Tips Naik Pesawat Pertama Kali

  • Whatsapp
Pesawat
Pesawat

 

Berlibur memang menjadi kesukaan banyaak orang, banyaknya destinasi pariwisata di dalam dan luar negeri seolah menjadi magnet untuk kembali berlibur. Tetapi jarak destinasi pariwisata yang diinginkan setiap orang tentu berbeda. Ada yang berjauhan hingga harus memakan waktu berjam-jam untuk sampai di tujuan tetapi sejak keberadaan pesawat semuanya menjadi lebih mudah dan orang-orang bisa dengan lebih gampang mengakses perjalanan menjadi lebih cepat dan nyaman.

Read More

Namun, bagaimana jika diantara kamu ada yang belum pernah sama sekali menaiki pesawat? Bisa jadi kamu akan kebingungan bagaimana cara naik pesawat. Hal ini tentu sangat berbeda dengan menaiki kendaraan lain seperti kereta api, mobil, kapal laut ataupun sepeda motor. Terdapat beberapa prosedur yang harus diikuti untuk menaiki pesawat mulai dari peraturan, hingga persiapan sebelum menaiki pesawat. Nah, bagi konkawan Cerita Medan yang belum pernah menaiki pesawat ada baiknya menyimak poin-poin berikut ini agar tidak canggung saat pertama kali menaikinya.

 

Datanglah 1-2 jam sebelum keberangkatan

Disiplin menjadi poin penting dalam hal ini, jika kamu biasanya adalah orang yang selalu terlambat dan mengabaikan waktu sebaiknya usahakanlah untuk lebih cepat bersigap, jangan sampai kamu datang di waktu yang mepet karena tidak akan mungkin pesawat menunggu kedatanganmu tetapi kamu lah yang seharusnya menunggu pesawat. Biasakanlah datang lebih awal sebelum jadwal kebernagkatan yang tertera di dalam tiket pesawatmu.

Naik pesawat bukanlah seperti naik kendaraan lain yang ketika kamu datang bisa langsung duduk, tetapi ada beberapa hal yang harus kamu persiapkan sebelum kamu duduk menunggu pesawat. Akan ada pemeriksaan keamanan, check ini, melaporkan barang-barang yang akan diletakkan di bagaisi hingga berjalan ke ruang boarding yang terkadang cukup jauh dari lokasi awal kedatanganmu. Bahkan kamu juga harus mencari terminal keberangkatan sesuai nama maskapai yang tertera di tiketmu juga bisa memakan waktu cukup lama, itu jika kamu tidak terbiasa. Datang terburu-buru bisa saja kamu lakukan tetapi alangkah baiknya sedia payung sebelum hujan karena jika kamu terlambat maka tiketmu akan hangus begitu saja dan kamu harus menunggu penerbangan berikutnya.

 

Pemeriksaan Keamanan

Untuk mencegah hal-hal yang tidak diinginkan, biasanya akan ada pemeriksaan keamanan saat kamu masuk ke bandara untuk melakukan check ini, kamu akan ditemukan dengan metal detector sebuah alat untuk memeriksa barang bawaanmu, pada kali ini kamu akan diminta untuk melepas semua barang yang mengandung logam yang ada di tubuhmu seperti jam tangan, handphone dan lainnya. Jika tidak ingin ribut dengan bagian petugas sebaiknya lakukan saja perintah mereka. Kemudian kamu juga akan diperiksa kembali saat kamu ingin memasuki ruang tunggu, tetapi kali ini kamu akan diperiksa tentang barang bawaan yang mengandung benda cair, kamu tidak diperbolehkan membawa benda cair lebih dari 100 ml ke dalam kabin karena dikhawatirkan berbahaya, jika kamu tetap membawanya maka pihak keamanan akan mengambil barang bawaanmu.

 

Check In

Kamu diwajibkan untuk melakukan check in sebelum memasuki ruang tunggu, sebuah prosedur resmi dimana pihak maskapai akan mencatat setiap penumpang yang datang untuk kemudian didata ke manifes penerbangan. Kamu bisa check ini di loket yang sesuai dengan nama maskapai yang kamu pakai dengan antri terlebih dahulu. Pada kesempatan kali ini kamu akan dimintai tiket atau pun print out tiket elektronik, dilengkapi dengan kartu identitas dan paspor bagi yang ingin terbang ke luar negeri.

Sebelum masuk, barang yang berlebih dan tidak bisa dimasukkan ke dalam pesawat keseluruhan pun akan dimasukkan ke bagasi. Kamu pun harus bersiap-siap menyedikan uang jika ternyata barang bawaanmu melebihi batas yang ditentukan.  Dalam proses ini juga kamu akan diberikan boarding pass sebagai tanda untuk memasuki pesawat beserta nomor tempat dudukmu. Untuk maskapai tertentu kamu akan dimintai biaya air port tax namun ada juga yang sudah memasukkannya ke dalam harga tiket seperti yang sudah disepakati oleh pihak Kementrian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) dan Kementrian Perhubungan.

Nah, itu dia tips untuk menaiki pesawat pertama kalinya, jangan lupa untuk membeli tiket promo sebelum keberangkatan ya agar harganya bisa lebih hemat. ***(CM-02/Zakiyah Rizki Sihombing)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *