Cuka Ternyata Tak Hanya Untuk Penyedap Makanan Saja

  • Whatsapp
Cuka
Cuka

 

Siapa yang tahu cuka? Ya, ini adalah campuran makanan untuk menambah cita rasa dari makanan tersebut agar sedikit terasa asam dan segar, sering kita temui di tempat-tempat yang menjual makanan-makanan berkuah, seperti bakso, mie pangsit dll. Tapi tahukah kamu jika ternyata  manfaat cuka tak hanya melezatkan makanan saja,  namun juga dalam kehidupan sehari-hari. Berikut ini adalah apa apa saja yang bisa kamu lakukan dengan menggunakan cuka selain dicampur dalam makanan.

Read More

 

Bersih-bersih

Bekerja layaknya lemon ataupun sabun pembersih, cuka dapat membantu kamu membersihkan kotoran yang menempel pada prabot rumah tangga contohnya kursi, lemari ataupun meja yang terbuat dari bahan dasar kayu. Tak hanya itu saja bahkan lantai pun juga dapat dibuat bersih mengkilap. Bisa juga digunakan nuntuk menghilangkan noda yang meklekat pada pakaian dengan meneteskannya terlebih dahulu di titik yang kotor. Selain itu, dampak menggunkan cairan cuka pada pakaian adalah untuk melembutkan dan menghilangkan bau.

 

Membunuh Serangga

Cuka mengandung zat yang tidak cocok jika terkena oleh serangga, akibatnya mereka akan langsung mati. Jika dirumah kamu terdapat kecoa, semut maupun rayap maka cuka dapat dijadikan solusi untuk menghilangkannya sebab bagi mereka cuka adalah racun.

 

Menghilangkan karat

Siapa sangka cairan cuka dapat menghilangkan karat yang menempel pada logam besi. Caranya pun terbilang cukup mudah, cuka gunakan satu sendok air cuka dan satu sendok garam kemudian digosokkan pada bagian yang berkarat hingga bersih lalu bilas dengan air bersih.

 

Menyegarkan bunga

Swering kali kita melihat bunga dalam vas menjadi cepat layu, padahal sudah diberikan air dibawahnya. Tak perlu pusing mencari cara untuk mengatasinya karena cuka dapat membantu bunga dalam vas tetap terjaga. Caranya cukup dengan mencampurkan air dalam vas dengan satu sendok makan air cuka maka, bunga tersebut akan bertahan lebih lama dibandingkan hanya menggunakan air biasa.

 

Menghabiskan Rumput

Jika sudut rumahmu banyak ditumbuhi rumput liar dan sulit dicabut karena akarnya merekat erat didalam tanah maka air cuka bisa membantu mengatasi masalahmu. Cukup dengan siramkan air cuka ke rerumputan hingga meresap kedalam tanah serta akar, lalu keesokan harinya rumput-rumput yang terkena siraman air cuka akan mati sehingga lebih mudah untuk dicabut.

 

Membersihkan Kulit Kepala

Pernahkah kamu sampoan menggunakan air cuka? Cara sama seperti sampoan menggunakan shampoo biasa, hanya saja tunggu 1 sampai dengan 2 menit, efeknya adalah rambut lembut dan sehat berkilau.jika tidak tahun mencium aromananya, kamu bisa menggunkan cuka apel.

 

Terhindar dari bulu kucing

Masalah yang paling sering dialami oleh para pecinta kucing adalah bulunya yang berserakan dimana-mana seperti kasur, baju, sofa dan lain-lain. Cara mudah membersihkannya adalah dengan menyemprotkan air cuka terlebih dahulu. Dan jika tak ingin kucingmu tidur disembarang tempat, kamu bisa menyemprotkan tempat tersebut terkebih dahulu karena kucing tidak tahan dengan aroma cuka.

Itulah macam-macam kegunaan cuka yang masih belum banyak diketahui oleh masyarakat ternyata tak hanya sebagai penyedap makanan saja. Semoga artikel diatas dapat bermanfaat.***(CM-03/Rio Khairuman)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *