Cara Adaptasi Mudah dan Tidak Canggung

  • Whatsapp
Adaptasi
Adaptasi

 

Sering kali kita berada di situasi dimana bertemu dengan orang yang belum dikenal namun, suasana terasa agak canggung dikarenakan tidak terlalu mengenalnya. Kejadian biasa terjadi ketika menghadiri pesta, hari pertama masuk sekolah, baru tergabung dalam sebuah komunitas ataupun dikenalkan dari teman. Tentunya kita harus memberikan kesan perjumpaan pertama yang baik, siapa tahu akan menjadi rekan suatu hari nanti. Tapi ternyata, kecanggungan tersebut ternyata tidak mudah buat sebagian orang yang belum terbiasa akan situasi tersebut.

Read More

Jadi bagaimana caranya? Berikut ini adalah trik percakapan kepada orang yang baru pertama kali kita temui.

 

Lemparkan pertanyaan yang sederhana

Pastilah sebelumnya kita sudah melakukan perkenalan nama terlebih dahulu sebelum mengobrol panjang lebar. Kemudian cara memulai yang baik adalah dengan menanyakan hal-hal sederhana seperti, tentang daerah asal ataupun pekerjaan. Setelah itu kamu bisa membahas hal-hal yang menarik minat mereka seperti film, olahraga, musik, politik, sejarah dan lain-lain. Maka pembahasan akan lebih menarik, ia pun akan bercerita banyak, terlebih jika kalian memiliki minat dalam hal yang sama.

 

Buat dia tetap berbicara

Buatlah agar pembicaraan tetap berlanjut, caranya adalah menyudahi pertanyaan kamu dengan pertanyaan lagi juga, contohnya, jadi kamu suka band itu? mereka terakhir tour kapan ya? Dengan memperdalam pembahasan maka ia akan lebih terbuka dalam menceritakannya.

Namun, kamu juga perlu memahami perasaan sang lawan bicara jangan sampai ia merasa kamu terlalu ingin banyak tahu sehingga membuatnya kurang nyaman, lihat dari mata atau gerak geriknya. Perhatikan alur dan arah pembicaraan kalian. Jangan alihkan pembicaraan dengan pembahasan lain ketika lawan bicara sedang asyik-asyiknya menjelaskan, berikanlah ia pertanyaan yang bisa dijawab dengan panjang lebar.

 

Bicara dengan santai

Tak jarang seseorang ingin menunjukkan siapa dirinya sebenarnya baik itu kekayaan, jabatan maupun wawasan. Jangan terburu-buru akan hal ini, simpan saja hal ini karena cepat atau lambat orang-orang juga akan tau. Berbicaralah dengan santai, bila perlu sisipkan candaan humor agar suasana menjadi rileks, pembahasan yang terlalu serius bisa jadi tidak baik karena akan membuat kalian berdua terlihat kaku. carilah topik yang ringan namun berbobot, seperti soal hobi atau apa-apa saja yang lagi trend saat ini.

 

Saling berkomunikasi

Maksudnya adalah, dalam percakapan yang berlangsung keduanya harus sama-sama saling melemparkan jawaban dan pertanyaan, janagan sampai ada satu pihak yang merasa seperti sedang diwawancarai. Hindari menjawab terlalu singkat seperti oh, oke dan iya agar sang lawan bicara merasa lebih dihargai tidak berat sebelah. Saat dia merasa seperti ngomong sendiri melihat responmu yang dingin, maka kamu akan dainggap bukanlah orang yang asyik untuk diajak ngobrol. Jadilah dirimu sendiri, berkomentarlah dengan menggunakan bahasa yang baik sesuai dengan pemikiranmu.

 

Jangan sebut kata canggung atau semacamnya

Saat ditengah-tengah pembicaraan jangan sampai terlihat kamu merasa canggung. Karena ketika sedang asyik-asyik berbincang namun kamu tetap menunjukkan kecanggungan maka lawan bicara sangat mungkin akan merasa tidak nyaman. Terlebih jika msih seumuran, buat kesan yang seimbang antara kamu dengan dia.

Itulah tips yang bisa kamu praktekan jika mengobrol dengan orang-orang yang baru dikenal, selain menambah hubungan pertemanan. Pada kesan pertama berjumpa sedikit banyak orang sudah mendapat gambaran tentang seperti apa kamu. jadilah sosok yang seru buat orang lain, dan terpenting adal;ah jadilah diri sendiri.***(CM-03/Rio Khairuman)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *