Dewasa dengan Hal-Hal Sederhana

  • Whatsapp
Tumbuh Dewasa
Tumbuh Dewasa

 

Umumnya, kebanyakan orang akan menganggap seseorang bisa dikatakan dewasa apabila usianya sudah 17 keatas. Meskipun demikian, seorang yang berusia 17 keatas belum tentu bisa dikatakan dewasa. Ukuran sebuah kedewasaan bukanlah berdasarkan usianya. Sebab, pandangan setiap orang tentang kedewasaan pasti berbeda-beda. Ukuran kedewasaan tidaklah mutlak. Misalnya seorang anak berumur 12 tahun akan menganggap kakaknya yang berusia 16 tahun dewasa. Di lain sisi, orang tua mereka belum menganggap mereka adalah pribadi yang dewasa sebab segala sesuatu masih bergantung kepada mereka sebagai orangtua. Maka, kedewasaan bukanlah masalah usia, tetapi lebih kepada cara berpikir seseorang menjalani keseharian dengan penguasaan diri.

Read More

Berubah menjadi dewasa tidaklah sulit dengan menyadari dan membiasakan hal-hal kecil yang bisa berpengaruh kepada pendewasaan diri.

 

  • Berani berbeda diantara yang lain

Menjadi diri sendiri tidak cukup untuk dewasa. Harus diikuti dengan keberanian dan kepercayaan diri untuk menunjukkan siapa kamu sebenarnya. Bukan mengikuti mereka yang tidak sesuai keinginan kamu. Lakukan apa yang sesuai dengan passion kamu dengan percaya diri meski harus berbeda dari yang lainnya.

 

  • Tetap hadapi orang yang membencimu

Dengan dirimu yang sekarang, tidak semua orang akan menyukai tentang mu. Pasti ada yang membencimu dengan berbagai alasan mereka masing-masing. Tapi kamu tidak perlu memikirkan orang yang membencimu, sebab hal itu akan menimbulkan kebencian mu terhadap mereka. Tetap hargai dan senyumlah kepada mereka. Banyak hal positif yang bisa kamu ambil dari pembenci mu. Kamu bisa perbaiki diri kamu selagi itu baik untuk kamu. Selebihnya kamu cukup mengabaikan segala cemoohan dan olokan mereka. Masih ada orang yang mendukung dan menyukai mu. Mereka adalah orang terdekatmu, orangtua kamu, sahabat kamu.

 

  • Pandai bergaul dan memilih teman

Pandailah memilih pergaulan dan teman. Pergaulan mu akan menentukan bagaimana kamu ke depannya. Karena pergaulan akan berpengaruh kepada gaya hidup kamu keseharian. Caranya dengan bergaul dengan teman yang sesuai dengan tujuan kamu.

 

  • Bicara pada saat yang tepat

Ada kalanya kamu harus diam ketika kamu berada pada situasi tertentu. Bicara dengan melihat situasi dan keadaan yang tepat. Kamu perlu diam ketika situasi yang kamu hadapi riuh tidak terkendali. Dengan diam dan memperhatikan yang sedang terjadi kamu pasti akan mengerti suasana yang sedang kamu hadapi. Contoh lainnya adalah, diam mu akan berguna ketika lawan bicara kamu memberi penjelasan. Jangan memotong pembicaraan dan tetap mendengarkan hingga selesai.

 

  • Jangan berlebihan menceritakan tentang diri kamu

Ketika kamu berbincang dengan orang lain membahas sesuatu, kamu bisa batasi omongan kamu tentang dirimu. Sebab terlalu banyak mengaitkan tentang diri kamu dengan pembahasan kalian, itu akan membuat kamu terkesan egois dan ingin diperhatikan.

 

  • Gunakan bahasa yang baik

Berbicara dengan menggunakan bahasa yang baik sangat berpengaruh terhadap kedewasaan kamu. Bahasa yang baik bukan sekadar bisa dimengerti lawan bicara kita. Bahasa yang kita pakai akan terdengar baik apabila kamu menggunakan dengan sopan. Misalnya, kamu mengucapkan kata terimakasih kepada orang telah memberimu pertolongan. Atau meminta maaf lah jika kamu melakukan kesalahan kepada orang lain.

 

  • Menjadi pendengar yang bermanfaat

Kamu akan dianggap dewasa ketika kamu bisa mendengar orang lain. Pendengar yang baik bukan sekadar mendengarkan, tetapi lebih kepada kamu akan dicari sebagai tempat untuk berkeluh kesah oleh temanmu.

 

  • Banyak belajar untuk memperluas wawasan

Wawasan yang luas sangat penting bagi kamu. Kamu bisa mengisi wawasan kamu melalui belajar. Tetapi belajar bukan hanya sekedar membaca. Kamu bisa belajar dari berbagai hal yang kamu lihat, kamu alami sendiri, bahkan dari orang lain. Pengalaman sendiri, pengalaman orang lain bisa kamu jadikan sebagai pelajaran buat kamu memperluas wawasan kamu.

 

  • Menabung

Setiap orang pasti sudah mempunyai keinginan masing-masing di masa depan nanti. Semua akan terwujud apabila mulai sekarang kamu menabung. Sebab dengan menabung, kamu sudah berpikir jauh ke depan. Ini membuktikan bahwa kamu kamu tidak hanya memikirkan saat ini.

 

  • Bersyukur untuk mengawali hari mu

Setiap pagi adalah awal dari ativitas kamu seharian. Maka, buat kesan yang baik dan positif ketika pagi hari kamu bangun tidur supaya kamu menjalani nya penuh dengan semangat. Bersyukurlah selalu untuk setiap apa yang ada padamu.

 

  • Berpikir bahwa dunia itu luas

Kamu perlu memahami bahwa dunia luas. Tidak hanya sebatas apa yang kamu alami dan dapatkan setiap hari. Berpikirlah bahwa masih banyak hal yang belum kamu ketahui di luar apa yang telah ada padamu saat ini.

 

  • Tidak perlu mengumbar privasi kepada publik

Kedewasaan kamu akan mempengaruhi bagaiaman kamu menghadapi masalah, terutama masalahmu sendiri. Kamu harus bijak menentukan masalah mana yang harus kamu umbar di akun media sosial kamu. Kamu cukup menghadapi dan menyelesaikannya tanpa harus memberitahu dunia bahwa kamu sedang dalam masalah.

 

  • Jadilah apa adanya

Kamu tidak perlu melebihkan segala sesuatu untuk menarik perhatian orang lain. Jadilah apa adanya kamu. Baik dari sisi penampilan dan dan cara bebicara kamu.

 

  • Hilangkan iri hati

Menjadi dewasa berarti mengakui kemampuan dan kelebihan orang lain. Ketika teman kamu dalam keadaan bahagia karena pencapaiannya, maka seharusnya kamu pun ikut berbahagia. Hilangkan iri hati yang akan memicu kamu untuk melakukan hal-hal yang akan membuat teman kamu tidak bahagia dengan alasan supaya kamu dan teman kamu dalam keadaan yang sama.

 

  • Akan ada saatnya kamu ditolak

Ketika kamu sudah berpikir dewasa kamu pasti mampu menerima keadaan saat kamu di tolak oleh apa pun. Akan ada saatnya kamu tidak bisa diterima baik oleh orang lain, atau bahkan terkadang kamu akan merasakan seakan-akan keadaan menolak kamu. Hanya bagaimana kamu menyikapi penolakan itu.

 

  • Berdoa

Memegang teguh kepercayaan masing-masing, dan meyakinkan segalanya dengan berdoa memohon kepada Tuhan.

 

Demikianlah tips agar kamu bisa dapat berkembang dengan cara dewasa. Semoga bermanfaat buat perkembangan diri kamu ya.***(CM-Ist/Grace Elvioretha)

 

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *