutkan agar semakin banyak Ibu-Ibu di Indonesia khususnya di Medan yang sadar akan pentingnya memilih tayangan TV yang baik, karena salah menonton tayangan televisi dapat merusak pemikiran dan persepsi mengenai sesuatu, banyaknya tayangan yang tidak sehat membuat TV menjadi semakin menyeramkan. Karena itu penyuluhan semacam ini oleh Immedia dianggap sangat penting.

“Kita semua Ibu-Ibu yah berharap supaya anak-anak muda banyak buat kegiatan seperti ini, jujur saya gak tau kalo tayangan yang ada di TV harus dipilih, setelah mengikuti kegiatan ini saya jadi paham” harap Wagiyem, peserta penyuluhan.

Acara tersebut berakhir pada pukul 17.00 WIB, di masa mendatang Immedia dalam program kerjanya juga, Immedia akan turun kembali langsung ke masyarakat, berbagi cerita, pengalaman, pengetahuan serta memfasilitasi mereka untuk dapat menggunakan media massa dengan bijak sesuai dengan kebutuhan. ***(CM/PR)

KOMENTAR

BACA JUGA