Bahaya Konsumsi Saos Berlebihan

  • Whatsapp
Bahaya Konsumsi Saos Berlebihan
Bahaya Konsumsi Saos Berlebihan

Menyantap makanan tanpa ada rasanya sama sekali membuat makanan itu menjadi hambar. Banyak sekali kita temui penyedap rasa atau pun makanan untuk menambah kenikmatan tersebut. Saos merupakan pelengkap makanan yang paling nikmat dan praktis, ada saos sambal, saos tomat, dll.

Banyak juga makanan yang disajikan dengan menggunakan saos, seperti bakso, mie-mie instan, makanan cepat saji, dll. Tapi tahukah kamu jika mengonsumsi saos secara berlebihan dapat menganggu ksesehatan tubuh? Saos yang kita kenal biasanya terbuat dari bahan cabe ataupun tomat. Banyak sekali saos-saos yang dijual dalam berbagai kemasan. Tapi anda harus berhati-hati dalam memilih saos atau memakan saos, karena tidak semua saos dibuat dari bahan alami. Dalam artian, ada beberapa saos yang dijumpai mengandung zat adiktif seperti bahan pengawet, pewarna, penguat rasa, dan lain sebagainya. Nah, zat itulah yang sangat sulit dicerna oleh pencernaan manusia malah bisa menyebabkan banyak penyakit datang ke tubuh kita.

Read More

Belakangan ini banyak kita ketahui saos-saos yang dibuat dari bahan-bahan seperti cabe busuk. Malah peredaran saos seperti itu makin banyak di pasaran ketimbang saos yang alami pembuatannya. Kita sendiri terkadang suka tidak menyadari, atau bisa dibilang meremahkan akan bahaya saos non alami tersebut. Bahaya yang ditimbulkan dari saos non alami tersebut sangat berdampak bagi kesehatan tubuh kita, apabila didalamnya terkandung campuran bahan-bahan kimia atau pengawet lainnya. Tapi, kebanyakan atau berlebihan makan saos juga tidak baik untuk kesehatan kita. Berikut beberapa bahayanya bagi kesehatan.

 

  1. Memicu asma

Anak kecil yang memiliki catatan medis asma bisa dengan mudah terkena gangguan sesak napas karena dipicu oleh zat-zat pada saos. Begitu juga dengan orang dewasa, memungkinkan untuk terjadinya kesensitifan dengan saos.

 

  1. Penyakit kanker

Di dalam saos yang biasa kita makan, terdapat logam berat pada asam benzoat yang berfungsi sebagai bahan pengawet agar saos tersebut tidak mudah basi ataupun busuk.

 

  1. Gangguan sistem syaraf

Saos yang diolah pabrik dan industri mengandung timbal beresiko tinggi yang menyebabkan gangguan syaraf di otak pada orang dewasa dan anak-anak. Penyedap makanan tersebut juga bisa menyebabkan organ tubuh manusia rusak.

 

  1. Menyebabkan alergi/ Iritasi tenggorokan/ Radang tenggorokan

Memakan saos bisa saja menyebabkan seseorang mengalami radang tenggorokan, karena asam benzoat dan kandungan lainnya bisa saja merupakan pemicu alergi atau iritasi pada tenggorokan kita, terutama untuk anak-anak.

 

  1. Gangguan system pembuangan

Zat-zat yang terdapat pada saos dapat merusak organ tubuh manusia seperti ginjal dan menyebabkan beberapa masalah pencernaan lain yang cukup menganggu.

Selain saos, banyak pelengkap makanan lainnya yang mengandung bahan-bahan non alami, sebagai contoh kecap, micin, dll. Ada baiknya membuat saos sendiri di rumah dari pada harus membeli saos diluar yang ditakutkan mengandung zat kimia yang tidak tahu akibatnya jika dikonsumsi. Sebaiknya, batasi juga pemakaian penyedap makanan dari sekarang, untuk menghindari berbagai penyakit dan gangguan kesehatan. Mari jaga kesehatan kita dari sekarang.***(CM-K1/Wina Harini)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *