Enam Makna Tunas dalam Pramuka

  • Whatsapp
Tunas Kelapa Pramuka
Tunas Kelapa Pramuka

 

Setiap tanggal 14 Agustus, diperingati sebagi Hari Pramuka. Di Indonesia sendiri, gerakan pramuka ini memiliki sebuah lambang khusus yakni lambang tunas pohon kelapa menyimbolkan kekayaan alam Indonesia yang telah tumbuh subur di bagian pesisir pantai Indonesia. Pada dasarnya lambang tunas kelapa menjadi lambang gerakan pramuka mulanya adalah ide dari Alm. Sumardjo Atmodipuro, salah seorang pembina pramuka yang ketika itu sudah aktif bekerja sebagai seorang Pegawai Tinggi Departemen Pertanian pada tanggal 14 Agustus 1961, karenanya lah hari itu diperingati sebagai Hari Pramuka.

Read More

Lambang Gerakan Pramuka berupa Gambar silhouette TUNAS KELAPA sesuai dengan SK Kwartir Nasional No. 6/KN/72 Tahun 1972, serta telah memiliki Hak Patent dari Ditjen Hukum dan Perundang-undangan Departeman Kehakiman, dengan Keputusan Nomor 176634 tanggal 22 Oktober 1983, dan Nomor 178518 tanggal 18 Oktober 1983, tentang Hak Patent Gambar TUNAS KELAPA dilingkari PADI dan KAPAS, serta No. 176517 tanggal 22 Oktober 1983 tentang Hak Patent tulisan PRAMUKA.

Sementara untuk makna dari lambang pramuka tersebut adalah sebagai berikut:

  1. Sebuah kelapa ketika dalam keadaan tumbuh biasanya disebut dengan tunas, sementara cikal bakal diartikan sebagai penduduka aslu yang pertama yang menurunkan generasi baru. Sehingga buah kelapa yang sedang tumbuh tersebut (tunas) bermakna bahwa tiap bagian pramuka menjadi inti dalam kelangsungan hidup sebuah bangsa.
  2. Buah kelapa biasanya dapat bertahan lama meski dalam keadaan apapun, hal itu dimaksudkan sebagai setiap bagian dari pramuka merupakan seorang yang jasmaniah, rokhaniah, sehat, ulet, kreatif serta memiliki tekad yang besar untuk menghadapi setiap tantangan berupa ujian dan cobaan yang datang meski sesulit apapun cobaan tersebut, demi mengabdi pada tanah air dan bangsa Indonesia.
  3. Sebuah kelapa dapat tumbuh dimana saja, hal tersebut membuktikan besarnya daya dan upaua untuk menyesuaikan diri dengan lingkungan dan keadaan di sekitarnya. Hal itu melambangkan bahwa pramuka dapat menyesuaikan diri di masyarakat dimana pun berada dan dalam keadaan apapun.
  4. Buah kelapa tumbuh menjualng lurus ke atas dan termasuk ke dalam salah satu pohon paling di tinggi di Indoensia, karena itu bermakna bahwa pramuka memiliki cita-cita yang tinggi dal lulus, jujur serta mulia. Pramuka akan tetap berdiri kokh meskipuj mudah diomban-ambingkan oleh sesuatu.
  5. Kelapa memiliki akar yang membuatnya tumbuh kuat dan erat di dalam tanah, begitu pula tekad dan keyakinan yang terdapat pada pramuka yang berpegang pada dasar dan landasan-landasan yang benar, baik, kuat dan nyata. Tekad yang terdapat pada pramuka pada pramuka menjelaskan bahwa sebegitu kuatlah pramuka mencapai cita-citanya.
  6. Buah kelapa merupakan salah satu tumbuhan yang bisa digunakan untuk berbagai hal, mulai dari akar hingga ujungnya. Hal tersebut mengkiaskan bahwa anggota pramuka adalah orang-orang yang berguna, yang ingin berbakti bukan hanya untuk diri sendiri tetapi juga untuk tanah air, bangsa, dan negara kesatuan Republik Indonesia.

Nah, mungkin di antara kamu ada yang sudah menjadi anggota pramuka tapi bahkan kamu mungkin mengetahui apa makna dari lambang pramuka itu sendiri. Semoga pembahasan ini bisa menjadi referensi kamu ya, terutama bagi kamu yang sudah bertahun-tahun aktif di dunia pramuka. Ayo peringati Hari Pramuka dengan semangat seperti tunas kelapa, yang tak hanya bermanfaat untuk diri sendiri tetapi juga bagi tanah airnya. ***(CM-02/Zakiyah Rizki Sihombing)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *