Hal yang Diajarkan Orangtua Sejak Kecil

  • Whatsapp
Hal yang Diajarkan Orangtua Sejak Kecil
Hal yang Diajarkan Orangtua Sejak Kecil

 

Keluarga menjadi hal yang sangat penting bagi hidup seseorang. Seperti halnya rumah untuk pulang. Banyak proses dan pembelajaran yang akan sulit didapat jika tidak dari keluarga, bukan tentang matematika dan biologi tapi lebih dari itu. Seiring bertambahnya usia, tanpa sadar ada hal-hal yang membentuk mental dan pola pikir kamu sejak kecil berkat kehadiran mereka. Apapun pelajaran yang kamu dapat diluar sana, faktanya keluarga memiliki poin tersendiri dalam hal ini. Berikut ini adalah sifat yang terbentuk secara otomatis berkat kehadiran keluarga disekitar kamu.

Read More

 

Kasih sayang yang tulus

Secara umum, keluarga awal pertama kalinya kamu mengenal dunia ini. Mereka yang memberimu ketulusan kasih sayang dalam mengasuh dan membimbing secara perlahan hingga berdampak baik padamu. Jika seorang anak mencontoh apa yang dilakukan oleh orang tuanya termasuk perasaan, maka begitu pula dengan cinta dan kasih sayang yang diberikan. Hebatnya ketulusan dari rasa tersebut hadir dari dalam diri sendiri tanpa memperdulikan yang lain, kamu akan selalu menghargainya baik itu kekurangan maupun kelebihan.

 

Berjiwa mendukung

Orang tua akan selalu mendukung anaknya dalam keadaan apapun. Begitu pula seorang anak yang memahami rasa ini, ia kan senantiasa mendukung penuh setiap hal yang ia yakini termasuk kepada orang lain. Naluri orang tua yang akan selalu menopang anak-anaknya,  sedikit banyak akan tercermin pada sang buah hati tak perduli sesulit apapun kondisinya.

 

Kerja keras dengan komitmen

Keluarga yang selalu ada disamping kamu dan mengajarkanmu akan hal ini, maka akan menerapkan pola pikir yang sama dengan anaknya. Bagi anak yang dibesarkan dengan menanamkan kerja keras serta komitmen,  pasti akan medorong mereka untuk berusaha meraih segala keinginan dan memilih jalan untuk tetap maju meraihnya. Tak mudah memang membuat seorang anak memiliki komitmen namun, hal itu bisa saja terjadi berkat adanya peran dari keluarga.

 

Memiliki kebanggaan dalam diri

Hadirnya orang tua akan melengkapi hidup seorang anak, tak peduli sesulit apapun kondisinya, tanpa melihat keatas, keluarga yang selalu ada sebagai tempat untuk kembali bagi seorang anak adalah sebuah kebanggaan yang tak dapat tergantikan oleh apapun. Sifat ini akan membentuk seorang anak menjadi pribadi yang menghargai apa yang dimilikinya, merasa cukup dan percaya akan kemampuan untuk meraih sesuatu. Sebab memiliki satu kebanggaan yang akan selalu mendukungnya.

 

Memiliki tujuan hidup

Tertanam dalam setiap anak untuk selalu membanggakan orangtua dan keluarganya. Inilah yang menjadikan mereka termotivasi untuk meraih cita-cita, hilangnya peran keluarga bisa jadi cerita berbeda dalam perkembangan psikologis seorang anak. Keluarga yang kerap kali disebut sebagai rumah untuk pulang, nyatanya dapat diartikan sebagai tempat mereka menunjukkan hasil dari kerja keras yang telah dilakukan selama ini dengan satu kebanggan.

Peran keluarga tanpa disadari telah memberikan pelajaran yang penting tanpa disadari. Mereka adalah orang-orang yang mengajarkan kita tentang ketulusan dan selalu memotivasi. Tentang rasa yang mungkin akan sulit didapat di tempat lain. Sayangilah dan hargai setiap jiwa yang ada dalam keluargamu, sebab tak ada lagi hal indah yang kamu miliki tanpa mereka.***(CM-03/Rio Khairuman)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *