Alasan Mengapa Kamu Harus Bersyukur

  • Whatsapp
Bersyukur
Bersyukur

 

Hidup itu bagaikan air yang akan terus mengalir sampai ke tempat yang tidak akan kita ketahui kemana saja dia bermuara meski akhirnya kembali ke aliran asalnya juga. Sama seperti hidup, kita tidak akan tau apa saja yang akan terjadi pada kita, dan kapan kita akan kembali kepada-Nya. Setiap manusia diciptakan dengan berbagai macam sifat dan tingkah laku yang berbeda. Bentuk manusia sendiri semua sama, mempuyai panca indera, pencernaan, pernapasan, dan organ tubuh lainnya. Yang membedakan hanya di perilaku setiap manusia. Banyak sekali kita jumpai di lingkungan sekitar berbagai hal yang terjadi. Itu semua proses dari kehidupan.

Read More

 

Setidaknya dalam menjalankan setiap aktivitas dan kegiatan seharusnya kita tak lupa untuk selalu besyukur. Bukan meremehkan atau tidak peduli dengan kata “bersyukur”, tapi yang harus kita ketahui bersyukur itu mempunyai faedah dan manfaat yang luar biasa dalam hidup setiap manusia. Bersyukur dalam bahasa adalah suatu sifat yang penuh kebaikan dan rasa menghormati serta mengagungkan atas segala nikmat-Nya baik dengan lisan ataupun melalui hati. Bersyukur membuat hidup lebih indah, membuat yang kurang menjadi cukup, membuat yang sulit menjadi mudah, mengubah apa yang kita miliki menjadi berharga dan mengubah masalah yang kita hadapi menjadi suatu hikmah dalam hidup kita.

 

Tapi terkadang banyak kita dengar istilah rumput tetangga itu kelihatan jauh lebih indah dan lebih hijau dari rumput di pekarangan rumah sendiri. Artinya bahwa kita menganggap kehidupan orang lain itu jauh lebih baik dan lebih menyenangkan serta bahagia dibandingkan dengan kehidupan yang kita miliki sekarang. Sebenarnya kalau kita berfikir, kebahagian hidup seseorang bukan terletak dari derajatnya, hartanya, dan kedudukannya melainkan apa yang ada didalam diri dan hati nurani kita sendiri. Dan seandainya kita mau besyukur dengan apa yang telah kita miliki maka tentunya kita akan merasakan kebahagian dan kenikmatan melebihi segalanya. Nikmat dan kebahagian yang kita dapat bukan hanya dari materi, tapi dari lahiriah dan bathiniah.

 

Nikmat dari Allah meliputi banyak hal, baik yang kita minta ataupun yang tidak kita minta. Sebab, nikmat yang Allah berikan kepada kita bukan berdasar atas permintaan kita melainkan karena Allah Maha Tahu nikmat apa yang sesuai kebutuhan kita. Namun terkadang kita tidak menyadari banyak nikmat yang sudah diberikan Allah kepada kehidupan kita, masalahnya cuma karena Allah tidak member nikmat yang selalu kita minta. Disitulah seharusnya kita belajar besyukur. Sudah berapa banyak nikmat yang Allah kasih kepada kita, tapi malah kita menyia-nyiakannya dengan begitu saja. Sifat manusia yang selalu tidak puas dengan segalanya membuat manusia itu sendiri lupa akan artinya bersyukur.

 

Sesungguhnya dengan kita besyukur, dapat mengubah hal yang negatif menjadi positif. Hidup akan terasa indah jika disyukuri. Walaupun sebesar apapun masalah hidupmu, sesulit apapun masalahmu, ingatlah untuk selalu bersyukur. Karena diluar sana mungkin ada orang lain yang merasakan lebih dari apa yang kita rasakan. Jangan menunggu bahagia untuk bersyukur, tapi bersyukur lah untuk mendapatkan kebahagiaan.***(CM-K1/Wina Harini)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *