Hindari Alat Kosmetik Ini Saat Hamil

  • Whatsapp
Kosmetik Yang Harus Dihindari Saat Hamil
Kosmetik Yang Harus Dihindari Saat Hamil

 

Untuk ibu yang mengandung biasanya ada beberapa pantangan yang tidak boleh dilakukan. Termasuk menggunakan alat kosmetik. Apalagi alat kosmetik yang banyak mengandung bahan kimia berbahaya yang terntu saja membahayakan calon buah hati. Bukan tidak boleh menggunakan alat kosmetik disaat mengandung, namun wanita yang sedang mengandung harus berharti-hati dan teliti dalam pemilihan alat kosmetik yang ingin digunakan. Berikut adalah beberapa alat kosmetik yang tidak diperbolehkan untuk wanita mengandung :

Read More

  1. Obat jerawat

Siapa yang tahu jika kandungan accutane pada jerawat dapat membahayakan bayi dan beresiko mengalami cacat pada janin bahkan lebih parahnya adalah kematian. Untuk yang biasa menggunakan obat jerawat pasti tahu bahwa obat jerawat biasanya mengandung Retinol A yang berfungsi untuk mengelupas kulit mati. Retinol A inilah yang dapat membuat pertumbuhan bayi didalam perut menjadi sangat terhambat. Selain itu ada juga obat jerawat yang mengandung hidrokortison yang ternyata mampu membuat janin menjadi cacat dan juga keracunan.

 

Bagi wanita yang sedang mengandung dan bermasalah dengan jerawat untuk tetap berpikir dua kali dalam penggunaan obat jerawat demi keselamatan sang buah hati. Jika jerawat terlalu parah dan tidak dapat diatasi lebih baik untuk berkonsultasi dengan dokter yang ahli pada bidangnya.

 

  1. Mewarnai Rambut

Mungkin hal ini menjadi salah satu yang paling tidak asing di kalangan ibu mengandung. Tidak sedikit wanita yang mengetahui dampak berbahaya jika mewarnai rambut khususnya wanita. Bahan kimia yang terdapat pada pewarnaan rambut mampu membahayakan janin. Tidak hanya pewarnaan rambut, perawatan lainnya seperti pengeritingan, dan juga rebonding rambut pun juga membahayakan sang calon buah hati. Bahan kia yang terdalam didalamnya secara tidak langsung akan masuk kedalam pori-pori kepada dan mengalir pada aliran darah sehingga mampu membuah calon buah hati mengalami resiko lahir dengan kondisi cacat.

 

  1. Perawatan kulit

Biasanya hal ini sering dilakukan oleh kebanyakan wanita. Kebiasaan ini dilakukan malahan sebelum mengandung yang juga menjadi kebiasaan ketika sedang mengandung. Untuk wanita khususnya yang sedang mengandung ada baiknya untuk menghentikan sementara proses perawata kulit karena ada beberapa alat perawatan kulit yang berbahaya bagi janin misalnya saja Lotion atau pembersih kulit.

 

Lotion dan pembersih kulit dengan dosis yang tinggi mampu membuat cacat pada janin karena mengandung bahan asam silisilat. Selain itu penggunaan tabir surya yang diserap kulit juga dapat mempengaruhi perkembangan janin karena mengandung bahan avobenzone dan oksibenzon yang mudah diserap kulit. Pemutih kulit pun demikian. Mengandung bahan hydroquinone yang merupakan bahan kimia yang mampu mempengaruhi enzim-enzim dalam tubuh dan menahan bahan-bahan alami yang diperlukan oleh sang janin sehingga itulah yang membuat ibu hamil menjadi alergi.

 

  1. Menikur dan pedikur

Jangankan melakukan perawatan kuku, memotong kuku pun ternyata tidak dianjurkan oleh wanita yang sedang mengandung. Apalagi menggunakan bahan kimia seperti alat cat kuku yang ternyata mampu menimbulkan masalah sistem reproduksi jika produk cat kuku mengandung bahan phathalates. Bahan cat kuku yang berasal dari basecoat, top coat dan aeston mampu membuat janin lahir cacat bahkan lebih parahnya lagi menyebabkan kematian apabila terhirup oleh sang ibu.

Walaupun sebenarnya masih banyak lagi alat kosmetik yang ternyata membahayakan sang janin jika digunakan oleh wanita mengandung namun hal diatas adalah beberapa kosmetik yang paling sering digunakan oleh wanita. Penggunaan alat kosmetik berbahaya tidak hanya membuat bayi menjadi cacat ataupun meninggal dunia tetapi mampu membuat bayi lahir dalam keadaan sumbing, kelainan jantung, kelainan paru-paru dan juga alergi. Untuk itu, lebih berhati-hatilah dalam produk kosmetik yang digunakan demi calon buah hati lahir secara sempurna. ***(CM-01/Dela Aria Dahaka)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *