Ternyata Rumput Laut Dapat Mencegah Kanker Payudara

  • Whatsapp
Kanker
Kanker

Saat ini banyak makanan yang berhasil berkat olahan dari rumput laut atau seaweed  yang dijadikan menu andalan. Siapa sangka jika nyatanya makanan dengan bahan dasar rumput laut memiliki banyak kegunaan  khususnya untuk tubuh dan juga kesehatan. Akhir-akhir ini banyak makanan tidak sehat yang berhasil didagangkan. Lebih bahaya lagi jika makanan tersebut didagangkan terlalu bebas kepada anak-anak  yang masih belum paham akan bahayanya makanan sembarangan apalagi menggunakan bahan dasar berbahaya juga.

Ternyata rumput laut juga dapat menarik minat anak untuk dijadikan makanan. Tidak hanya penuh dengan kandungan nutrisi, warnanya juga mampu membuat orang tergiur untuk melahapnya. Rumput laut memiliki banyak nutrisi misalnya  serat kasar 3%, protein 5.4%, lemak 8.6%, abu 22.25%, air 27.8% dan karbohidrat 33.3%. Tak hanya itu rumput laut juga mengandung vitamin (A,B,C,D, E dan K) dan mineral seperti nitrogen, oksigen, kalsium, selenium zat besi, magnesium dan natrium. Selain itu juga terdapat enzim, asam nukleat dan asam amino. Ada juga manfaat lain yang terkandung dalam rumput laut, yaitu :

Read More

  1. Mencegah osteoporosis

Selain dengan mengonsumsi susu, ternyata mengonsumsi rumput laut juga dapat mencegah osteoporosis. Kandungan mineral esensial dan kalsium rumput laut sebenarnya lebih banyak dari pada susu. Itu mengapa rumput laut sangat baik untuk orang lansia dan juga untuk pertumbuhan tulang pada anak.

 

  1. Bagus untuk penderita stroke

Kandungan garam pada rumput laut berfungsi untuk menekan tekanan darah itulah kenapa rumput laut sangat baik di konsumsi untuk orang yang menderita penyakit stroke.

 

  1. Kesehatan kulit

Memiliki kulit yang kusam, berjerawat ataupun kering dapat diatasi dengan rumput laut. Bahkan rumput laut juga mampu menghilangkan sel-sel mati pada kulit. Dengan menggunakan produk kecantikan yang memiliki bahan dasar rumput laut juga mampu menjadi solusinya. Kandungan vitamin, mineral, asam amino dan enzim yang terdapat di dalam rumput laut memiliki potensi yang sangat luar biasa sebagai antioksidan yang berperan dalam menyehatkan kulit dan penuaan dini.

 

  1. Membersihkan tubuh

Rumput laut mengandung beberapa mineral seperti magnesium, potassium dan zat besi. Dengan memilih produk berbahan dasar rumput laut seperti sabun mampu menyehatkan tubuh. Kandungan bahan rumput laut yang mengandung seng juga berfungsi menghilangkan toksin.

 

  1. Mencegah kanker payudara

Pada ganggang rumput laut terdapat berbagai zat yang juga berfungsi untuk membersihkan tubuh dari radikal bebas yang sangat berbahaya bagi perempuan. Dengan mengkonsumsi rumput laut lebih sering tingkat resika terkena kanker payudarah pada perempuan relative rendah. Rumput laut juga berfungsi dalam proses penurunan berat badan pada perempuan. Karena kandungan serat rumput laut sangat tinggi dan melancarkan metabulisme tubuh maka sangat memungkinkan rumput laut ini bisa menyerap lemak dalam tubuh.

Itulah beberapa manfaat lain dari rumput laut. Rumput laut dapat di olah menjadi berbagai makanan seperti es krim, sushi, agar-agar, bahkan obat-obatan. Dengan demikian tidak akan terasa bosan jika sering mengkonsumsi makanan  dengan berbahan dasar rumput laut.

Secara umum, jenis rumput laut yang bisa dikonsumsi adalah ganggang coklat “phaeophyceae“, ganggang biru “cyanophycea“, ganggang merah “rodophyceae” dan ganggang hijau “chlorophyceae“. Masyarakat kuno banyak memanfaakan rumput laut sebagai masker, scrub dan berendam demi mendapatkan kulit tubuh yang sehat dan maksimal secara alami .***(CM-01/Dela Aria Dahaka)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *