Bahaya Tato Bagi Kesehatan

  • Whatsapp
Bahaya Tatto Bagi Kesehatan
Bahaya Tato Bagi Kesehatan

 

Bagi sebagian anak muda, membuat tato merupakan hal yang paling membanggakan bagi yang bersangkutan. Sebagian menggangap membuat tato adalah sesuatu yang keren, tapi mereka santai sja membuatnya. Tapi siapa yang menyangka membuat tato banyak sekali bahayanya bagi kesehatan. Bahaya tato bagi kesehatan sudah sering sekali diulas di berbagai tulisan. Misalnya, tato bisa membuat alergi bagi mereka yang tidak cocok dengan tinta yang digunakan. Juga bisa tertular infeksi apabila jarum yang dipakai tidak bersih dan steril. Tapi sangat disayangkan, tulisan atau artikel mengenai tato kalah dengan dengan kemeriahan anak muda yang menggunakan tato di berbagai kota. Seperti tidak menghiraukan dampaknya bagi kesehatan. Berikut kita rincikan bahaya tato bagi kesehatan.
1. Alergi
Saat pertama kali membuat tato bisa jadi timbul reaksi alergi di kulit kita. Itu bukan berarti yang bersangkutan sepenuhnya aman, bisa jadi reaksi alergi muncul pada pada tato berikutnya. Alergi karena tato wajar muncul pada tato kedua, ketiga dan seterusnya. Dan juga bisa muncul beberapa bulan kemudian. Jika anda terkena alergi pada tato sebaiknya langsung diperiksa ke dokter kulit. Tapi ada juga kasus dimana kulit diarea yang terkena alergi tato harus diangkat dan dioperasi.

Read More

2. Infeksi
Hati-hati dengan setiap pembuatan tato. Karena bisa jadi sebagian yang membuat tato dilakukan dengan tidak steril. Proses pembuatan tato yang tidak steril ini sangat berisiko terhadap infeksi HIV dan hepatitis C. Infeksi hepatitis C bisa menimbulkan sirosis atau pengerasan hati dan berlanjut menjadi kanker. Penyebab infeksi ini adalah digunakannya tinta tato yang berwarna abu-abu yang terkontaminasi. Infeksi ini desebutkan sangat jarang terjadi. Namun, jika tato mengalami bengkak, kemerahan, atau radang sebaiknya segera di bawa kedokter.

3. Kulit terbakar sinar matahari
Beberapa jenis tato mengandung cadmium. Kandungan cadmium dapat meningkatkan kulit resiko kulit terbakar karena paparan sinar matahari. Dan dilaporkan paling banyak menimbulkan reaksi kulit terpapar sinar matahari adalah tinta warna kuning, hitam, merah, dan biru.

4. Gejala penyakit jadi tersamarkan
Ini masalah tato yang harus diwaspadai bagi penggemarnya. Sebagian kanker kulit seperti, karsinoma sel basal, karsinoma sel skuamosa, dan melanoma sering bisa dideteksi dari berubahnya tekstur permukaan kulit. Nah, pembuatan tato kerap sekali menyamarkan perubahan tekstur di permukaan kulit tersebut.

5. Reaksi ion listrik
Luka bakar akibat arus listrik yang dihasilkan oleh tinta tato yng mengandung besi oksida. Selain warna hitam, tinta tato warna merah juga dilaporkan banyak mengadung besi. Pemilik tato warna hitam dan merah dianjurkan untuk berhati-hati.

Demikian uraian mengenai tato. Bagi yang belum menggunakan tato sebaiknya difikir baik-baik dahulu ya setelah membaca uraian diatas. Bagi yang sudah membuat tato, balik lagi kepada diri sendiri, apa harus menghapusnya atau tetap memakai tato.***(CM-K1/Wina Harini)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *