Ternyata Salat Dhuha Bisa Melancarkan Peredaran Darah

  • Whatsapp
Shalat Dhuha - Foto : www.tanyoe.com
Shalat Dhuha – Foto : www.tanyoe.com

 

Salat merupakan kewajiban bagi setiap umat muslim di seluruh dunia. Tidak hanya salat wajib Magrib, Isya, Dzuhur, Ashar, dan Subuh saja yang wajib kita kerjakan. Ada Salat-salat sunnah lain dalam islam yang juga harus kita kerjakan. Walaupun dalam islam hukumnya sunnah, tapi seorang muslim setidaknya mengerjakan Salat sunnah tersebut. Diantara salat sunnah tersebut yaitu Salat Dhuha. Bagi sebagian muslim, tentu saja Salat ini mempunyai keutamaan dan manfaat bagi kehidupan sehari-hari. Tapi ada juga bagi sebagian muslim yang tidak tau keutamaan dan manfaat dari Salat sunnah dhuha ini. Salat sunnah dhuha dikerjakan pada saat matahari mulai terbit sekitr pukul 08.00 wib sampai dengan waktu dzuhur.

Read More

Berikut ini kita akan bahas mengenai manfaat dan keutamaan dari Salat Dhuha.

  1. Untuk kesehatan

Mengapa bisa demikian? Karena di dalam Salat Dhuha terdapat beberapa gerakan yang harus kita lakukan. Tanpa kita sadari, setiap gerakan yang kita lakukan memberi manfaat untuk kesahatan tubuh kita. Oleh karena itu, Salat Dhuha juga bisa dimanfaatkan sebagai salah satu kegiatan dalam berolahraga.

 

  1. Melancarkan peredarah darah

Perhatikan setiap gerakan yang kita lakukan dalam menjalankan Salat, dari mengangkat kedua tangan pada saat takbir sampai duduk antara dua sujud pada akhir Salat. Pergerakan yang kita lakukan dalam salat sangat lengkap. Setiap gerakan tersebut membantu untuk melancarkan peredarah darah yang ada pada tubuh manusia.

 

  1. Jiwa lebih tenang

Salat Dhuha sangat bermanfaat bagi rohani setiap muslim. Yang mana nantinya jiwa kita akan menjadi lebih tenang. Ditambah lagi Salat dhuha disebut sebagai pengganti sedekah kita.

 

  1. Menghilangkan stress

Ketenangan batin sangat penting bagi kita dalam menjalankan kehidupan sehari-hari. Bisa dibayangkan apabila kita dalam keadaan yang tertekan, emosi, marah, dll. Bisa membuat pikiran kita semakin stress. Mulai dari mengambil air wudhu saja sebenarnya sudah bisa membuat bathin dna pikiran kita menjadi tenang, apalagi jika dibarengi dengan Salat dhuha. Bagi sebagian ummat muslim, Salat dhuha tidak terlepas dari fungsinya untuk memberi ketenangan.

 

  1. Aman dari dosa

Dimana bagi setiap ummat muslim yang mengerjakan Salat dhuha, maka dosa-dosa yang dia kerjakan selama 1 hari penuh akan di ampuni oleh Allah SWT.

 

  1. Semua masalah akan dituntaskan

Perbanyaklah Salat dhuha di waktu pagi hari, InsyaAllah setiap permasalahan yang kita hadapi akan dibantu, diperlancar dan dituntaskan oleh Allah.

 

  1. Mendapatkan pahala layaknya orang pergi haji dan umrah

Bayangkan, hanya dengan mengerjakan Salat dhuha kita bisa memperolah pahala layaknya orang yang pergi menunaikan ibadah haji dna umrah.

 

Sungguh sangat disayangkan jika kita meninggalkan Salat dhuha, karena ini adalah sebuah kemudahan yang diberikan oleh Allah kepada kita untuk menembus setiap dosa yang telah kita lakukan. Jadi jangan pernah mengeluh, atau bingung memikirkan jalan keluar dari setiap dosa dan masalah yang kita alami. Allah selalu memberikan kemudahan dan jalan bagi ummatnya yang benar-benar ingin bertakwa dan taat kepada-Nya.***(CM-K1/Wina Harini)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *