Berhenti Merokok Atau Kamu Akan Menyesal

  • Whatsapp
Rokok
Rokok

 

Tahukah kamu bahwa salah satu penyebab kematian utama di dunia adalah merokok. Kebiasaan buruk ini menyebabkan lebih dari 30 jenis penyakit pada manusia, tidak heran WHO banyak mengampanyekan untuk mulai hidup sehat tanpa asap rokok.

Read More

 

Mengapa rokok Berbahaya ?

Kamu bayangkan saja di dalam satu batang rokok mengandung 7000 zat kimia, 200 jenis diantaranya bersifat karsiogenik, yaitu zat yang merusak gen dalam tubuh dan dapat memicu kanker, seperti kanker paru, mulut, esofagus, pankreas, ginjal, rahim. Wih, ngeri ya kalau begitu.

Racun rokok terbesar dihasilkan oleh asap yang mengepul dari ujung rokok yang sedang tidak dihisap. Karena, asap yang dihasilkan berasal dari asap pembakaran yang tidak sempurna membuatnya menjadi lebih berbahaya. Asap rokok mengandung bebearapa zat yang berbahaya seperti benzen, nitrosamin, ammonia, nikotin, senyawa amin, naftalen, karbon monoksida benzapirin, dan lain-lain. Bahkan endapan asap rokok juga dapat melekat pada benda-benda yang ada di ruangan dan bisa bertahan selama 3 tahun.

 

Bahaya Perokok Pasif

Banyak opini yang mengatakan perokok pasif lebih berbahaya dibandingkan perokok aktif. Apakah itu benar? Ternyata fakta mengatakan hal itu benar adanya, seorang perokok pasif tiga kali lipat lebih berbahaya dan berakibat mendapatkan penyakit seperti yang dijelaskan diatas dbandingkan dengan perokok aktif.

Mengapa demikian? Penjelasan yang diberikan oleh para pakar adalah 25% zat yang berbahaya didalam rokok tersebut masuk dihisap oleh perokok itu sendiri. Sedangkan sisanya yaitu 75% lagi dari rokok itu sendiri akan beredar di udara yang kemungkinan besar dapat dihisap oleh orang disekitar perokok tersebut.

          Hal ini juga disebabkan karena perokok pasif tidak memfilter atau menyaring asap rokok tersebut. Berbeda dengan perokok aktif yang telah terfilter dari rokok itu sendiri yang memiliki filter tersendiri.

 

Bagaimana Kiat-Kiat Berhenti Merokok

Beberapa tips akan di berikan untuk bro dan sis sebagai berikut :

  • Berniat sungguh-sungguh bahwa tidak akan pernah menyentuh rokok lagi.
  • Meminta bantuan kepada orang terdekat untuk membantu kamu berhenti merokok dengan mengingatkan anda ketika kamu mulai mendekat pada barang berbahaya tersebut.
  • Bawalah permen sebagai pengganti rokok. Agar ketika ingin merokok bisa langsung memakan permen.
  • Jauhilah pergaulan perokok. Dengan menjauhi mereka teman main yang negatif, bisa menghindari rasa ingin merokok.
  • Perbanyak olahraga. Dengan olahraga akan mengalihkan perhatian sehingga tidak mengingat barang berbahaya tersebut.***(CM-Ist/Fathia Putri)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *