5 Universitas Terbaik di Indonesia

  • Whatsapp
Institut Teknologi Bandung - Foto : www.pedidikanindonesia.com
Institut Teknologi Bandung – Foto : www.pedidikanindonesia.com

 

Buat kamu yang baru tamat Sekolah Menengah Atas atau Sekolah Menengah Kejuruan, mungkin masih bingung untuk memilih universitas mana yang akan kamu pilih untuk menjadi tempat perkuliahan selanjutnya. Apalagi sekarang ini banyak sekali universitas yang ada di Indonesia, dan memiliki akreditasi yang bagus juga. Malah banyak juga bermunculan universitas baru yang ada di masing-masing kota kamu. Setiap pribadi masing-masing pasti menginginkan universitas yang sesuai dengan kemauan diri sendiri, karena klen yang ngejalaninya. Tapi banyak juga para orangtua yang mengambil andil dalam mencari universitas terbaik untuk anaknya. Namun kadang, pilihan orang tua tidak sesuai dengan yang diinginkan sang anak, dan menimbulkan kesalahpahaman yang mengakibatkan pertengkaran.

Read More

Dari itu, berikut beberapa universitas yang mungkin bisa menjadi pilihanmu dan mempertimbangkannya.

 

  1. Institut Teknologi Bandung ( ITB )

Sebuah perguruan Tinggi Negeri yang terletak di Kota Bandung. Universitas ITB ini merupakan lokasi dari sekolah tinggi teknik pertama di Indonesia sekaligus lembaga pendidikan tinggi pertama di Hindia Belanda. Beberapa fasilitas yang ada di Universitas ini yaitu, toko buku, kantor pos, kantin, bank, klinik, ruangan kuliah, laboratorium, bengkel dan studio. ITB juga memiliki sebuah galeri seni, yaitu Galeri Soemardja, fasilitas olahraga, dan sebuah Campus Center. Akreditasi universitas ITB bertahun-tahun adalah A untuk sebagian besar program studinya. Beberapa fakultasnya yaitu Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA), Sekolah Ilmu dan Teknologi Hayati (SITH), Sekolah Farmasi (SF), Fakultas Ilmu dan Teknologi Kebumian (FITB), Fakultas Teknik Pertambangan dan Perminyakan (FFTM), Fakultas Teknologi Industri ( FTI), Fakultas Teknik Mesin dan Dirgantara (FTMD), dll.

 

  1. Universitas Gadjah Mada (UGM)

Universitas ini merupakan sebuah Perguruan Tinggi Negeri yang didirikan oleh Pemerintah Republik Indonesia. Kampus UGM ini terletak di Yogyakarta. Universitas UGM memiliki 18 fakultas dan dua sekolah yaitu, Sekolah Vokasi dan Sekolah Pascasarjana, dan lebih dari 100 Program Studi untuk S-2, S-3 san spesialis. Beberapa fakultasnya yaitu, biologi, ekonomika dan bisnis, ilmu ekonomi, mnajemen, akuntansi, farmasi, matematika, ilmu komputer dan elektronika, pertanian, budidaya pertanian, perlindungan, filsafat, hukum, antropologi, dll.

 

 

  1. Universitas Indonesia ( UI )

Merupakan sebuah perguruan Tinggi Negeri yang kampus utamanya terletak di bagian utara dari Depok, Jawa Barat, dan kampus lainnya terletak di daerah Salemba, Jakarta Pusat. UI merupakan kampus modern, komprehensif, terbuka, multi budaya, dan humanis yang mencakup disiplin ilmu yang luas. Beberapa fasilitas di UI yaitu, perpustakaan, asrama, balai mahasiswa, fasilitas dan sarana olahraga, pusat kegiatan mahasiswa, wisma makara, pusat kesehatan mahasiswa, bus kampus, dan sepeda kampus. Beberapa fakultas yang ada di Universitas Indonesia antara lain, kedokteran, hukum, ekonomi dan bisnis, farmasi, kesehatan masyarakat, psikologi, keperawatan, ilmu sosial dan ilmu politik, teknik, ilmu komputer, dll.

 

  1. Institute Pertanian Bogor ( IPB )

Merupakan sebuah perguruan tinggi negeri yang terletak di daerah Bogor. IPB memiliki 5 kampus yang tersebar di bebrapa lokasi, yaitu Kampus IPB Dramaga, Kampus IPB Baranang Siang, Kampus IPB Gunung Gede, Kampus IPB Cilibende, dan Kampus IPB Taman Kencana. Beberapa fakultasnya antara lain, pertanian, kedokteran hewan, ekonomi dan manajemen, periklanan dan ilmu kelautan, peternakan, kehutanan, dll. Di UI juga terdapat Lembaga kemahasiswaan yaitu, himpunan profesi mahasiswa, unit kegiatan mahasiswa.

 

  1. Universitas Brawijaya ( UNBRA )

Merupakan lembaga  dan  tinggi Negeri yang berada di kota Malang. UNBRA memiliki 12 fakultas dan 2 program seatara fakultas, 74 program studi S-1, 37 Program Studi S-2, 17 Program Studi S-3, 16 Progrm dokter Spesialis 1, 14 Program D-3, dan 1 Program D-1. Fasilitas kampus yang didapat meliputi, gedung, Sarana umum, pusat pembelajaran, fasilitas mahasiswa, fasilitas Olahraga dan seni, fasilitas teknologi Informasi, dan pusat pelatihan dan penelitian.

 

Demikian 5 Universitas yang saat ini paling banyak dimasuki oleh para calon mahasiswa di seluruh Indonesia. Mudah-mudahan bisa memberikan sedikit ide ataupun saran bagi klen yang masih bingung ingin melanjutkan ke Perguruan tinggi mana.***(CM-K1/Wina Harini)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *