Atasi Sariawan dengan Cara Alami Ini

  • Whatsapp

 

Sariawan
Sariawan

 

Read More

Sariawan kerap dialami oleh sebagian orang dengan ditandai dengan peradangan di rongga mulut seperti bibir kecing dan pecah-pecah. Lebih spesifik lagi, sariawan biasanya dapat dengan mudah di tandai dengan luka yang ada pada mulut dan juga lidah dan nyeri. Apalagi, sariawan akan terus meradang apabila di paksa mengkonsumsi makanan berlemak, berminyak bahkan pedas sehinggu mempengaruhi nafsu makan seseorang.

Sariawan sering terjadi akibat beberapa sebab misalnya produk pembersih mulut tidak pas, memakan makanan terlalu pedas, bahkan akibat kekurangan mengkonsumsi makanan yang memiliki nutrisi seperti zat besi, Vitamin B12 serta Vitamin C. Walaupun banyak di dagangkan obat-obatan yang dapat membantu mengobati sariawan, ternyata mengobati sariawan dengan cara alami lebih manjur. Apa sajakah obat-obatan alami yang mampu menyembuhkan sariawan?

  1. Jambu air

Mengkonsumsi jambu air juga dapat mengobati sariawan pada mulut ataupun lidah. Bukan dengan mengkonsumsi buah jambu air, tetapi dengan cara mengambil kulit batang jambu air yang muda lalu bersihkan sebelum di tumbuk halus. Setelah itu saring hasil tumbukan dengan ½ gelas air masak dan gunakan untuk kumur.

  1. Berkumur dengan air garam

Kalau biasanya air garam identik untuk mengobati sakit gigi, ternyata air garam juga mampu mengobati sariawan pada mulut ataupun lidah. Dengan berkumur dengan air garam yang sedikit hangat sebanyak tiga kali dalam sehari mampu mengobati luka sariawan dengan cepat. Kadungan garam mampu menarik cairan pada luka sariawan dan ampuh dalam mempercepat pengobatan.

  1. Air kelapa

Dengan mengambil air dari buah kelapa hijau dan berkumur menggunakan air tersebut mampu mengobati sariawan dengan ampuh. Selain rasanya yang enak dan juga segar, air kelapa hijau juga dapat dikonsumsi dan bermanfaat bagi tubuh misalnya mencegah kanker.

  1. Bawang dan papaya

Campurkan bawang mentah, pepayah dan juga teh lalu letakkan pada luka sariawan juga mampu mengobati luka sariawan. Bawang yang dipilih sebaiknya adalah bawang putih karena bawang yang satu ini cukup efektif karena memiliki kandungan senyawa abrasive yang mampu mengusir semua bakteri pada luka sariawan.

  1. Minyak kelapa dan madu

Selain air kelapa, ternyata minyak dari kela juga mampu membunuh kuman penyebab sariawan dengan cara mencampurkan dengan sedikit madu. Sediakan 2-3 sendok makan minyak kelapa dan 1 sendok makan madu alami lalu aduk rata. Selanjutkan oleskan secara merata pada bagian luka lalu diamkan selama 10 menit. Setelah itu bersihkan dengan berkumur menggunakan air hangat.

  1. Kunyit

Kunyit dapat dikatakan sebagi rempah-rempah super yang memiliki sejumlah manfaat salah satunya adalah dapat mengobati luka sariawan. Kunyit memiliki kandungan senyawa antibacterial dan anti inflamasi yang mampu mengatasi sariwan. Caranya dengan menghaluskan kunyit terlebih dahulu sampai halus lalu campur dengan air hangat sampai menjadi adonan pasta. Setelah itu oleskan pada luka dan diamkan selama 10 menit lalu bilas dengan berkumur menggunakan air hangat.

Itulah beberapa cara alami yang dapat menyembuhkan luka pada sariawan. Tidak hanya disebabkan oleh beberapa faktor yang sudah disebutkan sebelumnya, sariawan ternyata juga dipicu akibat terlalu banyak pikiran ataupun stress. Stress itulah yang membuat diri suka memakan makanan sembarangan apalagi makanan yang pedas. Sebelum sariawan menyerang ada baiknya untk memperhatikan makanan yang dikonsumsi dan usahakan makanan yang penuh nutrisi. Mengapa? Karena sariawan dapat menghabat aktifitas dan juga menurunkan selerah makan.***(CM-01/Dela Aria Dahaka)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *