Cara-cara Menghilangkan Stress dan Kelelahan Setelah bekerja

  • Whatsapp
Kelelahan Bekerja
Kelelahan Bekerja

 

Semua orang yang melakukan suatu pekerjaan pastinya pernah merasakan yang namanya kelelahan hingga menimbulkan stress. Kelelahan tentunya tidak baik untuk kesehatan fisik maupun mental. Keadaan seperti ini tidak bisa dibiarkan berlama-lama, karena berpengaruh terhadap mental sehingga tidak jarang orang mengalami frustasi karena kelelahan. Selain itu, sulit tidur , tidak konsentrasi, dan gelisah juga menjadi salah satu tanda-tanda bahwa kamu sedang kelelahan. Tubuh dan otak memiliki peran yang sangat penting dalam hal ini, tubuh yang sehat dan otak yang segar dapat menunjang performa kerja yang bagus. Untuk itu, untuk mengembalikan kembali semangat kerja kamu, ada baiknya untuk melakukan hal-hal berikut ini.

Read More

 

Makan Coklat

Makanan yang banyak disukai oleh orang-orang ini dianggap bisa membuat tubuh lebih santai. Selain rasanya yang enak, makanan ini juga tidak terlalu mahal. Makanan yang banyak mengandung lemak ini tidak pernah enneg untuk dimakan, karena mengandung polyfenol yang berfungsi untuk memperlambat pembusukan dan berfungsi sebagai antioksidan juga. Memakan coklat dapat memberikan efek tenang pada kerja jantung dan aliran darah. Banyaknya kandungan zat yang terdapat pada coklat seperti lemak, protein, magnesium, natrium, kalsium, vitamin A, B1, B2, D, dan E menjadikan makanan ini salah satu makanan yang sehat.

 

Tarik Nafas Dalam-dalam

Stress menyebabkan aliran darah menuju otak tidak berjalan dengan lancar yang membuat kerja jantung tidak baik. Selain itu, pengangkutan zat-zat yang dibutuhkan seluruh tubuh juga menjadi tidak baik. Salah satu cara yang dapat kamu lakukan adalah dengan menarik nafas, karena itu dapat membantu memberikan asupan oksigen ke otak. Lakukan hal ini selama kurang lebih 15 sampai 20 menit sudah cukup menenangkan tubuh. Lebih baik lagi, jika kamu melakukannya di tempat yang jauh dari polusi udara seperti di taman, atau tempat-tempat lain yang banyak ditumbuhi pohon-pohon.

 

Mendengarkan musik

Jika pekerjaan kamu mendukung untuk dilakukan sambil mendengarkan musik, tidak ada salahnya kamu mengerjakannya sambil mendengarkan musik. Jika tidak, carilah kesempatan dimana kamu bisa melakukan hal ini. Mendengarkan musik, terlebih itu lagu-lagu kesukaan kamu akan menambahkan semangat dan membuat perasaan lebih nyaman dan bahagia. Selain itu, lagu-lagu dengan beat cepat juga sangat berperan membangun mood.

 

Olahraga

Olahraga memang salah satu cara untuk menghilangkan stres, tapi hal ini dilakukan jika kamu masih memiliki kekuatan atau tenaga yang cukup. Memaksakan diri untuk berolahraga pada saat kelelahan akan membuat tubuh semakin sakit. Pada saat olahraga juga, sebaiknya kamu memilih olahraga yang santai seperti joging, berenang, atau fitnes.

 

Menonton

Menonton menjadi salah satu cara untuk menghilangkan stress dan kelelahan. Carilah tontonan yang bisa membuatmu semakin semangat, seperti film-film comedy yang akan membuat tertawa. Tertawa bisa membuat tubuh lebih segar, terlebih pada bagian wajah. Karena tertawa dapat membuat otot-otot wajah berolahraga. Hal ini membuat perasaan lebih plong.

 

Tidur Lebih Cepat

Tidur merupakan suatu cara yang sangat efektif untuk menghilangkan rasa lelah. Pada saat tidur, tenaga yang telah habis pada saat bekerja akan kembali. Lebih baiknya lagi, sebelum tidur minum segelas susu, itu akan berpengaruh besar terhadap kesegaran tubuhmu besok paginya. Tidur lebih cepat dengan waktu tidur yang cukup sangat disarankan bagi semua orang yang memiliki pekerjaan berat di siang harinya.

Demikianlah beberapa cara untuk menghilangkan stress dan kelelahan setelah seharian bekerja. Semoga bermanfaat dan dapat dilakukan. Tetap semangat dalam menjalani hidup.***(CM-M01/Katri Hutabarat)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *