Beragam Jenis Feature yang Harus Kamu Ketahui

  • Whatsapp
Feature
Feature

 

Salah satu genre tulisan yang sering terdapat di surat kabar, media online, majalah dan media-media lainnya adalah feature. Di dalam surat kabar, feature kini semakin mendapat tempat khusus dan biasanya tulisan yang dimuat adalah tulisan yang menjuru pada seksi tertentu seperti seksi gaya hidup, selera, pelayanan, cerita khusus, manusia dan banyak lagi lainnya. Feature dikenal sebagai tulisan yang lebih mendayu-dayu namun pada dasarnya feature dikelompokkan menjadi beberapa bagian seperti:

Read More

  1. Bright

Biasanya jenis feature ini disebut dengan brite, merupakan bagian dari jenis tulisan feature yang biasanya menyangkut tentang kemanusiaan atau human interest featurette. Dalam penulisannya terdapat anekdot tertentu dan pada akhir cerita biasanya tersaji klimaks yang membuat pembaca terpuaskan atas hasil tulisannya.

 

  1. Sidebar

Nah, sidebar ini biasanya dimasukkan ke dalam sebuah tulisan sebagai pelengkap dari berita utama, tugas sidebar adalah untuk melengkapi dan mendampingi berita utama. Seperti misalnya berita utamanya mengenai kebanjiran, gempa, kecelakaan, kasus korupsi atau hal-hal lainnya yang membuat debar maka sidebar yang dimasukkan adalah kutipan wawancara dengan keluarga korban, atau orang-orang yang terlibat di dalam terjadinya kejadian tersebut.

 

  1. Sketsa Kepribadian atau Profil

Merupakan salah satu bagian yang mencoba menggambarkan hal dasar tentang suatu hal maupun individu tertentu. Sketsa memang tidak membahas hal yang lebih panjang dari profil, tidak lebih detail ataupun lebih dalam karena biasanya sketsa hanya mengenai suatu aspek dari kepribadian seperti misalnya seseorang yang memiliki keinginan besar mengasuh dan merawat anak-anak jalanan.

 

  1. Profil Organisasi dan Proyek

Jenis ini lebih mirip dengan sketsa kepribadian maupun profil, bedanya yang dibahas adalah tentang grup maupun perusahaan tertentu bukan tentang individu. Seperti misalnya ulasan tentang kelompok perempuan yang membentuk suatu pergerakan nasional tentang hak-hak para perempuan di luar rumah dan sebagainya.

 

  1. Berita Feature

Bukan seperti berita biasanya yang ditulis secara langsung dan lugas, berita feature justru dituliskan dengan gaya tertentu seperti misalnya bahasa yang mendayu-dayu, dibuka dengan penggunaan ilustrasi, anekdot dan hal-hal lainnya yang cukup menarik. Meskipun tujuan utamanya adalah untuk penyampaian informasi tetapi nyatanya berita jenis feature ini mampu menyihir pembaca agar lebih mudah dan enak untuk dibaca.

  1. Feature Layanan

Penggunaan how-to sangat penting dalam feature jenis ini dimana tulisannya akan menggambarkan tentang bagaimana menjawab kebutuhan hidup sehari-hari. Hal-hal yang dibahas cukup ringan seperti tentang perawatan sebuah taman bermain, cara berkebun, memelihara hewan, menata ruang, menyiapkan makanan dan banyak lagi lainnya. Feature ini sudah mulai populer sejak surat kabar sudah semakin dekat dengan kebuthan pembaca sehari-harinya. Jenis ini biasanya juga dikenal dengan service journalism, sebuah laporan jurnalisme yang menggambarkan pelayanan di dalamnya.

 

  1. Narasi

Terdapat sebuah pendapat yang menyatakan bahwa narasi termasuk ke dalam bagian feature. Sebuah jenis tulisan yang berhubungan dengan hal-hal yang faktual dengan memaparkan dengan cara adegan per adegan, deskripsi, karakterisasi, plot dan lainnya.

 

  1. Untaian Mutiara

Sebuah jensi feature yang kolektif, yakni penggunaan seri anekdot tentang suatu topik setelah sebelumnya melakukan wawancara kepada orang-orang yang ada di jalanan (person on the street).

Nah, bagi konkawan yang sudah sering menulis feature biasanya kamu menulis jenis feature yang mana nih? Dan apakah sebenarnya teknik penggunaannya sudah maksimal dan sesuai dengan topik penulisan? Simak dan perhatikan ulasan di atas sebelum kamu menuliskannya dengan tuntas ya. ***(CM-02/Zakiyah Rizki Sihombing)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *