Cara Mudah Merawat Laptop Agar Tahan Lama

  • Whatsapp
Cara Mudah Merawat Laptop
Cara Mudah Merawat Laptop

 

Kebanyakan orang tidak begitu mengerti dan tidak begitu peduli dengan kondisi laptopnya. Selama laptop masih dalam keadaan hidup dan bisa digunakan maka mereka menganggap kalau laptop mereka tidak ada yang perlu diperhatikan. Hal yang perlu diketahui adalah bahwa daya tahan laptop tidak sama dengan daya tahan PC(Personal Computer) yang lebih lebih kuat dan tahan lama jika dibandingkan dengan laptop. Meskipun laptop tidak langsung menunjukkan kerusakannya, tetapi jika dibiarkan lama-kelamaan laptop akan rusak. Sangat jarang orang menyadari hal itu. Tidak usah mengeluarkan isi kantong untuk perawatan laptop kamu, kamu cukup memerhatikan setiap hari dan menghindari hal-hal yang kemungkinan bisa menyebabkan kerusakan.

Read More

 

Hal-Hal Yang Membuat Laptop Tahan Lama

1. Sesuaikan Spesifikasi Laptop dengan Game yang Di Install

Jika kamu adalah seorang gamer, laptop kamu pasti kamu utamakan untuk game. Jika kamu tidak pandai memilah game yang harus kamu install, sesuaikan dengan spesifikasi laptop kamu dan kemampuan laptop kamu menjalankan program game tersebut. Karena seorang gamer yang kecanduan game pasti akan menggunakan laptop bahkan seharian hanya untuk bermain game. Jika pun harus demikian, kamu bisa membatasi lama bermain kamu supaya laptop tidak overheat. Karena hal ini juga akan berdampak pada baterai laptop kamu jika terlalu lama.

2. Jangan Buat Kasur Menjadi Alas Laptop

Kasur akan menahan panas yang dikeluarkan oleh laptop yang kemudian akan menyebabkan overheat pada laptop. Kemungkinan jika laptop mengalami panas yang berlebihan bukan hanya baterai laptop yang akan menjadi rusak bahkan motherboard-nya pun bisa mengalami crash. Usahakan laptop beralaskan permukaan datar dan juga mampu membuang panas, meskipun menggunakan laptop di atas kasur sangat membuat posisi nyaman.

3. Jangan Letakkan Makanan dan Minuman Dekat Laptop

Hal yang paling memungkinkan menjadi celah sebagai jalan masuk minuman ataupun makanan adalah celah keyboard laptop kamu. Untuk mengatasinya, kamu hanya perlu membeli keyboard protector. Tetapi hal itu tidak menutup kemungkinan untuk hardware laptop kamu yang lainnya terkena air minuman dan makanan yang kamu letakkan dekat dengan laptop kamu. Maka untuk menghindarinya, jauh lebih baik jika kamu menjauhkan makanan dan makanan kamu dari laptop kamu. Cegah hal itu terjadi sebelum kamu akan menjadi kerepotan nantinya.

4. Jangan Timpa Laptop dengan Barang Berat

Banyak orang sangat sepele dengan hal ini. Padahal jika kamu sering-sering melakukan hal ini, layar laptop kamu akan pecah secara perlahan-lahan. Bukan hanya bagian layar, begitu pula halnya dengan hardware yang lainnya.

5. Bersihkan Layar Laptop

Hal ini juga penting untuk laptop kamu. Beli pelindung layar (screen protector) untuk menghindari goresan langsung pada layar. Selain itu juga layar laptop harus selalu bersih dari debu. Bersihkan setiap hari agar tidak berdebu.

6. Jangan Mengunduh Sembarangan

Terlebih dahulu kamu harus lengkapi program yang diperlukan laptop kamu untuk maintanance, misalnya antivirus yang akan membantu melindungi program laptop kamu dari virus. Untuk menghindari virus juga, perhatikan software yang kamu unduh. Karena mengunduh dari internet sangat berpotensi membawa virus yang akan menyerang virus.

7. Hindari Sinar Matahari Langsung

Tidak baik jika laptop terkena sinar matahari langsung dalam jangka waktu yang tidak sebentar. Akan merusak komponen hardware-nya. Maka tempatkan laptop kamu di tempat yang aman.

8. Perawatan Baterai

Komponen yang paling sering menajdi masalah adalah baterai laptop, karena baterai menjadi sumber daya dan energi agar laptop bisa berjalan. Penggunaan laptop yang sangat lama bisa membuat baterai terlalu panas dan rusak. Jika perlu, gunakan cooler untuk mendinginkan komponen laptop termasuk baterai. Kemudian ketika baterai low, jangan biarkan hingga mencapai 0%, tetapi charger laptop anda maksimal sampai batas peringatan baterai sudah sedikit. Jika sudah penuh cabut charger-nya supaya baterai tidak overheat. Selain itu, kamu perlu memperhatikan adapter charger laptop kamu dengan tegangan listrik yang masuk. Karena tidak jarang adapter menjadi terbakar akibat terlalu panas.

Beberapa poin di atas merupakan perawatan paling penting yang harus kamu perhatikan untuk kesehatan dan keawetan laptop kamu. Pandailah menyesuaikan laptop kamu dengan kebutuhan dan kondisi yang harus kamu hadapi.***(CM-Ist/Grace Elvioretha)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *