Gagal Menjadi Public Speaker? Ini Alasannya

  • Whatsapp
Public Speaker
Public Speaker

 

Di antara sebagian dari kamu pasti ingin menjadi seorang public speaker yang handal baik itu dalam acara yang biasa hingga yang luar biasa. Menjadi public speaker pada dasarnya bukanlah hal yang mudah, kamu dapat melihat fenomenanya di dunia nyata, banyak orang yang terus-terus berlatih agar bisa menjadi seorang public speaker yang baik tetapi pada kenyataannya ia tak luput dari berbagai kesalahan. Hal itu wajar karena ketika kamu satu kali terjatuh maka wajib bagi kamu untuk bangkit seribu kali lagi. Nah, ketika kamu belum berhasil menjadi public speaker yang baik, mungkin kamu adalah orang-orang belum maksimal dalam berusaha, atau siapa tahu kamu melakukan hal-hal yang ternyata dapat menghalangi kamu untuk lebih percaya diri sebagai berikut:
1. Ingin selalu sempurna dalam berbagai hal
Percaya atau tidak biasanya orang yang terlalu perfeksionis cenderung sulit bahagia. Orang yang perfeksionis atau selalu ingin tampil sempurna dalam berbagai hal selalu memiliki goal yang tinggi dalam hidupnya. Ketika sesuatu yang diinginkannya tidak tercapai, maka dapat mengurangi rasa percaya diri di dalam hidupnya. Kamu boleh saja menjadi seseorang yang perfeksionis tetapi kamu juga harus tahu bahwa tidak semuanya dapat kamu lakukan dengan mulus tanpa ada hambatan apapun. Meskipun berhasil dapat membuatmu percaya diri tetapi percayalah sebuah pencapaian tanpa hambatan sama dengan kosong.

Read More

2. Tidak tegas
Tahukah kamu ketika kamu tegas maka kamu akan dapat memegang kendali serta mendapatkan perhatian yang lebih baik dari pendengarmu. Menjadi tegas berarti berhasil mengekspresikan keinginan tanpa bersikap agresif. Nah, bagaimana jika kamu tidak tegas? Kamu pasti tahu apa yang akan terjadi selanjutnya, bukan? Karenanya jangan menjadi orang yang tidak tegas karena itu dapat menghalangi kamu menjadi orang yang lebih percaya diri.

3. Pemikiran negatif terhadap diri sendiri
Berpikir negatif ternyata dapat membuatmu kurang percaya diri untuk tampil di depan umum dan menjadi seorang public speaker, karenanya kamu harus mengubah kebiasaan tersebut sehingga bisa menimbulkan pemikiran positaf yang nantinya dapat membantu kamu menjadi lebih percaya diri untuk tampil.

4. Pencitraan diri yang buruk
Ketika kamu menganggap dirimu buruk, bagaimana dengan orang-orang lain yang akan menilaimu nanti? Hal itu tentu merugikan diri sendiri dan dapat merusak kepercayaan dirimu. Percayalah bahwa dirimu adalah apa yang kamu pikir, karenanya teruslah berpikir bahwa kamu mampu, kamu keren, kamu yakin, maka semua akan baik-baik saja.

5. Kurangnya pengetahuan
Di dalam kehidupan sehari-hari sebenarnya banyak sekali pelajaran dan pengalaman yang bisa kamu ambil, kemudian dapat disampaikan kepada para pendengarmu saat kamu menjadi seorang public speaker. Baik itu sebagai pelajaran hidup maupun menjadikan sebuah kebiasaan tersebut menjadi sesuatu yang baru atau malah menjadi suatu inspirasi. Kurangnya pengetahuanmu akan hal itu dapat membuat kamu tidak percaya diri dan merasa seolah-olah pengalaman yang baik adalah ketika kamu sudah pergi ke negeri mana saja dan bertemu siapa saja.

6. Membandingkan diri dengan orang lain
Tidak bisa dipungkiri, bahkan hampir setiap orang melakukan hal ini. Padahal hal ini dapat mengruangi rasa percaya dirimu. Sebaiknya kamu menjadi orang yang menerima seluruh kelebihan dan kekuranganmu dengan sebaik mungkin dengan cara mengoptimalkannya menjadi yang lebih baik sehingga bisa meningkatkan rasa percaya diri.

7. Rasa takut yang berlebihan
Tidak hanya kamu, semua orang pasti akan takut jika ia baru pertama kali berada di panggung dengan posisi menjadi public speaker, hal itu wajar saja asal kamu tidak memiliki rasa takut yang berlebihan. Karena sejatinya menghadapi ketakutan dapat membuat kamu lebih percaya diri dari sebelumnya.
Nah, menjadi yang baik memang tidak mudah. Dengan menghindari 7 hal tersebut semoga bisa membuat kamu menjadi lebih percaya diri ya. ***(CM-02/Zakiyah Rizki Sihombing)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *