Bahaya Menggunakan SoftLens Terlalu Lama

  • Whatsapp
Bahaya Menggunakan Softlens
Bahaya Menggunakan Softlens

 

Buat kamu para wanita pecinta softlens, mungkin itu bukan hal yang baru lagi buat kamu. Dan mungkin malah sudah menjadi keharusan ataupun kewajiban untuk kamu menggunakan softlens. Terkadang wanita kurang percaya diri dalam berpenampilan karena tidak didukung dalam hal yang lain, seperti memakai makeup, memakai softlens atau memakai barang-barang perhiasan. Tapi terkadang pemakaian pendukung itu bisa membuat kita rugi.

Read More

 

Wanita sangat tertarik dengan yang namanya softlens. Rasanya ada kekurangan tersendiri jika tidak menggunakannya. Atau ada sesuatu yang aneh jika tidak menggunakannya, atau bisa menjadi tidak percaya diri. Kebiasaan memakai softlens ini lah yang membuat klen semua menjadi terbiasa dan enggan untuk tidak memakainya. Softlens atau lensa kontak adalah salah satu alat kedokteran yang bertujuan sebagai pengganti kaca mata bagi penderita yang memiliki penglihatan kurang, atau bisa juga untuk yang normal. Softlens terbuat dari plastik yang mengandung air. Namun, tahukah kamu jika softlens itu berbahaya jika digunakan secara terus-menerus?

 

Pada mulanya, softlens tidak berwarna alias bening, namun dengan perkembangan zaman dan mode maka banyak bermunculan softlens yang memiliki warna-warna indah dan bahkan malah ada yang memiliki gambar pada softlensnya. Karena perkembangan zaman yang luar biasa, softlens yang awalnya berfungsi sebagai pengganti kacamata untuk penderita gangguan mata, malah sekarang berubah menjadi pelengkap mode atau style seseorang.

 

Saat ini, kita jumpai para ABG atau orang dewasa dan bahkan anak-anak yang belum cukup umur baik itu perempuan dan pria juga mulai menggunakannya hanya untuk kepentingan semata. Mungkin dengan menggunakan softlens kita lebih terlihat modis, indah dan lebih praktis dbandingkan menggunakan kacamata.

 

Sebuah penelitian mengatakan, telah terjadi peningkatan infeksi pada mata yang disebabkan oleh Acanthamoeba Castellani. Penyakit ini merupakan bakteri yang bisa berkembang di air yang terkontaminasi. Nah, kontaminasi itu bisa terjadi di tempat penyimpanan softlens anda. Maka dari itu diwajibkan untuk menjaga kebersihan dan kehigienisan tempat penyimpanan softleans kamu. Selain penyakit yang ditimbulkan dari bakteri tersebut, masih banyakm lagi bahaya yang dsebabkan oleh softleans. Salah satunya adalah banyak terjadi kebutaan permanen yang disebabkan oleh pemakaian softlenas di hawa panas. Hawa panas sangat bisa membuat softleans yang dari plastik menjadi cair. Saat mencair, secara otomatis cairan softlens yang panas masuk ke dalam mata dan merusak jaringan mata. Softleans yang mencair tersebut pun dapat merekat kencang pada mata dan menyebabkan susah untuk melepaskannya. Sehingga orang yang mengalami kejadian seperti ini bisa dipastikan akan mengalami buta secara permanen.

 

Saat menggunakan softlens terlalu lama didepan komputer, akan menyebabkan timbulnya belekan pada mata dan lama kelamaan pandangan pada mata kan menjadi kabur. Selain itu softlens yang mengandung air dapat menjadi keirng lalu mengambil air di permukaan mata sehingga mata kita menjadi perih dan terasa kering. Hal ini biasa terjadi di ruangan ber-AC, ruangan berhawa panas, terkena debu, dan terkena asap rokok. Hal ini memang bisa diatasi dengan menggunakan meneteskan cairan softlens dna membersihkan softlens dari debu. Bagi mata yang mudah terkena iritasi disarankan untuk tidak menggunakan softlens terlalu lama.

 

Nah, bagi kamu yang belum pernah menggunakan softlens, sebaiknya dipikirkan terlebih dahulu setiap sisi positif dan negatifnya. Atau kalau ragu dan merasa takut, mending jangan menggunakan softleans. Syukuri aja kita sudah punya mata yang indah dan tidak perlu berlebihan untuk memperindahnya lagi, nanti malah bukan menjadi indah membuat semakin buruk lagi.***(CM-K1/Wina Harini)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *