11 Stasiun Televisi di Indonesia

  • Whatsapp

 

Stasiun TV di Indonesia
Stasiun TV di Indonesia

 

Mungkin sebagian dari masyarakat di Indonesia suka menonton televisi (TV), kebiasaan ini sudah muncul sejak tahun 1962 beberapa tahun silam. Meskipun tidak berbagai daerah sudah bisa mendapatkan jaringan yang baik tetapi setiap kali disuguhkan dengan tayangan televisi tidak jarang maka orang-orang akan kecanduan. Modern ini bahkan banyak sekali kasus yang terjadi akibat dari candu menonton televisi, dimana tayangan yanga da bukan dijadikan sebagai pelajaran tetapi dijadikan sebagai sebuah inspirasi untuk melakukan hal yang serupa. Semakin hari tayangan di televisi tidak terbilang bagaimana etikanya, bahkan banyak sekali tayanga yang kena tegur oleh televisi karena melanggar nilai kesopanan, moral dan hal-hal lainnya seperti mena

yangkan tindak kejahatan secara nyata dan penggunaan alat-alat tajam tanpa disensor terlebih dahulu meskipu  yang ditayangkan tersebut hanyalah sebuah pemberitaan.

Nyatanya hal itu menjadi isnpirasi bagi mereka penonton yang tidak mengenyam pendidikan tinggi, seperti misalnya kasus seorang anak yang terjun dari lantai atas ke bawah dan meninggal, hal itu terjadi akbiat tayangn spiderman yang dilihatnya di televisi dan dijadikan sebagai inspirasi padahal tayangan tersebut hanyalah imajinasi semata.

Berbicara tentang TV, sebenarnya dahulu kehadiran TV bukan dimaksudkan seperti yang sekarang  tetapi justru dimaksudkan untuk menyebarkan informasi agar kita tidak tertinggal dari masyarakat di negara luar. Sementara itu Hari Pertelevisian Nasional diperingati setiap tanggal 24 Agustus, dan kini di Indonesia sendiri terdapat 11 stasiun televisi yang sudah mendapatkan izin siar sebagai berikut :

  1. TVRI

24 Agustus 1962 selain sebagai Hari Pertelevisian Nasional, juga diperingati dengan hari pertama kalinya TVRI mengudara dimana TVRI mendapatkan kesempatan untuk menayangkan Upacara Peringatan Kemerdekaan Republik Indinesia ke 17 langsung dari Istana Negara Jakarta, yang kemudian juga berkesempatan untuk meliput Asian Games IV langsung dari Stadion Utama Gelora Bung Karno

  1. RCTI

RCTI diresmikan pada tanggal 24 Agustus 1989 di Jabodetabek, ialah sebuah perusahaan pertelevisian yang didirikan oleh Bambang Trihatmojo yang merupakan putera dari mantan Presiden Soeharto. Ketika itu, setiap orang yang ingin menonton tayangan RCTI harus membayar iuran terlebih dahulu sementara siaran bebas di Indonesia berlaku pada 24 Agustus 1990 dibarengi dengan izin dari pmerintah atas hak siar di Indonesia.

  1. SCTV

24 Agustus 1990 adalah hari pertama ACTV bebas mengudara secara nasional tetapi saat itu SCTV hanya mengulang siaran miliki RCTI dan sejak 1 Januari 1993 lah SCTV menyiarkan miliknya sendiri dengan didiirkan oleh Sudwikatmono, Muhammad Noer dan Henry Pribady.

  1. TPI

1 Januari 1991 adalah hari pertama TPI bebas mengudara secara nasional dan diresmikan 23 Januari 1991. Namun semenjak 20 Oktober 2010 namanya diubah menjadi MNC TV.

  1. ANTV

ANTV (Andalas TV) didirikan pada tanggal 1 Januari 1993 dan diresmikan pada 1 Maret 1993, stasiun ini dikeola oleh Grup Bakrie.

  1. Indosiar

Indosiar pertama kali diresmikan pada 11 Januari 1995 dan didirikan oleh Salim Group, tetapi pada 1 Maret 2011 PT Elang Mahkota Teknologi Tbk mengakuisisi Indosiar.

  1. Trans TV

Didirikan pada 1 Agustus 1998 dan resmi bersiaran pada 15 Desember 2001 oleh PT Trans Corpora kepunyaan Chairul Tanjung.

  1. Trans7

Mulanya stasiun ini bernama TV7 karena dikelola oleh PT Duta Visual Nusantara dan berganti nama sejak 4 Agustus 2006 sejak menjadi milik PT Trans Corpora.

  1. TV One

9 Agustus 2002 adalah hari pertama TV One bersiaran, sebelumnya bernama Lativi namun berganti nama karena berganti kepemilikan yakni menjadi kepnyaan Grup Bakrir.

  1. Metro TV

Stasiun ini milik PT Media Televisi Indonesia yang merupakan anak perusahaan dari Media Group dan dipimpin oleh Surya Paloh. Stasiun ini mengudara secara penuh sejak 1 April 2001.

  1. Global TV

Pertama kali diluncurkan [ada 8 Oktober 2002 dan dikelola oleh Media Nusantara Citra dan dipimpin oleh Hary Tanoesoedibyo yang tak lain merupakan pemilik stasiun televisi RCTI dan MNCT TV.

Nah, itu dia 11 stasiun televisi di Indonesia yang telah banyak memberikan sumbangsih terhadap Indonesia. Meskipun tidak jarang tayangannya ternyata berdampak buruk bagi rakyatnya. Semoga pertelevisian Indonesia semakin baik lagi kedepannya. ***(CM-02/Zakiyah Rizki Sihombing)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *