Atasi Sakit Kepala dengan Buah-Buahan

  • Whatsapp
Sakit Kepala
Sakit Kepala

 

Sakit kepala merupakan gangguan sistem pada bagian saraf yang mengalami penegangan. Sakit di kepala boleh dialami oleh siapa saja tanpa mengenal usia dan hampir semua pernah mengalami sakit kepala. Tentu hal ini sangat mengganggu kita dalam melakukan aktivitas kita sehari-hari. Munculnya sakit kepala dapat disebabkan karena beberapa faktor seperti kurang tidur, kehujanan, terlalu banyak pikiran, dan lain sebagainya. Jenis penyakit ini termasuk dalam keluhan-keluhan penyakit yang sering diutarakan. Salah satu jenis sakit kepala yang juga banyak dikeluhkan adalah sakit kepala migrain. Serangan migrain terasa lebih menyiksa dan terkadang datang tiba-tiba. Penderita migrain akan merasakan nyeri dan berdenyut seperti dipukuli dan ditarik-tarik. Biasanya disertai dengan gangguan saluran cerna seperti mual dan muntah. Penderitanya pun cenderung menjadi lebih sensitif terhadap cahaya, suara dan bau-bauan.

Read More

Kebanyakan seseorang ketika mengalami sebuah penyakit terutama sakit kepala, hal yang pertama dilakukannya mencari obat. Sebenarnya seberapa besar pengaruh obat terhadap tubuh kita? Pengaruhnya tidak terlalu besar jika dikonsumsi tidak terlalu sering. Akan tetapi, kebanyakan seseorang sering kecanduan mengonsumsi obat. Akibatnya, ketika seseorang terkena penyakit yang sama, dia akan selalu mencari obat dan obat. Katanya obat hanya berfungsi sebagai menghilangkan rasa sakit. Jika terlalu sering mengonsumsi obat, selain menyebabkan ketergantungan, juga bisa merusak fungsi hati. Istilah obat yang dapat menyebabkan kerusakan hati disebut Drug Induced liver injury, sedangkan efeknya disebut hepatotoksik. Untuk menghindari resiko yang disebabkan konsumsi obat pereda sakit kepala, kamu dapat menggunakan buah sebagai solusinya. Selain mengobati sakit kepala, mengonsumsi buah juga baik untuk tubuh dan kesehatan. Berikut beberapa buah yang dapat mengobati sakit kepala.

 

  1. Apel hijau

Bau apel hijau memiliki efek positif untuk mengurangi sakit kepala. Menghirup bau apel hijau dapat menjadi metode penyembuhan yang paling cepat karena proses kimia dalam hidung memiliki akses langsung ke otak. Selain itu buah ini juga memberi antioksidan dan menangkal tumbuhnya radikal bebas di dalam tubuh. Sehingga dapat mencegah munculnya penyakit berbahaya seperti kanker, serangan jantung dan tumor.

 

  1. Kopi

Selain apel hijau, kopi juga efektif untuk menghilangkan sakit kepala. Hal ini disebabkan kopi mengandung kafein yang 40% efektif meredakan sakit kepala. Selain itu, mengonsumsi kopi juga membantu kinerja jantung karena kandungan kafeinnya dapat memicu detak jantung dan mengurangi ukuran pembuluh darah. Namun tidak baik mengonsumsi kopi terlalu banyak. Cukup dalam kadar wajar yaitu 2-3 gelas per hari. Karena terlalu banyak kafein di dalam tubuh dapat meningkatkan dehidrasi yang menyebabkan sakit kepala semakin parah.

 

  1. Semangka

Semangka merupakan buah-buahan yang kaya akan kandungan air. Jadi buah ini sangat cocok di konsumsi saat sakit kepala menyerang. Karena salah satu pemicu sakit kepala adalah dehidrasi/ kekurangan cairan di dalam tubuh. Air alami dari buah semangka ini kaya akan magnesium dan kalium yang sangat efektif dalam menghilangkan sakit kepala. Selain itu, air dari buah semangka ini juga mampu membantu menetralkan tekanan darah pada tubuh kita dan memperkuat sistem pertahanan tubuh karena kandungan antioksidan dan vitamin c di dalamnya.

 

  1. Jagung

Salah satu penyebab sakit kepala adalah stress. Kandungan vitamin B3 di dalam jagung dapat membantu menambah fungsi darah dalam tubuh sehingga menenangkan saraf. Maka dari itu, Mengonsumsi jagung juga efektif menghilangkan sakit kepala yang disebabkan stress.

 

  1. Pisang

Buah pisang memiliki banyak manfaat. Buah ini juga sering di konsumsi oleh mereka yang sedang dalam program diet. Namun, buah pisang juga dapat dikonsumsi ketika sakit kepala. Hal ini disebabkan karena kandungan magnesium dalam pisang dapat membantu meredakan migrain.

 

Selain mengonsumsi buah-buahan diatas, mengonsumsi sayuran sepertibayam dan kentang juga dapat dilakukan saat sakit kepala menyerang. kandungan vitamin K di dalam sayuran ini memberikan kontribusi yang besar terhadap sistem saraf kita. Sehingga membuat otak kita lebih rileks. Tentu hal ini dapat mengurangi sakit kepala yang sedang kita alami. Jadi, jika sakit kepala menyerang, jangan buru-buru mencari obat. Dengan mengkonsumsi buah-buahan dan sayuran diatas, kamu dapat menghilangkan sakit di kepala.***(CM-Ist/Reka Panggabean)

 

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *