Hal Ini Akan Membuat Anda Menyesal Selama 10 Tahun Kedepan

  • Whatsapp
Hal Yang Membuat Menyesal Karena Keuangan - Foto : bisnis.liputan6.com
Hal Yang Membuat Menyesal Karena Keuangan – Foto : bisnis.liputan6.com

 

Keuangan berpengaruh dalam hal kehidupan seseorang. Keuangan juga berpengaruh dalam hal sosial seseorang. Di kehidupan yang masa datang dalam kehidupan seseorang, rasa nyaman sering kali diartikan dalam segi materi. Dalam hal keuangan patut ditangani dengan serius dan juga matang agar menciptakan masa depan yang sejahtera dalam artian materi. Berikut ada beberapa kesalahan keuangan secara umum yang sering dilakukan seseorang yang akan menimbulkan penyesalan di 10 tahun kedepan. Berikut adalah beberapa cara untuk menghindari kesalahan financial tersebut :

Read More

  1. Meninggalkan dana darurat

Didalam rancangan keuangan yang dimiliki harus menyediakan satu rancangan keuangan khusus dana tidak terduga khususnya dana-dana yang akan dikeluarkan dalam situasi darurat. Jika dana ini tidak di sisihkan melalui penghasilan, otomatis keuangan akan terganggu dan efeknya akan merasa kekuranga. Katakan saja kesehatan ataupun dana reparasi yang waktunya tidak pernah tepat tetapi selalu ada setiap bulannya. Dana darurat ini juga mengamankan seseorang jika suatu saat terjadi PHK (Pemutusan Hubungan Kerja) atau kebangkrutan.

 

  1. Menunda menabung

Tidak ada alasan untuk menunda dalam hal menabung. Idealnya setiap orang wajib menabung sekitar 30% dari penghasilan setiap bulan. Tabungan juga dapat digunakan sebagai dana darurat atau mewujudkan beberapa target. Lebih bagus ketika menerima penghasilan hal yang pertama dilakukan adalah menabung dulu dan sisanya untuk keperluan lain jangan sebaliknya agar konsisten jumlah menabung selalu stabil. Tidak memiliki tabungan untuk beberapa tahun kedepan dapat membuat hidup tidak sejahtera bahkan menyebabkan depresi dalam hal keuangan.

 

  1. Kurang berinvestasi

Sedikitnya seseorang wajib memiliki investasi sebagai pegangan di masa depan. Katakanlah ada kendala dalam hal pekerjaan dan juga karir dengan memiliki investasi yang cukup dapat dijadikan sebagai solusi utama jika suatu saat mengalami penurunan keuangan. Investasi yang baik biasanya dengan emas atau tanah. Selain tidak akan pernah hilang akibat dicuri, setiap tahunnya harga yang dimiliki keduanya semakin lama semakin meningkat.

 

  1. Kendaraan yang mahal

Hindari angan-angan membeli kendaraan dengan harga yang fantastis demi semua kehidupan mewah yang memaksakan. Kecuali memiliki financial yang berlebih dan dapat membeli segalanya. Hal ini patut dihindari karena membeli kendaraan dengan harga mahal dapat menyedot dana yang cukup dalam. Apalagi memaksakan diri untuk berhutang demi mendapatkan mobil mewah karena sebuah gengsi tinggi.

 

  1. Shopping

Ini masalah yangs sering menimpah kaum perempuan yang tidak dapat membatasi diri untuk berbelanja. Wanita yang memiliki hobi berbelanja sangat susah menahan diri untuk tidak membelanjakan uangnya alhasil akibat berbelanja mengalami kesulitan menabung. Parahnya lagi, mereka yang kecanduan berbelanja merasa tidak bahagia karena kehilangan hobby dan memaksakan diri dengan cara berhutang demi menunjang hobbynya berbelanja.

 

  1. Salah memilih asuransi

Sebelum memilih asuransi yang tepat untuk keluarga ada baiknya untuk melakukan survey apakah cocok untuk hidup atau tidak. Tentu saja memerlukan konsultasi khusus kepada pakarnya agar tidak memilih asuransi yang sembarang apalagi asuransi dengan masa depan yang tidak jelas. Jangan sampai asuransi menjadi penghambat masa depan yang lebih baik.

 

  1. Tidak memikirkan pensiun

Bagi pekerja sebagai karya swasta ataupun negri hal ini patut dipikirkan terlebih dahulu. Sehingga jika suatu saat mengalami pension mendadak, sudah memiliki perencanaan dalam menunjang hidup dalam hal keuangan. Tentu saja sangat penting, seharusnya pension adalah masa istirahat malah berganti menjadi masa yang berat akibat financial yang tidak stabil.

Beberapa masalah diatas sudah wajib dipikirkan sekarang ini terutama pada usia 20 tahuan yang mulai membiayai diri sendiri dengan penghasilan pribadi. Jangan sampai karena kesalahan diri sendiri membuat penyesalan yang luar biasa dikemudian hari.***(CM-01/Dela Aria Dahaka)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *