Beberapa Pertimbangan Sebelum Memutuskan Menjadi Pengusaha

  • Whatsapp
Pengusaha
Pengusaha

 

Setelah lulus kuliah menjadi salah satu waktu tersulit bagi sebagian orang. Dimana, mereka mengalami dilema tentang masa depan mereka. Ada orang yang memilih menjadi karyawan di perusahaan atau kantor. Namun, tidak sedikit juga orang memilih untuk menjadi pengusaha dan menjalankan usahanya sendiri. “Aku ingin menjadi seorang pengusaha yang sukses”. Ya, tidak sedikit orang sering mengungkapkan perkataan ini. Dengan alasan ingin cepat sukses, atau ingin mengaplikasikan kemampuannya mereka memilih menjadi seorang pengusaha. Tentu memutuskan menjadi seorang pengusaha tidak salah, namun ada beberapa pertimbangan yang harus kamu ketahui sebelum memutuskan menjadi seorang pengusaha.

Read More

  • Menjadi pengusaha, kamu harus siap mengambil resiko dan berjuang lebih banyak.

Dalam memulai sebuah usaha, banyak pertimbangan yang harus dipikirkan. Seperti dana atau modal yang diperlukan. Tentu biaya yang diperlukan untuk memulai sebuah usaha tidak sedikit. Hal ini menjadi pertimbangan bagi calon pengusaha dengan resiko yang mungkin terjadi. Jika gagal berapa kerugian yang akan saya dapatkan? Mungkinkah aku berhasil dan mendapat untung dari usaha ini? Pertanyaan ini adalah hal yang wajar ditanyakan oleh seorang pengusaha pemula yang belum  100 persen yakin pada diri sendiri dan kemampuannya. Perasaan inilah yang menjadi salah satu penyebab seseorang tidak memilih menjadi pengusaha. Banyaknya resiko yang mungkin terjadi tidaklah menjadi penghambat untuk menjadi pengusaha. Karena keberanian mengambil resiko membuat seseorang menjadi pengusaha dan pemimpin yang tangguh dan pebisnis yang handal.

 

  • Sukses dalam berusaha tidak lepas dari kegagalan di baliknya

Banyak pengusaha yang gagal karena tidak mampu bertahan menghadapi tantangan dalam mendirikan usahanya. Ada anggapan kalau pengusaha itu cepat sukses, namun cepat bangkrut pula. Gagal adalah hal wajar dan wajib kamu alami ketika kamu memutuskan untuk menjadi pengusaha. Namun, seorang pengusaha hebat selalu bangkit dari keterpurukannya. Kuncinya adalah tentang seberapa besar dia mampu berdiri lagi dan menemukan motivasi untuk bangkit kembali. Jika pengusaha mengalami kegagalan dia akan menahan diri untuk menyerah dan mengasihani diri sendiri. Sebaliknya dia akan cepat bangkit dan mencari peluang bisnis lainnya dengan menggunakan kemampuan yang dimilikinya. Belajar dari kegagalan dan mengembangkan kemampuan dengan usaha dan kerja keras adalah cara yang ampuh untuk menjadi pengusaha.

 

  • Memilih menjadi pengusaha tidak berarti kamu tidak memiliki bos. Para pembeli adalah bos barumu

Tidak sedikit orang meninggalkan pekerjaan lamanya karena alasan tidak suka di perintah dan di atur oleh bos. Banyak orang beranggapan menjadi pengusaha berarti bebas melakukan apapun karena kita adalah pemimpinnya. Jika kamu berpikir demikian kamu salah besar. Justru menjadi pengusaha, kamu bekerja untuk bos barumu. Mereka adalah para pelanggan yang membeli dan menggunakan produkmu. Bahkan tidak hanya satu, kamu akan memiliki banyak bos dengan beragam sifat yang tentunya harus kamu puaskan. Karena menjadi pengusaha yang sukses kamu harus fleksible dan mau menerima kritikan dan saran dari para bosmu. Karena kepuasan mereka adalah keuntungan besar bagi usaha yang sedang kamu jalankan.

 

  • Belajar dari banyak orang dan memiliki rencana adalah langkah utama untuk menjadi pengusaha

Tidak ada orang yang terlahir menjadi pengusaha, atau menjadi karyawan biasa. Artinya, kamu bisa menjadi seorang pengusaha sama seperti mereka yang sudah menjadi pengusaha sukses. Asalkan kamu mau mencoba dan mau berjuang untuk mewujudkannya. Tidak ada salahnya kamu membangun relasi dengan mereka yang lebih berpengalaman di bidang usaha. Dalam menjalankan suatu usaha, sepanjang perjalanan adalah pembelajaran. Kamu harus selalu belajar dari apapun dan siapapun yang kamu temui, termasuk dari para pesaingmu sendiri. Belajar dari pengalaman mereka dan memotivasi diri sendiri untuk membuat kreativitas baru yang akan membantu kesuksesanmu. Karena jika kamu berhenti belajar, berarti kamu berhenti berkembang.

Pengusaha adalah orang yang tidak akan segan menunjukkan sikap siap bersaingnya. Sifat pantang menyerah dan terus berusaha sampai mencapai kesuksesannya adalah sikap utama dari seorang pebisnis. Seorang pengusaha selalu mencari cara untuk mengalahkan saingannya. Setelah mengetahui beberapa pertimbangan sebelum memilih menjadi pengusaha, tentu kamu sudah lebih tau memilih masa depan mu nanti. Menjadi pengusaha atau karyawan biasa?***(CM-M2/Reka Marsaulina Panggabean)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *